Strategi Bursa Kerja Khusus (BKK) SMK Muhammadiyah 04 Boyolali dalam Penyaluran Lulusan
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.841Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi dari BKK SMK Muhammadiyah empat Boyolali dalam menyalurkan lulusannya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif untuk memahami fenomena tentang apa yang di alami oleh subyek penelitian tanpa mengadakan perlakuan khusus terhadap data. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa strategi BKK SMK Muhammadiyah empat Boyolali dalam menyalurkan lulusan yaitu memberikan pelayanan yang baik, mendapatkan dukungan dari beberapa pihak serta menjalin kerjasama dengan industri dan instansi yang lainnya. Bursa kerja khusus sebagai unit pelaksana yang memberikan pelayanan dan informasi lowongan kerja, pelaksana pemasaran, penyaluran dan penempatan tenaga kerja dari sekolah dan bimbingan persiapan kerja. Dukungan dari industri, kepala sekolah dan instansi lainnya sangat penting untuk terlaksanaanya program BKK SMK Muhammadiyah empat Boyolali dalam penyaluran lulusan.
Downloads
References
DAFTAR PUSTAKA
Asiyah, N. (2023). Implementasi program bursa kerja khusus (BKK) dalam perencanaan karir siswa kelas xii di SMK PGRI 2 Ponorogo. IAIN Ponorogo.
Ayu, E. F., & Trihantoyo, S. (2021). Optimalisasi bursa kerja khusus dalam menyalurkan lulusan SMK pada dunia usaha/dunia industri (DU/DI). ejournal.unesa.ac.id.
BPS. (2023). Survey Badan Pusat Statistik (BPS) tentang tingkat pengangguran terbuka (TPT).
Dinata, M. (2020). Pelaksanaan tugas dan fungsi bursa kerja khusus (BKK) di SMK Muhammadiyah 1 Playen. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif, 3(1).
Ditpsmk. (2021). Diambil kembali dari https://bkk.ditpsmk.net/about.
Efrinaldi, E., Ambiyar, A., Maksum, H., & Waskito, W. (2023). Kontribusi bursa kerja khusus dan kemampuan bekerjasama terhadap kesiapan memasuki dunia kerja siswa sekolah menengah kejuruan. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(1), 396-402.
Falaqiyah, F. (2021). Analisis bimbingan karir untuk meningkatkan kesiapan kerja pada siswa SMK. Paper presented at the Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Universitas Ahmad Dahlan.
Hidayah, N. (2022). Sistem kerjasama nntara DUDI dan LPI dalam peningkatan mutu pendidikan (Studi kasus SMK vokasi berbasis Industri Raden Umar Said Kudus), Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam. IAIN KUDUS.
Indonesia, P. R. (2006). Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.
Irawati, I., Nyoman, N. A., & Abdullah, G. (2022). Manajemen bursa kerja khusus (BKK) pada kompetensi otomotif di SMK Muhamadiyah Belik. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(12), 5377-5384.
Lestari, B., & Pardimin, P. (2019). Manajemen kemitraan sekolah dengan dunia usaha dan industri untuk meningkatkan kompetensi lulusan SMK. Media Manajemen Pendidikan, 2(1), 113-113.
Listyanto, V. (2019). Peran Humas Dalam Meningkatkan Kemitraan Dengan Dunia Usaha/Dunia Industri (Du/Di) Di Smk Negeri 6 Yogyakarta. Hanata Widya, 8(2), 55-63.
Mukhlason, A., Winanti, T., & Yundra, E. (2020). Analisa indikator SMK penyumbang pengangguran di provinsi Jawa Timur. Journal of Vocational and Technical Education (JVTE), 2(2), 29-36.
Perdana, N. S. (2019). Analisis permintaan dan penawaran lulusan SMK dalam pemenuhan pasar tenaga kerja. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(2).
Permenaker. (2016). Permenaker 039 tahun 2016 tentang penempatan tenaga kerja.
Permendikbudristek. (2022). Permendikbudristek No 5 tahun 2022 tentang standar kompetensi lulusan.
PP. (2005). Peraturan pemerintah RI Nomor 19 Tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan
Prasetyawan, H. (2020). Strategi bursa kerja khusus (BKK) SMK dalam mengantar alumni mendapat pekerjaan (Studi kasus di SMK Negeri 3 Probolinggo). Jurnal Mitra Pendidikan (JMP Online).
Rahmi, M. Y. (2023). Implementasi kebijakan bursa kerja khusus (BKK) di SMK Negeri Parungponteng Kabupaten Tasikmalaya. Indonesian Journal Of Education and Humanity, 3(2), 65-72.
Sasongko, F. D., Malik, A., & Sativa, S. (2020). Peran bursa kerja khusus (BKK) dalam menyalurkan siswa kompetensi keahlian desain pemodelan dan informasi bangunan (DPIB) SMK N 2 Klaten ke dunia industri. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 2(2).
Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.
Widiyarso, T. H., & Sutama, S. (2021). Strategi dan kinerja bursa kerja khusus (BKK) dalam mengantar alumni mendapat pekerjaan di SMK N 1 Bulukerto. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 21(2).
Zuhairoh, N., & Pattinasarany, I. R. I. (2021). Kemitraan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Dengan Dunia Usaha/Dunia Industri (DU/DI) Sebagai Implementasi Revitalisasi SMK (Studi Tata Kelola Kemitraan Pada SMK Swasta “DP” Di Jakarta Timur). JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 5(3).
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Suprap Suprap

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).