Pengaruh Kompetensi Tenaga Administrasi Sekolah dan Budaya Sekolah terhadap Layanan Sekolah

Authors

  • Idiana Setyaningsih Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Karwanto Karwanto Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Murtadlo Murtadlo Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Nunuk Hariyati Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Amrozi Khamidi Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1053

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kompetensi tenaga administrasi sekolah dan budaya sekolah terhadap layanan sekolah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif digunakan untuk meneliti pada sampel populasi. Populasi dalam penelitian ini sebanyak tiga ribu duaratus enam puluh tiga orang. Penentuan sampel dengan cluster random sampling pada empat SMP negeri di Kabupaten Magetan dan juga menggunakan rumus Slovin dengan jumlah sampel tiga ratus lima puluh tujuh. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner. Teknik analisis data analisis deskriptif dengan uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan kompetensi tenaga administrasi sekolah terhadap layanan sekolah. Pengaruh budaya sekolah terhadap layanan sekolah dapat dilihat dari perhitungan ada pengaruh budaya sekolah terhadap layanan sekolah. Pada perhitungan secara keseluruhan diperoleh adanya pengaruh signifikan kompetensi tas dan budaya sekolah terhadap layanan sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriani, N., & Hidayat, M. (2023). Pengelolaan Administrasi Sekolah. Jurnal Pelita Nusantara, 1(2), 215–220. https://doi.org/10.59996/jurnalpelitanusantara.v1i2.195

Anggal, N., Yuda, Y., & Amon, L. (2020). Manajemen Pendidikan: Penggunaan Sumber Daya Secara Efektif Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan. CV. Gunawana Lestari.

Anggraini, M. D., Wahyuni, S., & Totalia, S. A. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Sekolah Terhadap Kepuasan Siswa SMA Negeri 1 Sumberlawang Kabupaten Sragen Tahun 2015/2016. Jurnal Pendidikan Bisnis …, 1–24.

Azizah W, F. (2016). Analisis Kompetensi Tenaga Tata Usaha Untuk Meningkatkan Kualitas Administrasi Sekolah Di Smp Negeri 4 Yogyakarta. Revista Brasileira de Ergonomia, 9(2), 10.

Firdianti, A., & Pd, M. (2018). Implementasi manajemen berbasis sekolah dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Gre Publishing.

Fredy, F., Tembang, Y., & Purwanty, R. (2019). Analisis Kepuasan Orangtua dan Siswa terhadap Kualitas Layanan Pendidikan Dasar. Musamus Journal of Primary Education, 2(1), 59–66. https://doi.org/10.35724/musjpe.v2i1.1874

Lestari, D., & Ain, S. Q. (2022). Peran Budaya Sekolah terhadap Pembentukan Karakter Siswa Kelas V SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(1), 105–112. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.45124

Lestari, E. A., & Nuryanti, N. (2022). Pentingnya Kualitas Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Anak. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 3689–3694.

Mulyasa, H. E. (2022). Manajemen dan kepemimpinan kepala sekolah. Bumi Aksara.

Muspawi, M., & Robi’ah, H. (2020). Realisasi Kinerja Tenaga Administrasi Sekolah dalam Peningkatan Pelayanan. Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 4(3), 232–239. https://doi.org/10.17977/um025v4i32020p232

Nisa, R. C. (2017). Pengaruh Keputusan Investasi... Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia, 1, 92–102.

Sarwono, J. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Graha Ilmu.

Siyoto, S., & Sodik, A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Literasi Media Publisihing.

Songko, L. T. (2017). Upaya Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Tenaga Administrasi Sekolah (TAS) Di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Depok. Hanata Widya, 6(2), 22–28.

Sukadari. (2020). Peranan Budaya Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Pendidikan Luar Biasa, 1(1), 75–86.

Sururi, Hafidh, Z., Suryana, A., Rahyasih, Y., Kadarsah, D., & Suharto, N. (2023). Pengembangan Kompetensi Tenaga Administrasi Sekolah Melalui Self-Directed Learning. Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat Pendidikan, 4(1), 238–250. https://doi.org/10.33369/jurnalinovasi.v4i1.29971

Susanto, A. (2016). Manajemen peningkatan kinerja guru konsep, strategi, dan implementasinya. Prenada Media.

Suwarni, S. (2022). Peran Budaya Sekolah dalam Menciptakan Lingkungan Belajar yang Kondusif. ITQAN: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 13(2), 241–254. https://doi.org/10.47766/itqan.v13i2.197

Triwijayanti, N., Sanoto, H., & Paseleng, M. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan Pendidikan, Budaya Sekolah, Citra Sekolah Terhadap Kepuasan Orang Tua. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(1), 74–80.

Warisno, A. (2018). Implementing a Quality Learning in Schools. Ar Raniry : International Journal of Islamic Studies, 5(1), 1–12.

Zakhiroh, R. (2017). Pengaruh kinerja tenaga administrasi sekolah terhadap kualitas layanan administrasi non akademik. DIDAKTIKA: Jurnal Pemikiran Pendidikan, 19(2), 59–70.

Downloads

Published

2024-07-07

How to Cite

Setyaningsih, I., Karwanto, K., Murtadlo, M., Hariyati, N., & Khamidi, A. (2024). Pengaruh Kompetensi Tenaga Administrasi Sekolah dan Budaya Sekolah terhadap Layanan Sekolah. Journal of Education Research, 5(3), 2649–2654. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1053

Issue

Section

Articles

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>