Pendekatan Sistem Pengadministrasian di YPI Bidayatul Hidayah 2

Pendekatan Sistem Pengadministrasian di YPI Bidayatul Hidayah 2

Authors

  • Makmur Syukri Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Rabbirham Rabbirham Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia
  • Siti Aisyah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia
  • Raudatun Annisa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia , Indonesia
  • Abdul Halim Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.776

Keywords:

Administration, Pendidikan, Belajar Mengajar

Abstract

Administrasi pendidikan adalah penerapan ilmu administrasi dalam kegiatan pembinaan, pengembangan, dan pengendalian usaha-usaha pendidikan yang diselenggarakan dalam bentuk kerjasama. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap aspek-aspek yang relevan dalam konteks YPI Bidayatul Hidayah 2. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan wawancara, observasi, dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses belajar mengajar di YPI Bidayatul Hidayah 2 telah dilaksanakan dengan baik. Namun, terdapat kekurangan personil proporsional untuk sekolah dan kecenderungan aktivitas administrasi pendidikan diambil alih oleh kepala sekolah. Oleh karena itu, perbaikan kurikulum dan pengelolaan administrasi pendidikan yang baik diperlukan untuk meningkatkan mutu pendidikan.Dalam pelaksanaan administrasi pendidikan, terdapat beberapa fungsi yang perlu diperhatikan. Fungsi pengarahan (directing) melibatkan penjelasan. Fungsi penggerakan (actuating) melibatkan kemampuan manajer untuk menggerakkan tenaga pendidik, kependidikan. Fungsi pengorganisasian (organising) melibatkan pembagian tugas-tugas pada orang yang. Fungsi pendanaan/anggaran (budgeting) melibatkan pengalokasian sumber daya. Fungsi pengawasan (controlling) melibatkan pemantauan dan evaluasi terhadap pelaksanaan tugas dan kegiatan dalam organisasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asnawir. (2005). Administrasi Pendidikan. Bandung: IAIN IB Press.

H.Ngusmanto. (2015) Pemikiran Paktik & Administrasi Pembangunan, Mitra Wacana Media, Jakarta.

Inu kencana syafie. (2003), Sistem Administrasi Negara, Bumi Aksara, Jakarta.

Jogiyanto, HM. (2001) Analisis & Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis, Edisi 2. ANDI, Yogyakarta.

Kristanto, Andri. (2003) Perancangan Sistem Informasi dan Aplikasinya. Edisi I. Yogyakarta : Penerbit Gava.

McLeod, (2004) Raymond dan Schell, George.Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: PT INDEKS

Megasari. (2020). Peningkatan Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di SMPN 5 Bukit Tinggi. Bahana Manajemen Pendidkan.

Mohamad Muspawi; Hafizahtul Robi’ah. (2020), Realisasi Kinerja Tenaga Administrasi Sekolah dalam Peningkatan Pelayanan, Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan, Vol 4 No 3 Juli.

Muliati P, Hasan Basri, Hasbullah, Jamaluddin Majid. (2023), Strategi Pengelolaan Administrasi Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di SD Inpres 12/79 TA Kabupaten Bone JURNAL MAPPESONA, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam IAIN Bone, Vol. 6, No. 1, Februari .

Philipus M.Hadjon. (1993). Pengantar Hukum Administrasi Indonesia, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

Ridwan HR. (2007) Hukum Administrasi Negara, Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Siahaan, A. (2012). Administrasi Satuan Pendidikan (Pendekatan Sistemik dalam Pengelolaan Pendidikan untuk Meningkatkan Efektivitas Pencapaian Tujuan Pada Satuan Pendidikan). Medan: Perdana Publishing.

Soesilo Zauhar. (1990) Pengantar Ilmu Administrasi Negara, PPIIS Unibraw, Malang,

Ushansyah Ittihad (2017), Pentingnya Administrasi Sekolah Untuk Kemajuan Pendidikan, Jurnal Kopertais Wilayah Xi Kalimantan Volume 15 No.27 April.

Wahyono, Teguh. (2004). Sistem Informasi : Konsep Dasar, Analisis dan Implementasi. Graha Ilmu, Yogyakarta.

Wirwan syafri. (2012) Studi Tentang Administrasi Publik, Erlangga, Jakarta, hlm 3.

Yuliani, W. (2018). Metode penelitian deskriptif kualitatif dalam perspektif bimbingan dan konseling. Quanta, Volume2, Nomor(2). https://doi.org/https://doi.org/10.22460/q.v2i2p83-91.1641

Yustina Tri Lestari. (2015) Implementasi Administrasi Sekolah Dasar Negeri Manajer Pendidikan, Volume 9, Nomor 2, Maret, Hlm. 282-293.

Downloads

Published

2024-02-04

How to Cite

Syukri, M., Rabbirham, R., Aisyah, S., Annisa, R., & Halim, A. (2024). Pendekatan Sistem Pengadministrasian di YPI Bidayatul Hidayah 2: Pendekatan Sistem Pengadministrasian di YPI Bidayatul Hidayah 2. Journal of Education Research, 5(1), 314–322. https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.776

Issue

Section

Articles

Citation Check