Pengaruh Program Kampus Mengajar terhadap Peningkatan Soft Skills pada Mahasiswa FKIP UNS

Authors

  • Nafia Zakiya Nasri Pendidikan Ekonomi, Universitas Sebelas Maret, Indonesia
  • Salman Alfarisy Totalia Pendidikan Ekonomi, Universitas Sebelas Maret, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1016

Keywords:

Program Kampus Mengajar, Soft Skills

Abstract

Keberhasilan dalam pendidikan tidak terlepas dari peran guru yang berkompeten. Akan tetapi, kualitas guru di Indonesia masih rendah. Kurangnya pelatihan bagi calon guru ketika di Perguruan Tinggi menyebabkan soft skills mahasiswa calon guru rendah. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan mengeluarkan program Kampus Mengajar untuk mengatasi permasalahan tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah program Kampus Mengajar berpengaruh terhadap peningkatan soft skills pada mahasiswa FKIP UNS sebagai calon guru. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, peneliti menyebar kuesioner kepada seratus delapan puluh sembilan mahasiswa peserta program Kampus Mengajar angkatan tiga sampai lima pada FKIP UNS, kemudian dianalisis menggunakan regresi linear. Penelitian ini juga menambahkan jenis kelamin dan rumpun ilmu sebagai variabel kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara program Kampus Mengajar terhadap peningkatan soft skills mahasiswa FKIP UNS. Hasil penelitian tidak mengalami perubahan dimana program Kampus Mengajar tetap berpengaruh positif dan signifikan terhadap penigkatan soft skills mahasiswa FKIP UNS. Sehingga dapat disimpulkan bahwa program Kampus Mengajar berpengaruh terhadap peningkatan soft skills pada mahasiswa FKIP UNS

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ağçam, R., & Doğan, A. (2021). A Study on The Soft Skills of Pre-Service Teachers. International Journal of Progressive Education, 17(4), 35–48. https://doi.org/10.29329/ijpe.2021.366.3

Bedir, H. (2019). Pre-service ELT teachers’ beliefs and perceptions on 21st century learning and innovation skills (4Cs). Journal of Language and Linguistic Studies, 15(1), 231–246. https://doi.org/10.17263/jlls.547718

CNN. (2020). Ahli World Bank Nilai Kualitas Guru di Indonesia Masih Rendah. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20210917142431-12-695785/ahli-world-bank-nilai-kualitas-guru-di-indonesia-masih-rendah

Dirjen Dikti. (2022). Buku Panduan Kampus Mengajar 4.

Feraco, T., & Meneghetti, C. (2023). Social, Emotional, and Behavioral Skills: Age and Gender Differences at 12 to 19 Years Old. Journal of Intelligence, 11(6). https://doi.org/10.3390/jintelligence11060118

Hasiani, I. P., Kadiyono, A. L., & Susiati, E. (2020). Studi Komparatif Kematangan Karir pada Mahasiswa Rumpun Sains & Teknologi (Saintek) dan Sosial Humaniora (Soshum). PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 4(2), 50. https://doi.org/10.26858/pembelajar.v4i2.13460

Kariyanti, K. R. D., Handayani, S., & Handayani, M. N. (2021). PENGUASAAN SOFT SKILLS MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNOLOGI AGROINDUSTRI SEBAGAI CALON GURU VOKASIONAL DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. Edufortech, 6(2), 84–98. http://ejournal.upi.edu/index.php/edufortechEDUFORTECH6

Kemendikbudristek. (2023). PISA 2022 DAN PEMULIHAN PEMBELAJARAN DI INDONESIA.

Martínez, A. R., Sánchez, V. S., Linares, C. F., & Cosculluela, C. L. (2021). Key soft skills in the orientation process and level of employability. Sustainability (Switzerland), 13(6). https://doi.org/10.3390/su13063554

Purwaningsih, I. J. S., Witurachmi, S., & Zoraifi, R. (2017). Soft Skills pada Pelaksanaan Magang Dunia Usaha/Dunia Industri. Tata Arta" UNS, 3(2), 11–20.

Russ, G. J. (, & Whitehurst, ). (2016). Executive Summary Grading soft skills: The Brookings Soft Skills Report Card.

Sahala, F. (2014). Survei Tentang Pemilihan Karir Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya. Jurnal BK UNESA, 4(3), 667–674.

Sapriadi. (2022). Soft Skill bagi Pengajar Pendidikan Agama Islam (PAI): Sebuah Studi Pustaka. Schemata: Jurnal Pascasarjana UIN Mataram, II(2), 113–122. http://journal.uinmataram.ac.id/index.php/schemata

Sumani, S., Kadafi, A., Purnomosasi, L. K. D., & Prasasti, P. A. T. (2022). The Impact of “Kampus Mengajar MBKM Program” on Students’ Social Skills. Pegem Egitim ve Ogretim Dergisi, 12(3), 220–225. https://doi.org/10.47750/pegegog.12.03.23

Sumantika, A., & Susanti, E. (2021). Peningkatan Hard Skills dan Soft Skills pada Lingkup Organisasi. Jurnal Abdidas, 2(6), 1449–1455. https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i6.507

Umami, N., & Ramdhani, F. (2022). Dampak Program Kampus Mengajar Bagi Peningkatan Soft Skill (Kemampuan Interpersonal) Dan Hard Skill (Kemampuan Intelektual) Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Bhinneka PGRI. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 15(2), 94–104. https://doi.org/10.17977/UM014v15i22022p94

Yang, V. V., Safitri, R. N., Khairunnisa, H., & Faidah, D. Y. (2024). Pengaruh Gender pada Pengembangan Diri Mahasiswa dalam Konteks Perguruan Tinggi Menggunakan Statistika Nonparametrik. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(1), 300–311. https://doi.org/10.54373/imeij.v5i1.781

Downloads

Published

2024-06-23

How to Cite

Nasri, N. Z., & Totalia, S. A. (2024). Pengaruh Program Kampus Mengajar terhadap Peningkatan Soft Skills pada Mahasiswa FKIP UNS. Journal of Education Research, 5(2), 2205–2211. https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1016

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check