Analisis Minat Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPA di UPTD SMP Negeri 4 Gunungsitoli Selatan
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.871Keywords:
Minat Belajar, Perhatian, Ketertarikan, Keterlibatan Siswa, Perasaan SenangAbstract
Pendidikan merupakan usaha yang dilakukan untuk meningkatkan, memperbaiki, mengubah pengetahuan, keterampilan, dan sikap serta prilaku setiap warga negara. Salah satu unsur yang mempengaruhi keberhasilan akademik seorang siswa adalah minat belajarnya. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan minat belajar peserta didik kelas VIII di UPTD SMP Negeri empat Gunungsitoli Selatan terhadap mata pelajaran IPA. Responden dalam penelitian ini berjumlah lima puluh delapan orang dari jumlah pupolasi sebanyak enam puluh tujuh orang. Alat pengumpul data penelitian berupa kuesioner minat belajar, lembar observasi, dan transkrip wawancara. Microsoft Excel akan digunakan untuk mendukung analisis data deskriptif kuantitatif. Adapun persentase dari masing-masing indikator minat belajar berdasarkan hasil penelitian, diurutkan dari peringkat tertinggi ke yang terendah. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas VIII di UPTD SMP Negeri empat Gunungsitoli Selatan terindikasi tinggi
Downloads
References
Alimuddin, Nurkhaerat. 2022. “Analisis Motivasi, Minat, Dan Sikap Belajar Biologi Peserta Didik Ilmu Sosial Di Sma.” Jurnal Galeri Pendidikan 2 (1): 85–91.
Anggita, Atikah Dewi, Ervina Eka Subekti, Muhammad Prayito, and Catur Prasetiawati. 2023. “Analisis Minat Belajar Peserta Didik Terhadap Pembelajaran Ipas Di Kelas 4 Sd N Panggung Lor.” Inventa 7 (1): 78–84. https://doi.org/10.36456/inventa.7.1.a7104.
Aulia, Syarah, Zetriuslita Zetriuslita, Sindi Amelia, and Rahma Qudsi. 2021. “Analisis Minat Belajar Matematika Siswa Dalam Menggunakan Aplikasi Scratch Pada Materi Trigonometri.” JURING (Journal for Research in Mathematics Learning) 4 (3): 205. https://doi.org/10.24014/juring.v4i3.13128.
Felani, Indri, Tsara Nabila Ramdhani, and Heris Hendriana. 2018. “Kemampuan Mengidentifikasi Dan Merumuskan Masalah Bangun Datar Serta Minat Belajar Siswa Smp.” JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif) 1 (3): 229. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.p229-238.
Fitri Yanti, Nurul, and Sumianto. 2021. “Analisis Faktor-Faktor Yang Menghambat Minat Belajar Dimasa Pandemi Covid-19 Pada Siswa SDN 008 Salo.” Jurnal Pendidikan Tambusai 5 (1): 608–14.
Hafidz, Dedy Ikhza, Kartinah, Sukamto, and Sri Maryatun. 2023. “Analisis Minat Belajar Terhadap Kesiapan Belajar Di Kelas 3 SDN Sampangan 02.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling 5 (2): 1639–43. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/13099.
Harefa, Agnes Renostini. 2022. “Analisis Kesulitan Belajar Biologi Masa Pandemi Covid-19.” Educativo: Jurnal Pendidikan 1 (1): 181–89. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.27.
Ndraha, H, and A R Harefa. 2023. “Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Dan Motivasi Belajar Siswa Di SMP Negeri 2 Gunungsitoli Utara.” Journal on Education 06 (01): 5328–39. https://www.jonedu.org/index.php/joe/article/view/3714%0Ahttps://www.jonedu.org/index.php/joe/article/download/3714/3082.
Ningsih, Rahmada, and Supratman Zakir. 2022. “Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Daring Dan Pembelajaran Tatap Muka Kelas X Di Sma N 1 Kinali.” Humantech Jurnal Ilmiah Multi Disiplin Indonesia 2 (1): 38–43.
Putri, Fara Prissilia, Aryo Andri Nugroho, and Rizky Esti Utami. 2022. “Analisis Minat Belajar Matematika Siswa Yang Diterapkan Pada School From Home (SFH).” Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika 4 (4): 355–62.
Putu Prima Juniartina. 2023. “ANALISIS MINAT BELAJAR MAHASISWA TERHADAP MATA KULIAH FISIKA DASAR PRODI S1 PENDIDIKAN IPA.” JURNAL IPA TERPADU 7 (2): 178–84. http://ojs.unm.ac.id/index.php/ipaterpadu.
Reski, Niko. 2021. “Tingkat Minat Belajar Siswa Kelas IX SMPN 11 Kota Sungai Penuh.” Jurnal Inovasi Penelitian 1 (11): 2485–90.
Rondoni, Pajri, Abdul Khodir Zailani, Efzal Muji Rohmin, and Ahmad Walid. 2022. “Analisis Minat Belajar Siswa Kelas Ix Smp Negeri 14 Kota Bengkulu Pada Mata Pelajaran Ipa.” Khazanah Pendidikan 16 (1): 1. https://doi.org/10.30595/jkp.v16i1.12196.
Sapbrina, Chindy Beauty, Singgih Bektiarso, and Sri Handono Budi Prastowo. 2021. “Pengaruh Minat Dan Motivasi Terhadap Aktivitas Dan Kesiapan Belajar Fisika Siswa Sman 1 Sukomoro.” ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika 7 (1): 136. https://doi.org/10.31764/orbita.v7i1.4405.
Siswanto, Siswanto, and Zufi Anidzar Arbani. 2021. “Pengaruh Minat Belajar, Kompetensi Profesional Guru, Dan Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Daring.” Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan 9 (2): 213–22. https://doi.org/10.21831/jamp.v9i2.43188.
Ulya, Nur Ismayatul, A Mushawwir Taiyeb, and Yusminah Hala. 2022. “Hubungan Motivasi , Minat , Dan Manajemen Waktu Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Biologi The Relationship of Motivation , Interest , and Time Management to Study Biology Education Student Achievement.” Prosiding Seminar Nasional Biologi FMIPA UNM, 87–95.
Usatnoby, Maria C.M., Stanislaus Amsikan, and Oktovianus Mamoh. 2020. “Pengaruh Minat Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Di Kelas VIII SMP Negeri Nunufafi Tahun Ajaran 2019/2020.” MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika 5 (2): 59–63. https://doi.org/10.32938/jipm.5.2.2020.59-63.
Wiradarma, Komang, Ni Suarni, and Ndara Renda. 2021. “Analisis Hubungan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Daring IPA Siswa Kelas III Sekolah Dasar.” MIMBAR PGSD Undiksha 9 (3): 408. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.39212.
Yurnellisa, Annika Maizeli, Zikra. 2023. “Hubungan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas VIII SMP Negeri 3 Padang.” Jurnal Pendidikan Tambusai 7: 20131–35.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Melda Yanti Zega, Agnes Renostini Harefa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).