Penggunaan Rasch Model untuk Analisis Instrumen Adult Attachment Scale
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.971Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk menganalisa instrumen Adult Attachment Scale (AAS) yang digunakan untuk mengukur gaya kelekatan mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta. Responden penelitian terdiri dari 739. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Rasch Model digunakan untuk mendapatkan butir soal yang fit. Analisa ini dilakukan dengan bantuan software Winsteps yang kemudian data dari analisis rasch model ini dijelaskan secara deskriptif. Berdasarkan analisis yang di dapat pada INFIT MNSQ dan OUTFIT MNSQ untuk tabel person dan item nilai rata-rata secara berurutan adalah 1,00 dan 1,01 nilai idealnya adalah 1,00 artinya semakin mendekati 1,00 maka semakin baik. Kemudian untuk INFIT ZSTD dan OUTFIT ZSTD nilai rata-rata pada tabel person -0,2 dan -0,2. Sementara itu pada tabel item adalah -0,3 dan -0,1. Nilai idealnya adalah 0,0 artinya semakin mendekati nilai 0,0 maka kualitas semakin baik.
Downloads
References
Ainsworth, M. D., Blehar, M. C., Waters, E., & Wall, S. (1978). Patterns of Attachment A Psychological of the Strange Situation. New York: Psychology Press.
Ardiyanti, D. (2016). Aplikasi Model Rasch pada Pengembangan Skala Efikasi Diri dalam Pengambilan Keputusan Karir Siswa. Jurnal Psikologi, 43(3), 248-263.
Arikunto, S. (2012). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Azizah, & Wahyuningsih, S. (2020). Penggunaan Model Rasch Untuk Analisis Instrumen the Use of Rasch Model for Analyzing Test. JUPITEK Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 45–50.
Bowlby, J. (1982). Attachment and Loss : Volume 1 Attachment. New York: Basic Books.
Collins, N. L., & Read, S. J. (1990). Adult attachment, working models, and relationship quality in dating couples. Journal of Personality and Social Psychology, 58(4), 644-663.
Erozkan, A. (2011). The attachment styles bases of loneliness and depression. International Journal of Psychology and Counseling, 3(9), 187-193.
Flanagan, C. (1999). Early Sosialisation: Sociability and Attachment. New York: Routledge.
Hazan, C., & Shaver, P. (1987). Romantic love conceptualized as an attachment process. Journal of Personality and Social Psychology, 52(3), 511-524.
Indrawati, E. S., & Fauziah, N. (2012). Attachment dan penyesuaian diri dalam perkawinan. Jurnal Psikologi Undip, 11(1), 40-49.
Mikulincer, M., & Shaver, P. R. (2007). Attachment in Adult Structure, Dynamics, and Change. New York: The Guilford Press.
Nurhidayah, S. (2011). Attachment attachment dan pembentukan karakter. Jurnal Turats, 7(2), 78-83.
Rozeha, A. R., Azami, Z. & Mohd Saidfudin, M. (2007). Application of Rasch Measurement in Evaluation of Learning Outcomes: A Case Study in Electrical Engineering. Regional Conference on Engineering Mathematics, Mechanics, Manufacturing & Architecture 2007 (EM3ARC)
Salsabila, F., Nurihsan, J., Sunarya, Y., & Studi Bimbingan dan Konseling, P. (n.d.). Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan Pengujian Validitas dan Reliabilitas Instrumen Manajemen Diri Remaja: Rasch Model Analysis. http://ojs.unpatti.ac.id/index.php/bkt
Suminto, B., & Widhiarso, W. (2013). Aplikasi Model RASCH untuk Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial. Bandung: Trim Komunikata Publishing House.
Wahyuningsih, S. (2020). Penggunaan Model Rasch Untuk Analisis Instrumen Tes Pada Mata Kuliah Matematika Aktuaria. 3, 50. https://doi.org/10.30598/jupitekvol3iss1ppx45-50
Widhia Sabekti, A., Khoirunnisa Program Studi Pendidikan Kimia, F., Maritim Raja Ali Haji Jl Politeknik Senggarang, U., & Riau Kode Pos, K. (2018). Penggunaan Rasch Model Untuk Mengembangkan Instrumen Pengukuran Kemampuan Berikir Kritis Siswa Pada Topik Ikatan Kimia Using Rasch Measurement To Develop An Instrument To Assess Students’ Critical Thinking Ability In Chemical Bonding Topic. Jurnal Zarah, 6(2), 68–75.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pupung Sugitri, Susi Fitri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).