Evaluasi Efektivitas Metode Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Mengembangkan Kreativitas Siswa
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.876Keywords:
Efektivitas, kreativitas, Kolaborasi, hasil belajarAbstract
Metode pembelajaran berbasis proyek telah menjadi perhatian utama dalam perkembangan pendidikan masa kini, khususnya dalam upaya meningkatkan kreativitas siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas metode pembelajaran berbasis proyek dalam mengembangkan kreativitas siswa pada jenjang pendidikan menengah. Pendekatan penelitian menggunakan studi kasus dengan partisipasi siswa sekolah menengah di berbagai lokasi. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan kuesioner yang dianalisis menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran berbasis proyek secara signifikan meningkatkan kreativitas siswa dalam berbagai aspek. Proses kolaboratif dalam menyelesaikan proyek memungkinkan siswa untuk mengembangkan pemikiran kritis, pemecahan masalah, dan keterampilan inovasi. Selain itu, metode ini memberikan kesempatan kepada siswa untuk menerapkan pengetahuannya dalam konteks nyata, sehingga memicu minat dan motivasi belajar yang lebih tinggi. Namun penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa tantangan dalam penerapan metode pembelajaran berbasis proyek, seperti kurangnya sumber daya, keterbatasan waktu, dan kesulitan dalam mengevaluasi kinerja siswa secara holistik. Oleh karena itu, disarankan agar pendekatan ini didukung oleh dukungan kuat dari sekolah, pengembangan kurikulum yang relevan, dan pelatihan bagi guru dalam merancang dan mengelola proyek pembelajaran.
Downloads
References
Agustiana, G. A. T & Rati, N. W. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar Ditinjau Dari Motivasi Berprestasi Studi Eksperimen di SD Negeri Banyuning. Universitas Pendidikan Ganesha.
Alfiana, A. (2023). Pengaruh metode pembelajaran proyek dengan kegiatan kolase terhadap kreativitas anak pada kelompok b di taman kanak-kanak pertiwi dwp setda prov. Sul-sel.
Azaria, T. T. Meningkatkan kreativitas siswa melalui model pembelajaran berbasis proyek (PBP) di kelas iv sdn 13/i muara bulian. Jurnal meningkatkan kreativitas siswa melalui model pembelajaran berbasis Proyek (PBP) Di Kelas IV SDN 13/I MUARA BULIAN.
Evaluasi Pembelajaran (Konsep Dan Manajemen). (2020). (n.p.): UNY Press.
Febriani, F. (2023). Project Based Learning Dalam Meningkatkan Kreativitas Siswapada Sekolah Penggerak SMP Al Azhar Syifa Budi Cibinong-Bogor (Doctoral dissertation, Institut PTIQ Jakarta).
Imania, f. N. (2021). Manajemen pembelajaran berbasis proyek dalam mengembangkan kreativitas peserta didik di sd lazuardi global compassionate school (gcs) cinere (doctoral dissertation, universitas negeri jakarta).
KUSMIATI, K. (2022). Pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap kreativitas siswa sekolah dasar. Educator: Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik dan Kependidikan, 2(2), 206-211.
Lestari, A. (2023). Implementasi pembelajaran berbasis proyek dalam mengembangkan kreativitas anak pada kelompok a di tk az-zahra yogyakarta (doctoral dissertation, uin sunan kalijaga yogyakarta).
Manajemen Pendidikan: Untuk Pengembangan Karakter dan Prestasi Siswa. (2024). (n.p.): Penerbit P4I.
Mudjiono, D. dan. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Munandar, U. (2009). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Muslihudin, M., & Andini, W. (2020). Pengelolaan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemandirian Mahasiswa. AL-TARBIYAH: Jurnal Pendidikan (The Educational Journal), 30(1), 59-69.
Nirwana, N., Nasaruddin, R., Mulyadi, M., & Minarni, M. (2022). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Metode Proyek di Paud KB Atirah Kabupaten Pangkaje dan Kepulauan. AIJER: Algazali International Journal Of Educational Research, 5(1), 76-84.
Nurlaily, S. (2006). Proses Pembelajaran Dengan Metode Proyek Melalul Kegiatan Berkebun Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini: Studi Kasus Di Play Group Salman Al Farisi (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Pengembangan Kreativitas Siswa. (2019). (n.p.): GUEPEDIA.
Putri, M. U. A., & Setiyoko, D. T. (2022). Efektivitas Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kreativitas Dan keaktifan Peserta dididik. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(16), 340-345.
Rajagukguk, S. (2023). Penerapan Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Sd. ELEMENTARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 3(1), 1-12.
Rosinta, S. (2021). Penerapan Metode Proyek Melalui Kegiatan menganyam Dalam mengembangkan Kreativitas Peserta Didik Taman Kanak-Kanak Beringin Raya Kemiling (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Sagita, B. (2022). PengaruhMetode Proyek terhadap Kreativitas Anak di Raudhatul Athfal At Taqwa Desa Pengalihan Kecamatan Enok (Doctoral dissertation, STAI Auliaurrasyidin Tembilahan).
Wulandari, R., Suneki, S., Haryati, T., & Maryati, M. (2023). Analisis Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kreativitas Siswa SDN Pandeanlamper 03 Semarang. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(2), 4552-4556.
Yuniharto, B. S., & Rochmiyati, S. (2022). Peningkatan Minat Belajar dan Kreativitas Melalui Project Based Learning pada Siswa Kelas V SDN Sariharjo. Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 6(2), 226-235.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Jeditia Taliak, Taufiq Al Farisi, Riska Aprilia Sinta, Abdul Aziz, Nur Laily Fauziyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).