Pengaruh Pengelolaan Kelas dan Iklim Kelas terhadap Hasil Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1055Abstract
Sekolah merupakan lembaga atau organisasi pendidikan formal tempat mengelola proses belajar untuk meningkatkan kemampuan siswa mendapatkan hasil belajar yang optimal. Suasana atau iklim kelas yang kondusif akan mampu menciptakan proses pembelajaran yang ideal yang pada akhirnya dapat mendukung terciptanya kualitas proses pembelajaran yang diharapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pengelolaan kelas dan iklim kelas terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian asosiatif. Sampel dalam penelitian ini adalah dua ratus sembilan puluh sembilan responden. Penelitian dilaksanakan SMP Negeri di Kecamatan Barat. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen kelas akan berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar, sedangkan pada variable iklim kelas menunjukkan bahwa iklim kelas akan berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa
Downloads
References
Erwinsyah, A. (2017). Manajemen kelas dalam meningkatkan efektifitas proses belajar mengajar. TADBIR: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 87–105.
Fakhrurrazi, F. (2018). Hakikat pembelajaran yang efektif. At-Tafkir, 11(1), 85–99.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi analisis multivariete dengan program IBM SPSS 23.
Gultom, H. S. (2016). Pengaruh pengelolaan kelas terhadap hasil belajar biologi siswa di kelas VII Mts Al-Wasliyah Tanjungpasir Kabupaten Labuhanbatu Utara. JUrnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus (JPBN), 2(1), 6–13.
Hidayanti, I. R. (2019). Pengaruh Manajemen Kelas Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Korespondensi Program Keahlian Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran Di Smk Pasundan 1 Cimahi. Carbohydrate Polymers, 6(1).
Hidayatullah, A. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Manajemen Kelas terhadap Hasil Belajar Siswa. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1451–1459.
John W. Santrock. (2010). Child Development Thirteenth Edition (13td ed.). Mike Sugarman.
Kuncoro, R. A., & Roesminingsih, E. (2018). Pengaruh Iklim Sekolah dan Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa SMPN di Kecamatan Lakarsantri Surabaya.
Kurniawan, A. (2019). Pengaruh Manajemen Kelas Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas Iv. AL-TARBIYAH: Jurnal Pendidikan (The Educational Journal), 29(1), 61–70.
Meillani, P., & Murwatiningsih, M. (2016). Pengaruh Pemanfaatan Laboratorium Terhadap Hasil Belajar Siswa Program Keahlian Administrasi Perkantoran Di SMK. Economic Education Analysis Journal, 5(1).
Mulyadi, M. (2009). Classroom management: Mewujudkan suasana kelas yang menyenangkan bagi siswa. UIN-Maliki Press.
Nugraha, M. (2018). Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(01), 27. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v4i01.1769
Nuriansyah, F., Hilmiatussadiah, K. G., & Hidayat, L. R. (2023). Pengaruh Iklim Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Ekonomi (JIPE), 13(1), 94–101.
Oviyanti, F. (2009). Pengelolaan Pengajaran. Cet. Ke-2 Palembang: Rafah Pres.
Purwanto, M. (2010). Evaluasi Hasil Belajar, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Renanda, M., Kukuh, K., & Asyril, A. (2023). Pengaruh Manajemen Kelas Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman, 3, 224–231.
Sanjaya, H. W. (2016). Media komunikasi pembelajaran. Prenada Media.
Santoso, G., & Sari, P. K. (2019). Proceedings of Educational Initiatives Research Colloquium 2019.
Sari, D. P., Rusmin, & Deskoni. (2018). Pengaruh Iklim Kelas Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Di Sman3 Tanjung Raja. Jurnal PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 5(1), 80–88. https://doi.org/10.36706/jp.v5i1.5639
Septasari, A. N. (2018). Pengaruh iklim kelas terhadap hasil belajar siswa kelas XI TKJ (teknik komputer jaringan) pada mata pelajaran ppkn di SMK Negeri 1 Kota Jambi. Jurnal Pengaruh Iklim Kelas Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Tkj (Teknik Komputer Jaringan) Pada Mata Pelajaran Ppkn Di Smk Negeri 1 Kota JambI.
Setiyadi, B., & Loviansi, L. (2020). Hubungan iklim kelas dan motivasi belajar dengan hasil belajar peserta didik. Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(1), 26–30.
Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuatintatif, kualitatif dan R & D. In Bandung: Alfabeta (Vol. 15, Issue 2010). Alfabeta.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Nur Rahmawati Hidayah, Mustaji Mustaji, Erny Roesminingsih, Sri Setyowati, Nunuk Hariyati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).