Pengaruh Pengelolaan Kelas dan Iklim Kelas terhadap Hasil Belajar Siswa

Authors

  • Nur Rahmawati Hidayah Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Mustaji Mustaji Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Erny Roesminingsih Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Sri Setyowati Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Nunuk Hariyati Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1055

Abstract

Sekolah merupakan lembaga atau organisasi pendidikan formal tempat mengelola proses belajar untuk meningkatkan kemampuan siswa mendapatkan hasil belajar yang optimal. Suasana atau iklim kelas yang kondusif akan mampu menciptakan proses pembelajaran yang ideal yang pada akhirnya dapat mendukung terciptanya kualitas proses pembelajaran yang diharapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pengelolaan kelas dan iklim kelas terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian asosiatif. Sampel dalam penelitian ini adalah dua ratus sembilan puluh sembilan responden. Penelitian dilaksanakan SMP Negeri di Kecamatan Barat. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen kelas akan berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar, sedangkan pada variable iklim kelas menunjukkan bahwa iklim kelas akan berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Erwinsyah, A. (2017). Manajemen kelas dalam meningkatkan efektifitas proses belajar mengajar. TADBIR: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 87–105.

Fakhrurrazi, F. (2018). Hakikat pembelajaran yang efektif. At-Tafkir, 11(1), 85–99.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi analisis multivariete dengan program IBM SPSS 23.

Gultom, H. S. (2016). Pengaruh pengelolaan kelas terhadap hasil belajar biologi siswa di kelas VII Mts Al-Wasliyah Tanjungpasir Kabupaten Labuhanbatu Utara. JUrnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus (JPBN), 2(1), 6–13.

Hidayanti, I. R. (2019). Pengaruh Manajemen Kelas Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Korespondensi Program Keahlian Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran Di Smk Pasundan 1 Cimahi. Carbohydrate Polymers, 6(1).

Hidayatullah, A. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Manajemen Kelas terhadap Hasil Belajar Siswa. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1451–1459.

John W. Santrock. (2010). Child Development Thirteenth Edition (13td ed.). Mike Sugarman.

Kuncoro, R. A., & Roesminingsih, E. (2018). Pengaruh Iklim Sekolah dan Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa SMPN di Kecamatan Lakarsantri Surabaya.

Kurniawan, A. (2019). Pengaruh Manajemen Kelas Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas Iv. AL-TARBIYAH: Jurnal Pendidikan (The Educational Journal), 29(1), 61–70.

Meillani, P., & Murwatiningsih, M. (2016). Pengaruh Pemanfaatan Laboratorium Terhadap Hasil Belajar Siswa Program Keahlian Administrasi Perkantoran Di SMK. Economic Education Analysis Journal, 5(1).

Mulyadi, M. (2009). Classroom management: Mewujudkan suasana kelas yang menyenangkan bagi siswa. UIN-Maliki Press.

Nugraha, M. (2018). Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(01), 27. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v4i01.1769

Nuriansyah, F., Hilmiatussadiah, K. G., & Hidayat, L. R. (2023). Pengaruh Iklim Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Ekonomi (JIPE), 13(1), 94–101.

Oviyanti, F. (2009). Pengelolaan Pengajaran. Cet. Ke-2 Palembang: Rafah Pres.

Purwanto, M. (2010). Evaluasi Hasil Belajar, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Renanda, M., Kukuh, K., & Asyril, A. (2023). Pengaruh Manajemen Kelas Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman, 3, 224–231.

Sanjaya, H. W. (2016). Media komunikasi pembelajaran. Prenada Media.

Santoso, G., & Sari, P. K. (2019). Proceedings of Educational Initiatives Research Colloquium 2019.

Sari, D. P., Rusmin, & Deskoni. (2018). Pengaruh Iklim Kelas Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Di Sman3 Tanjung Raja. Jurnal PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 5(1), 80–88. https://doi.org/10.36706/jp.v5i1.5639

Septasari, A. N. (2018). Pengaruh iklim kelas terhadap hasil belajar siswa kelas XI TKJ (teknik komputer jaringan) pada mata pelajaran ppkn di SMK Negeri 1 Kota Jambi. Jurnal Pengaruh Iklim Kelas Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Tkj (Teknik Komputer Jaringan) Pada Mata Pelajaran Ppkn Di Smk Negeri 1 Kota JambI.

Setiyadi, B., & Loviansi, L. (2020). Hubungan iklim kelas dan motivasi belajar dengan hasil belajar peserta didik. Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(1), 26–30.

Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuatintatif, kualitatif dan R & D. In Bandung: Alfabeta (Vol. 15, Issue 2010). Alfabeta.

Downloads

Published

2024-06-29

How to Cite

Hidayah, N. R., Mustaji, M., Roesminingsih, E., Setyowati, S., & Hariyati, N. (2024). Pengaruh Pengelolaan Kelas dan Iklim Kelas terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal of Education Research, 5(2), 2386–2395. https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1055

Issue

Section

Articles

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>