Pengaruh Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.873Keywords:
Gaya Belajar, Visual, Auditori, Kinestetik, Hasil BelajarAbstract
Dasar penelitian ini adalah observasi yang dilakukan di SMA Negeri satu Sawo yang menemukan hubungan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa. Gaya belajar dibagi tiga kelompok, yaitu belajar dengan melihat atau Visual Learning, belajar dengan mendengar atau Auditory Learning, belajar dengan melakukan atau Kinesthetic Learning. Gaya belajar yang berbeda – beda akan mempengruhi hasil belajar siswa. Hasil belajar merupakan pencapaian hasil yang diperoleh pembelajaran. Hasil belajar dapat diukur dengan menggunakan tes hasil belajar Tujuannya dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri satu Sawo. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan alat atau instrumen untuk mengumpulkan data yaitu angket gaya belajar dan dokumentasi berupa hasil belajar siswa Pada penelitian ini melibatkan peserta didik Kelas XI-MIPA satu sebagai sampel penelitian sebanyak tiga puluh dua orang siswa. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian terdapat adanya pengaruh gaya belajar visual, auditori, kinestetik terhadap hasil belajar siswa Kelas XI-MIPA satu di SMA Negeri satu Sawo.
Downloads
References
Bire, A. L., Geradus, U., & Bire, J. (2014). Pengaruh Gaya Belajar Visual, Auditorial, Dan Kinestetik Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan, 44(2), 168–174.
Cholifah, T. N. (2018). Analisis Gaya Belajar Siswa Untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 1(2), 65–74. https://doi.org/10.31002/nse.v1i2.273
Hafizha, D., Ananda, R., & Aprinawati, I. (2022). Analisis Pemahaman Guru Terhadap Gaya Belajar Siswa Di Sdn 020 Ridan Permai. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 8(1), 25–33. https://doi.org/10.26740/jrpd.v8n1.p25-33
Marpaung, J. (2016). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa. KOPASTA: Jurnal Program Studi Bimbingan Konseling, 2(2), 13–17. https://doi.org/10.33373/kop.v2i2.302
Syofyan, H. (2018). Analisis Gaya Belajar dan Motivasi Berprestasi terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Eduscience, 3(2), 76–85.
Ndraha, H., & Harefa, A.R (2023). Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Dan Motivasi Belajar Siswa Di Smpa Negeri 2 Gnungsitoli Utara. Journal On Education, 6(1), 5328-5339
Zebua, E. K., & Harefa, A. R (2023). Hubungan Antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, Dan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Alasa. Jurnal on Educatio 4(3), 179-184. http://ejournal.undhari.ac.id/index.php/de_journal
Irawati, I. Nasrudhin., dkk. (2021). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Ipa Influence Of Learning Style On The Students Science Learning Achievement. jurnal pijar MIPA 16 (1), DOI: 10.29303/jpm.v16i1.2202
Rambe, M. S., (2019). Pengaruh Gaya Belajar Visual, Auditorial, Dan Kinestetikterhadap Prestasi Belajar Siswa Sma Dian Andalas Padang. Jurnal Review pendidikan Dan Pengajaran 2(2). Http://Journal.Universitaspahlawan.Ac.Id/Index.Php/Jrpp
Waruwu, Y., Lase N. K., dkk., (2023) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Peserta Didik Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Kelas Viii Uptd Smp Negeri 1 Moro’o. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran 6(4). http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp
Andreyeni, R., Har, E., dkk. (2020) kebiasaan belajar dan gaya belajar serta kontribusi terhadap hasil belajar biologi kelas XI SM Negeri 3 Pariaman. jurnal fakultas keguruan dan imu pendidikan 8(02), 17-18.
Daulay, Y., Sitorus, M. (2022). Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Gaya Beajar Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Journal 2(6), 763-767. Http://Ejournal.Yana.Or.Id.
Makmoer, M.(2022). Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pelajaran Biologi Materi Metabolisme Sel Dengan Menggunakn Percobaan Sach Dan Percobaan Ingenhouzs. Jurnal Alfata 3(1), 213-218.
Putri, A. M. (2021). Pengaruh Format Buku (Digital Interaktif Dan Tercetak) Dan Gaya Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Teori Relativitas. Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan
Laoli, J. K. (2022). Pengaruh Strategi Lightening The Learning Climate Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan 6(1). ummaspul.e-journal.id
Mendrofa, N. K., Sitompul, p. dkk., (2023). Analisis Hasil Belajar Mahasiswa Mata Kuliah Teori Bilangan Ditinjau Dari Gaya Belajar. Jurnal Pendidikan 7(3). Journal-Cup.Org.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Eka Darma Putra Telaumbanua, Agnes Renostini Harefa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).