Pengaruh Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa

Authors

  • Eka Darma Putra Telaumbanua Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Nias, Indonesia
  • Agnes Renostini Harefa Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Nias, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.873

Keywords:

Gaya Belajar, Visual, Auditori, Kinestetik, Hasil Belajar

Abstract

Dasar penelitian ini adalah observasi yang dilakukan di SMA Negeri satu Sawo yang menemukan hubungan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa. Gaya belajar dibagi tiga kelompok, yaitu belajar dengan melihat  atau Visual Learning, belajar dengan mendengar atau Auditory Learning, belajar dengan melakukan atau Kinesthetic Learning. Gaya belajar yang berbeda – beda akan mempengruhi hasil belajar siswa. Hasil belajar merupakan pencapaian hasil yang diperoleh pembelajaran. Hasil belajar dapat diukur dengan menggunakan tes hasil belajar Tujuannya dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri satu Sawo. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan alat atau instrumen untuk mengumpulkan data yaitu angket gaya belajar dan dokumentasi berupa hasil belajar siswa   Pada penelitian ini melibatkan peserta didik Kelas XI-MIPA satu sebagai  sampel penelitian sebanyak tiga puluh dua orang siswa. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif.  Berdasarkan hasil penelitian terdapat adanya pengaruh gaya belajar visual, auditori, kinestetik terhadap hasil belajar siswa Kelas XI-MIPA satu di SMA Negeri satu Sawo.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bire, A. L., Geradus, U., & Bire, J. (2014). Pengaruh Gaya Belajar Visual, Auditorial, Dan Kinestetik Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan, 44(2), 168–174.

Cholifah, T. N. (2018). Analisis Gaya Belajar Siswa Untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 1(2), 65–74. https://doi.org/10.31002/nse.v1i2.273

Hafizha, D., Ananda, R., & Aprinawati, I. (2022). Analisis Pemahaman Guru Terhadap Gaya Belajar Siswa Di Sdn 020 Ridan Permai. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 8(1), 25–33. https://doi.org/10.26740/jrpd.v8n1.p25-33

Marpaung, J. (2016). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa. KOPASTA: Jurnal Program Studi Bimbingan Konseling, 2(2), 13–17. https://doi.org/10.33373/kop.v2i2.302

Syofyan, H. (2018). Analisis Gaya Belajar dan Motivasi Berprestasi terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Eduscience, 3(2), 76–85.

Ndraha, H., & Harefa, A.R (2023). Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Dan Motivasi Belajar Siswa Di Smpa Negeri 2 Gnungsitoli Utara. Journal On Education, 6(1), 5328-5339

Zebua, E. K., & Harefa, A. R (2023). Hubungan Antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, Dan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Alasa. Jurnal on Educatio 4(3), 179-184. http://ejournal.undhari.ac.id/index.php/de_journal

Irawati, I. Nasrudhin., dkk. (2021). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Ipa Influence Of Learning Style On The Students Science Learning Achievement. jurnal pijar MIPA 16 (1), DOI: 10.29303/jpm.v16i1.2202

Rambe, M. S., (2019). Pengaruh Gaya Belajar Visual, Auditorial, Dan Kinestetikterhadap Prestasi Belajar Siswa Sma Dian Andalas Padang. Jurnal Review pendidikan Dan Pengajaran 2(2). Http://Journal.Universitaspahlawan.Ac.Id/Index.Php/Jrpp

Waruwu, Y., Lase N. K., dkk., (2023) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Peserta Didik Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Kelas Viii Uptd Smp Negeri 1 Moro’o. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran 6(4). http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp

Andreyeni, R., Har, E., dkk. (2020) kebiasaan belajar dan gaya belajar serta kontribusi terhadap hasil belajar biologi kelas XI SM Negeri 3 Pariaman. jurnal fakultas keguruan dan imu pendidikan 8(02), 17-18.

Daulay, Y., Sitorus, M. (2022). Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Gaya Beajar Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Journal 2(6), 763-767. Http://Ejournal.Yana.Or.Id.

Makmoer, M.(2022). Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pelajaran Biologi Materi Metabolisme Sel Dengan Menggunakn Percobaan Sach Dan Percobaan Ingenhouzs. Jurnal Alfata 3(1), 213-218.

Putri, A. M. (2021). Pengaruh Format Buku (Digital Interaktif Dan Tercetak) Dan Gaya Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Teori Relativitas. Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan

Laoli, J. K. (2022). Pengaruh Strategi Lightening The Learning Climate Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan 6(1). ummaspul.e-journal.id

Mendrofa, N. K., Sitompul, p. dkk., (2023). Analisis Hasil Belajar Mahasiswa Mata Kuliah Teori Bilangan Ditinjau Dari Gaya Belajar. Jurnal Pendidikan 7(3). Journal-Cup.Org.

Downloads

Published

2024-03-03

How to Cite

Telaumbanua, E. D. P., & Harefa, A. R. (2024). Pengaruh Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal of Education Research, 5(1), 691–697. https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.873

Issue

Section

Articles

Citation Check