Pengembangan Video Pembelajaran untuk Melatih Kompetensi Profesional Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru

Authors

  • Anik Kirana Universitas Wijaya Kusuma Surabaya, Indonesia
  • Suhartono Suhartono Universitas Wijaya Kusuma Surabaya, Indonesia
  • Meilantifa Meilantifa Universitas Wijaya Kusuma Surabaya, Indonesia
  • Rizky Tri Azari Universitas Wijaya Kusuma Surabaya, Indonesia
  • Prasetyo Kurniawan Universitas Wijaya Kusuma Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.797

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan video pembelajaran untuk melatihkan kompetensi profesional pada mahasiswa PPG. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4D yang diusulkan oleh Thiagarajan, Semmel dan Semmel. Hanya saja, penelitian ini akan dibatasi pada pada tahap define, design dan develop saja. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar validasi ahli dan lembar respon mahasiswa. Data yang diperoleh dari para ahli digunakan untuk mendeskripsikan validitas video pembelajaran yang dikembangkan menggunakan rumus indeks validitas Aiken. Selanjutnya, video pembelajaran akan diujicobakan secara terbatas kepada mahasiswa untuk mengetahui respon mahasiswa terhadap video pembelajaran yang dikembangkan. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa video pembelajaran yang dikembangkan valid menurut pendapat para ahli dengan rata – rata validitas sebesar 0,88 menurut ahli materi dan 0,94 menurut ahli media. Selain itu, sebesar 87% mahasiswa memberikan respon positif terhadap video pembelajaran yang telah dikembangkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustini, K., & Ngarti, G. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Model R & D. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1).

Alifa, T.F., Ramalis, T.R., & Purwana, U. (2018). Karakteristik Tes Penalaran Ilmiah siswa SMA Materi Mekanika Berdasarkan Analisis Tes Teori Respon Butir. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 4(2).

Andreas, L.O & Yuwalitas G. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Mata Kuliah Mekanika Tanah dan Teknik Pondasi Berbasis Video Tutorial. Jurnal Of Civil Engineering And Vocational Education, 5(4).

Balqis, P., Usman, N., & Ibrahim, S. (2014). Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Smpn 3 Ingin Jaya kabupaten Aceh Besar. Jurnal Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 2(1).

Daud, A., Novitri, & Hardian, M. (2021). Guru Profesional dan Pendidikan Profesi Guru. UR Press.

Daud, Y. M. (2022). Tinjauan Kompetensi Kepribadian Pendidik (Suatu Kajian Teoritik). Jurnal Intelektualita Prodi MPI, 11(1).

Erni & Farihah. (2021). Pengembangan Media Video Tutorial Pada Mata Kuliah Teknologi Menjahitdalam Mendukung Pembelajaran Dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 18(1).

Febliza, Asyti, dkk. (2021). Kebutuhan Mahasiswa Terhadap Video Kontekstual sebagai Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Basicedu, 5(3).

Gokce, A. T. (2021). Core Values in Education from the Perspective of Future Educators. SAGE Open Journal, April-June, 1–14.

Hasnawati. (2014). Kompetensi Guru Dalam Persfektif Perundang – Undangan. PT Raja Grafindo Persada.

Huda, M. (2017). Kompetensi Kepribadian Guru dan Motivasi Belajar Siswa (Studi Korelasi pada Mata Pelajaran PAI). Jurnal Penelitian, 11(2).

Munawir, Salsabila, Z.P., & Nisa, N. R. (2022). Tugas, Fungsi dan Peran Guru Profesional. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 8–12.

Notanubun, Z. (2019). Pengembangan Profesionalisme Guru Di Era Digital (Abad 21). Jurnal Konseling Dan Terapan, 3(1).

Nurainun, Dhessy & Sahrul S. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Semikonduktor Fotokatalis. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 3(3).

Nurwahidah, C.D. Zaharah, & Sina, I. (2021). Media Video Pembelajaran Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Mahasiswa. Rausyan Fikr, 17(1).

Pamungkas, W.A.D., & Koeswanti, H. . (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(3), 346–354.

Parlindungan, D.P., Mahardika, G.P., & Yulinar, D. (2020). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Video Pembelajaran dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di SD Islam An-Nuriyah. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ.

Prayitno, A. (2020). Kompetensi Profesional Guru MA An-Nur Setupatok Kabupaten Cirebon. Jurnal Manajemen Pendidikan Jurnal Eduvis, 1(1).

Ramaliya. (2018). Pengembangan Kompetensi Guru Dalam Pembelajaran. Bidayah: Studi Ilimu-Ilmu Keislaman, 9(1).

Rokhmaniyah & Kartika. (2016). Lesson Study Pengembangan Bahan Pembelajaran Berbasis Potensi Lokal Untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Kebumen. Premier Educandum, 6 (2), 162-173.

Santina, D. P. & S. (2017). Pengaruh kompetensi pedagogik dan kompetensi sosial terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pengantar administrasi perkantoran kelas X administrasi perkantoran di SMK Negeri 1 Subang. JURNAL Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 113–123.

Sri Lestari. (2014). Pengembangan Video Tutorial untuk Peningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Paud. Jurnal Teknodik, 18(3).

Sumargiyani, dkk. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Kalkulus untuk Memahamkan Konsep. Jurnal Derivat, 8(2).

Suryansyah, T. & S. (2016). Pengembangan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas IV SD. Jurnal Prima Edukasia, 4(2), 209–221.

Thiagarajan, S., Semmel, S. D., & Semmel, M. L. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children. Indiana University.

Viberg, O., Gronlund, A., & Andersson, A. (2023). Integrating Digital Technology in Mathematics Education. A Swedish Case Study. Interactive Learning Environments, 31(1), 232–243.

Zulfitri, H., Setiawati, N.P., & I. (2019). Pendidikan Profesi Guru (PPG) sebagai Upaya Meningkatkan Profesionalisme Guru. Lingua, Jurnal Bahasa & Sastra, 19(2).

Downloads

Published

2024-01-11

How to Cite

Kirana, A., Suhartono, S., Meilantifa, M., Azari, R. T., & Kurniawan, P. (2024). Pengembangan Video Pembelajaran untuk Melatih Kompetensi Profesional Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru . Journal of Education Research, 5(1), 9–16. https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.797

Issue

Section

Articles

Citation Check