Dinamika Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Akhlak Mulia pada Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak

Authors

  • Roby Seprya Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Kifayah Riau, Indonesia
  • Haryuni Hariati Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Kifayah Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.886

Keywords:

Dinamika PAI, Akhlak Mulia, Anak Usia Dini

Abstract

Tanda utama keberhasilan pendidikan seseorang adalah akhlak mulianya. Namun jika kita melihat dunia nyata, kita akan menemukan bahwa generasi muda saat ini banyak menciptakan kesenjangan akibat buruknya moral dan etika, sehingga melemahkan adat dan perilaku positif yang sudah ada. Selain dimaknai sebagai transformasi ilmu pengetahuan, pendidikan agama Islam juga dapat dimaknai sebagai upaya memajukan pengembangan kualitas spiritual, moral, dan jasmani seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dinamika pendidikan agama islam dalam membentuk akhlak mulia pada anak usia dini. Metode yang digunakan meliputi penelitian kepustakaan, dengan memakai pendekatan pengumpulan data untuk mencari informasi dari dokumen, seperti artikel, manuskrip tertulis, jpg, gambar, dan dokumen elektronik yang membantu dalam proses penulisan. Penulis menemukan berbagai indikator yang harus dibahas secara sistematis sehingga dapat memberikan informasi yang jelas tentang bagaimana pendidikan agama Islam dapat membentuk akhlak mulia anak usia dini, diantaranya adalah sebagai berikut : pertama, Memahami tujuan pendidikan agama Islam dengan baik. kedua, menggunakan teknoogi agar pendidikan agama Islam lebih kontektual dan menyenangkan bagi anak usia dini. Ketiga, memastikan tidak hanya berkutat pada kognitih, namun juga psikomotorik dan afektif anak usia dini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Bukhari. (n.d) Sahih al-Bukhari IV, Beirut: Dar al-Fikr, t.t.

Anggraeni, M. C. S. (2023). Pengaruh dan Pentingnya Pendidikan Moral Sejak Dini. Ecodunamika, 4(2). https://ejournal.uksw.edu/ecodunamika/article/view/6446

Daradjat, Z. (1991). Kesehatan Mental dalam Keluarga. Pustaka Antara

Daradjat, Z. (1992). Ilmu Pendidika Islam. Bumi Aksara

Daradjat, Z. (1994). Pendidikan Islam dalam Keluarga dan Sekolah. Ruhama

Direktorat Pendidikan Agama Islam, Direktorat Jendral Pendidikan Agama Islam Kemenag RI. (2020). Tentang Pedoman Pengembangan PAI di TK. Direktorat Pendidikan Agama Islam, Direktorat Jendral Pendidikan Agama Islam Kemenag RI

Djatnika. R. (1992). Sistem Ethika Islami. Pustaka Panjimas

Gade, S., et al. (2019). Membumikan pendidikan akhlak mulia anak usia dini, Aceh : PT Naskah Aceh Nusantara

Kosim, M., Muqoddam, F., Mubarok, F., & Laila. N. Q. (2023) The dynamics of Islamic education policies in Indonesia, Cogent Education, 10(1). https://doi.org/10.1080/2331186X.2023.2172930

Marlina, S., Pransiska, R., & Qalbi, Z. (2021). Analisis Kurikulum Pendidikan Islam di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Padang. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 844-855. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1143

Muhamad Restu Fauzi, & Tasman Hamami. (2022). Fethullah Gülen’s Epistemology of Islamic Education and its Implementation towards Integrated Islamic Education. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 10(1), 41-58. https://doi.org/10.15642/jpai.2022.10.1.41-58

Mujahid. D. (2015). Problematika Pendidikan Islam dan Upaya-Upaya Pemecahannya. TADBIR Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1). https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/315

Nuryati., & Mufrodi, A. M. (2020). Manajemen Penyelenggaraan PAUD, Penerbit Yayasan Barcode

Purwanto. N. (2000). Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, Bandung : Remaja Rosda Karya

Reksiana, R. (2018). Kerancuan Istilah Karakter, Akhlak, Moral Dan Etika. Thaqafiyyat : Jurnal Bahasa, Peradaban dan Informasi Islam, 19(1), 1-30. http://dx.doi.org/10.14421/thaq.2018.%x

Rida, et al. (2021). Metode Pembelajaran PAI Pada Anak Usia Dini. Cross-border 4.2

Septiani Selly Susanti. (2020). Pemanfaatan Teknologi Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Azzahra: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 65-76. Retrieved from https://ejournal.staidarussalamlampung.ac.id/index.php/azzahra/article/view/231

Setiawan, H. R., & Abrianto, D. (2022). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis. Umsu Press

Sutama, I. W., Astuti, W., & Anisa, N. (2021). E-Modul Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini Sebagai Sumber Belajar Digital. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 449–456. https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.41385

Suyitno, S. (2021). Penerapan Kompetensi Psikologi Guru dalam Peningkatan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 6(1), 58–65. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1900

Downloads

Published

2024-02-13

How to Cite

Seprya, R., & Hariati, H. (2024). Dinamika Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Akhlak Mulia pada Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak. Journal of Education Research, 5(1), 485–491. https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.886

Issue

Section

Articles

Citation Check