Pengaruh Program Kampus Mengajar terhadap Peningkatan Soft Skills pada Mahasiswa FKIP UNS
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1016Keywords:
Program Kampus Mengajar, Soft SkillsAbstract
Keberhasilan dalam pendidikan tidak terlepas dari peran guru yang berkompeten. Akan tetapi, kualitas guru di Indonesia masih rendah. Kurangnya pelatihan bagi calon guru ketika di Perguruan Tinggi menyebabkan soft skills mahasiswa calon guru rendah. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan mengeluarkan program Kampus Mengajar untuk mengatasi permasalahan tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah program Kampus Mengajar berpengaruh terhadap peningkatan soft skills pada mahasiswa FKIP UNS sebagai calon guru. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, peneliti menyebar kuesioner kepada seratus delapan puluh sembilan mahasiswa peserta program Kampus Mengajar angkatan tiga sampai lima pada FKIP UNS, kemudian dianalisis menggunakan regresi linear. Penelitian ini juga menambahkan jenis kelamin dan rumpun ilmu sebagai variabel kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara program Kampus Mengajar terhadap peningkatan soft skills mahasiswa FKIP UNS. Hasil penelitian tidak mengalami perubahan dimana program Kampus Mengajar tetap berpengaruh positif dan signifikan terhadap penigkatan soft skills mahasiswa FKIP UNS. Sehingga dapat disimpulkan bahwa program Kampus Mengajar berpengaruh terhadap peningkatan soft skills pada mahasiswa FKIP UNS
Downloads
References
Ağçam, R., & Doğan, A. (2021). A Study on The Soft Skills of Pre-Service Teachers. International Journal of Progressive Education, 17(4), 35–48. https://doi.org/10.29329/ijpe.2021.366.3
Bedir, H. (2019). Pre-service ELT teachers’ beliefs and perceptions on 21st century learning and innovation skills (4Cs). Journal of Language and Linguistic Studies, 15(1), 231–246. https://doi.org/10.17263/jlls.547718
CNN. (2020). Ahli World Bank Nilai Kualitas Guru di Indonesia Masih Rendah. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20210917142431-12-695785/ahli-world-bank-nilai-kualitas-guru-di-indonesia-masih-rendah
Dirjen Dikti. (2022). Buku Panduan Kampus Mengajar 4.
Feraco, T., & Meneghetti, C. (2023). Social, Emotional, and Behavioral Skills: Age and Gender Differences at 12 to 19 Years Old. Journal of Intelligence, 11(6). https://doi.org/10.3390/jintelligence11060118
Hasiani, I. P., Kadiyono, A. L., & Susiati, E. (2020). Studi Komparatif Kematangan Karir pada Mahasiswa Rumpun Sains & Teknologi (Saintek) dan Sosial Humaniora (Soshum). PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 4(2), 50. https://doi.org/10.26858/pembelajar.v4i2.13460
Kariyanti, K. R. D., Handayani, S., & Handayani, M. N. (2021). PENGUASAAN SOFT SKILLS MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNOLOGI AGROINDUSTRI SEBAGAI CALON GURU VOKASIONAL DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. Edufortech, 6(2), 84–98. http://ejournal.upi.edu/index.php/edufortechEDUFORTECH6
Kemendikbudristek. (2023). PISA 2022 DAN PEMULIHAN PEMBELAJARAN DI INDONESIA.
Martínez, A. R., Sánchez, V. S., Linares, C. F., & Cosculluela, C. L. (2021). Key soft skills in the orientation process and level of employability. Sustainability (Switzerland), 13(6). https://doi.org/10.3390/su13063554
Purwaningsih, I. J. S., Witurachmi, S., & Zoraifi, R. (2017). Soft Skills pada Pelaksanaan Magang Dunia Usaha/Dunia Industri. Tata Arta" UNS, 3(2), 11–20.
Russ, G. J. (, & Whitehurst, ). (2016). Executive Summary Grading soft skills: The Brookings Soft Skills Report Card.
Sahala, F. (2014). Survei Tentang Pemilihan Karir Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya. Jurnal BK UNESA, 4(3), 667–674.
Sapriadi. (2022). Soft Skill bagi Pengajar Pendidikan Agama Islam (PAI): Sebuah Studi Pustaka. Schemata: Jurnal Pascasarjana UIN Mataram, II(2), 113–122. http://journal.uinmataram.ac.id/index.php/schemata
Sumani, S., Kadafi, A., Purnomosasi, L. K. D., & Prasasti, P. A. T. (2022). The Impact of “Kampus Mengajar MBKM Program” on Students’ Social Skills. Pegem Egitim ve Ogretim Dergisi, 12(3), 220–225. https://doi.org/10.47750/pegegog.12.03.23
Sumantika, A., & Susanti, E. (2021). Peningkatan Hard Skills dan Soft Skills pada Lingkup Organisasi. Jurnal Abdidas, 2(6), 1449–1455. https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i6.507
Umami, N., & Ramdhani, F. (2022). Dampak Program Kampus Mengajar Bagi Peningkatan Soft Skill (Kemampuan Interpersonal) Dan Hard Skill (Kemampuan Intelektual) Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Bhinneka PGRI. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 15(2), 94–104. https://doi.org/10.17977/UM014v15i22022p94
Yang, V. V., Safitri, R. N., Khairunnisa, H., & Faidah, D. Y. (2024). Pengaruh Gender pada Pengembangan Diri Mahasiswa dalam Konteks Perguruan Tinggi Menggunakan Statistika Nonparametrik. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(1), 300–311. https://doi.org/10.54373/imeij.v5i1.781
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Nafia Zakiya Nasri, Salman Alfarisy Totalia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).