Dinamika Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Akhlak Mulia pada Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.886Keywords:
Dinamika PAI, Akhlak Mulia, Anak Usia DiniAbstract
Tanda utama keberhasilan pendidikan seseorang adalah akhlak mulianya. Namun jika kita melihat dunia nyata, kita akan menemukan bahwa generasi muda saat ini banyak menciptakan kesenjangan akibat buruknya moral dan etika, sehingga melemahkan adat dan perilaku positif yang sudah ada. Selain dimaknai sebagai transformasi ilmu pengetahuan, pendidikan agama Islam juga dapat dimaknai sebagai upaya memajukan pengembangan kualitas spiritual, moral, dan jasmani seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dinamika pendidikan agama islam dalam membentuk akhlak mulia pada anak usia dini. Metode yang digunakan meliputi penelitian kepustakaan, dengan memakai pendekatan pengumpulan data untuk mencari informasi dari dokumen, seperti artikel, manuskrip tertulis, jpg, gambar, dan dokumen elektronik yang membantu dalam proses penulisan. Penulis menemukan berbagai indikator yang harus dibahas secara sistematis sehingga dapat memberikan informasi yang jelas tentang bagaimana pendidikan agama Islam dapat membentuk akhlak mulia anak usia dini, diantaranya adalah sebagai berikut : pertama, Memahami tujuan pendidikan agama Islam dengan baik. kedua, menggunakan teknoogi agar pendidikan agama Islam lebih kontektual dan menyenangkan bagi anak usia dini. Ketiga, memastikan tidak hanya berkutat pada kognitih, namun juga psikomotorik dan afektif anak usia dini.
Downloads
References
Al-Bukhari. (n.d) Sahih al-Bukhari IV, Beirut: Dar al-Fikr, t.t.
Anggraeni, M. C. S. (2023). Pengaruh dan Pentingnya Pendidikan Moral Sejak Dini. Ecodunamika, 4(2). https://ejournal.uksw.edu/ecodunamika/article/view/6446
Daradjat, Z. (1991). Kesehatan Mental dalam Keluarga. Pustaka Antara
Daradjat, Z. (1992). Ilmu Pendidika Islam. Bumi Aksara
Daradjat, Z. (1994). Pendidikan Islam dalam Keluarga dan Sekolah. Ruhama
Direktorat Pendidikan Agama Islam, Direktorat Jendral Pendidikan Agama Islam Kemenag RI. (2020). Tentang Pedoman Pengembangan PAI di TK. Direktorat Pendidikan Agama Islam, Direktorat Jendral Pendidikan Agama Islam Kemenag RI
Djatnika. R. (1992). Sistem Ethika Islami. Pustaka Panjimas
Gade, S., et al. (2019). Membumikan pendidikan akhlak mulia anak usia dini, Aceh : PT Naskah Aceh Nusantara
Kosim, M., Muqoddam, F., Mubarok, F., & Laila. N. Q. (2023) The dynamics of Islamic education policies in Indonesia, Cogent Education, 10(1). https://doi.org/10.1080/2331186X.2023.2172930
Marlina, S., Pransiska, R., & Qalbi, Z. (2021). Analisis Kurikulum Pendidikan Islam di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Padang. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 844-855. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1143
Muhamad Restu Fauzi, & Tasman Hamami. (2022). Fethullah Gülen’s Epistemology of Islamic Education and its Implementation towards Integrated Islamic Education. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 10(1), 41-58. https://doi.org/10.15642/jpai.2022.10.1.41-58
Mujahid. D. (2015). Problematika Pendidikan Islam dan Upaya-Upaya Pemecahannya. TADBIR Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1). https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/315
Nuryati., & Mufrodi, A. M. (2020). Manajemen Penyelenggaraan PAUD, Penerbit Yayasan Barcode
Purwanto. N. (2000). Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, Bandung : Remaja Rosda Karya
Reksiana, R. (2018). Kerancuan Istilah Karakter, Akhlak, Moral Dan Etika. Thaqafiyyat : Jurnal Bahasa, Peradaban dan Informasi Islam, 19(1), 1-30. http://dx.doi.org/10.14421/thaq.2018.%x
Rida, et al. (2021). Metode Pembelajaran PAI Pada Anak Usia Dini. Cross-border 4.2
Septiani Selly Susanti. (2020). Pemanfaatan Teknologi Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Azzahra: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 65-76. Retrieved from https://ejournal.staidarussalamlampung.ac.id/index.php/azzahra/article/view/231
Setiawan, H. R., & Abrianto, D. (2022). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis. Umsu Press
Sutama, I. W., Astuti, W., & Anisa, N. (2021). E-Modul Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini Sebagai Sumber Belajar Digital. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 449–456. https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.41385
Suyitno, S. (2021). Penerapan Kompetensi Psikologi Guru dalam Peningkatan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 6(1), 58–65. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1900
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Roby Seprya, Haryuni Hariati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).