Faktor-faktor Penghambat Implementasi Manajemen Mutu dalam Pendidikan Islam di Marasah Aliyah Swasta

Authors

  • Yundri Akhyar UIN Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.917

Keywords:

Faktor Penghambat, Manajemen Mutu

Abstract

Pendidikan Islam termasuk dalam sistem pendidikan nasional sehingga manajemen mutu yang efektif diperlukan untuk memastikan bahwa layanan pendidikan yang diselenggarakannya berkualitasPenelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang menghambat penerapan manajemen mutu dalam pendidikan Islam di Marasah Aliyah Swasta di Bengkalis. Penelitian akan dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Metode ini dipilih karena penelitian ini akan memfokuskan pada pemahaman yang lebih mendalam tentang faktor-faktor yang menghambat penerapan manajemen mutu di Marasah Aliyah Swasta di Pekanbaru. Wawancara, observasi, dan analisis dokumen yang relevan digunakan untuk mengumpulkan data. Penelitian ini akan dilakukan di 5 Marasah Aliyah Swasta di Bengkalis. Subjek penelitian melibatkan para kepala sekolah, dan wakil kepala sekolah bidang kurikulum.Hasil penelitian adalah Faktor pengahambat implimentasi manajemen mutu dalam pendidikan Islam di Madrasah Aliyah Swasta di Kabupaten Bengkalis adalah: tidak memahami manajemen mutu, rendahnya kualitas guru, kurang sesuai antara kurikulum dan implimentasinya pada pembelajaran, keterbatasan dana, tidak adanya kesadaran akan pentingnya perubahan, kurangnya dukungan untuk implementasi manajemen mutu, dan kurangnya sarana dan prasarana.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-03-05

How to Cite

Akhyar, Y. (2024). Faktor-faktor Penghambat Implementasi Manajemen Mutu dalam Pendidikan Islam di Marasah Aliyah Swasta . Journal of Education Research, 5(1), 711–717. https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.917

Issue

Section

Articles

Citation Check

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.