Improving Numeracy Skills through Snake and Ladder Games in Grade IV Students of SD Negeri Rantewringin
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.853Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran menggunakan permainan ular tangga dan mengetahui hasil pelaksanaan pembelajaran pada keterampilan berhitung pada siswa kelas IV SD Negeri Rantewringin. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan di SD Negeri Rantewringin dengan jumlah siswa sebanyak seratus tiga puluh delapan orang, sedangkan sampel yang digunakan adalah kelas IV yang berjumlah delapan belas anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, lembar observasi, dan hasil penilaian formatif. Analisis data dilakukan dengan reduksi data dan FGD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan permainan ular tangga atau ular tangga yang dilakukan sesuai skenario pembelajaran akan berdampak sangat baik terhadap kemampuan berhitung siswa. Dampak baik ini dapat dilihat dari data pra siklus atau kondisi awal nilai kemampuan berhitung rata-rata enam puluh enam dan ketuntasan belajar tiga puluh delapan persen, pada siklus I hasil belajar rata-rata meningkat menjadi delapan puluh tiga dan ketuntasan meningkat drastis menjadi delapan puluh tiga persen, dan pada akhir siklus II rata-rata pembelajaran menjadi sembilan puluh persen dan ketuntasan belajar maksimal seratus persen. Berdasarkan data tersebut disimpulkan bahwa pembelajaran dengan permainan ular tangga terlaksana dengan baik dan berdampak sangat baik terhadap kemampuan berhitung siswa kelas IV SD Negeri Rantewringin. Penelitian ini hanya membahas tentang pelaksanaan pembelajaran dan dampaknya terhadap aspek kognitif, diharapkan penelitian kedepannya dapat memperluas pengamatan dampak pembelajaran
Downloads
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Kiki Karnila Widiastuti, Muhammad Irfan, Sri Haryati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).