Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Hasil Belajar IPAS di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.879Keywords:
Hasil belajar siswa, inkuiri, IPASAbstract
Guru jarang menggunakan model pembelajaran nyata berupa alam sekitar sebagai model yang digunakannya saat mengajar di sekolah dasar. Riset bertujuan untuk mengukur berapa besar pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan alam dan sosial. Metode riset yang diadopsi kuasi eksperimen. Riset ini termasuk jenis riset kuantitatif. Jumlah populasi dua ratus tiga pulu siswa. Sampel berjumlah empat puluh dua siswa kelas empat sekolah dasar. Model pembelajaran inkuiri berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan alam dan sosial siswa di sekolah dasar negeri tiga belas Segati. Model pembelajaran inkuiri harus lebih sering diimplementasikan oleh guru-guru pada jenjang sekolah dasar dikarenakan melalui model pembelajaran inkuiri siswa-siswa akan lebih tertantang dalam pembelajaran, baik itu materi yang berkaitan dengan alam dan lingkungan sosial dimana siswa tersebut berada. Model pembelajaran inkuiri dengan media alam secara langsung akan berimplikasi juga terhadap capaian sosial siswa.
Downloads
References
Agesy, F., I., Budhi, W., & Utaminingsih, R. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri Rejowinangun I Yogyakarta. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 6(2), 845–849.
Asrul, Tiro, A., R., & Risakotta, H. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar IPA pada Materi Panca Indra Manusia bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 2(1), 37–42. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v2i1.408
Damayanti, I., & Mintohari. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 02(03), 1–12. chrome-extension://efaidnbmnnnibpcajpcglclefindmkaj/https://media.neliti.com/media/publications/252984-none-bfe7a3e0.pdf
Erwani, Witarsa, R., & Masrul. (2023). Penerapan Program Kepala Sekolah terhadap Kemampuan Guru dalam Menggunakan Informasi Teknologi dan Literasi Digital di Sekolah Dasar. Journal of Education Research, 4(3), 957–963.
Fazri, A., S., & Nuria, D. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 6867–6874.
Jundu, R., Tuwa, P., H., & Seliman, R. (2020). Hasil Belajar IPA Siswa SD di Daerah Tertinggal dengan Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(2), 103–111. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i2.p103-111
Malna. (2022). Efektivitas Model Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Amal Pendidikan, 3(3), 198–205. https://doi.org/10.36709/japend.v3i3.20467
Masniah. (2021). Penerapan Pembelajaran Inquiry Terbimbing untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA pada Materi Gaya dan Hukum Newton terhadap Siswa SMP Negeri 2 Tanete Riaja Kabupaten Barru. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5(1), 80–91. https://doi.org/10.26858/jkp.v5i1.17469
Patta, R., & Novianti, R., D. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Inpres 6/75 Ta’ Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 1(1), 40–49. https://doi.org/10.26858/jkp.v1i1.5066
Putra, I., K., D., Pradnyana, P., B., & Arifawan, I., M. (2022). Penerapan Model Inquiry Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas V SD 3 Belok Tahun 2022. Wahana Chitta Jurnal Pendidikan, 8(5), 19–21.
Relisma, Hendriana, E., C., & Mertika. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Hasil Belajar Kognitif IPA Siswa Kelas V SDN 2 Singkawang. ORBITA: Jurnal Hasil Kajian, Inovasi, Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 8(2), 212–217.
Rosdiana, Nasrah, & Nur, A., M. (2023). Peningkatan Hasil Belajar IPA melalui Model Pembelajaran Inkuiri pada Murid Sekolah Dasar. Edubase: Journal of Basic Education, 4(2), 153–162. http://journal.bungabangsacirebon.ac.id/index.php/edubase/article/view/1189WebJournal:http://journal.bungabangsacirebon.ac.id/index.php/edubase
Sarah, T., & Witarsa, R. (2023). Pengaruh Pembelajaran Kolaborasi terhadap Keterampilan Menirukan Gerak Hewan pada Siswa Sekolah Dasar. Journal of Education Research, 4(1), 226–233.
Sipayung, R., M., Sihombing, L., N., & Pasaribu, E. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Hasil Belajar Siswa pada Subtema 2 di Kelas III SD Negeri 091316 Pematang Raya. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 1492–1500.
Sutarningsih, N., L. (2022). Model Pembelajaran Inquiry untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas V SD. Journal of Education Action Research, 6(1), 116–123.
Unaenah, E., & Muawiyah, I. (2019). Perbandingan Model Problem Based Learning dan Model Inquiry terhadap Hasil Belajar IPA SD. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 2(2), 10–18. https://doi.org/10.15575/al-aulad.v2i2.5209
Widani, N., K., T., Sudana, D., N., & Agustiana, I., G., A., T. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar IPA dan Sikap Ilmiah pada Siswa Kelas V SD Gugus I Kecamatan Nusa Penida. Journal of Education Technology, 3(1), 15–21.
Yuliani, R., A. (2017). Penerapan Model Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, II(III), 26–37.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Fitri Yani, Ramdhan Witarsa, Masrul Masrul
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).