Pengaruh Brand Image dan Kualitas Tenaga Pendidik terhadap Keputusan Calon Siswa Melanjutkan Studi

Authors

  • Nadya Amri Fauzie Manajemen Pendidikan Islam, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
  • Munirul Abidin Manajemen Pendidikan Islam, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.772

Keywords:

Brand Image, Kualitas Tenaga Pendidik, Minat Calon Siswa

Abstract

Brand image merupakan hal yang perlu diperhatikan dalam setiap lembaga pendidikan sebab hal ini merupakan salah satu upaya untuk mengukur kualitas lembaga pendidikan untuk meningkatkan kualitas belajar siswa. Hal tersebut juga didukung oleh kemampuan kinerja guru sebagai Sumber Daya Manusia dalam lembaga Pendidikan. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengaruh antara brand image sekolah dan kinerja tenaga pendidik terhadap keputusan calon siswa melanjutkan studi di SMP Darul Faqih Malang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan sumber data berupa hasil angket yang disebarkan kepada responden yakni siswa kelas 7 Angkatan 2022/2023 sejumlah 30 siswa. Berdasarkan hasil penelitian melalui uji F Anova dan uji koefisiensi R Square menunjukkan bahwa brand image dan kualitas tenaga pendidik di SMP Darul Faqih dapat mempengengaruhi keputusan calon siswa memlilih SMP Darul Faqih untuk melanjutkan studi. Adanya Brand image dan kualitas tenaga pendidik dapat dijadikan sebagai nilai keunggulan sekolah untuk meningkatkan daya saing dalam ranah industri pendidikan. Penelitian ini juga mengungkap adanya korelasi antara brand image dan kualitas tenaga pendidik dengan keputusan siswa. Semakin berkualitas tenaga pendidik yang disediakan SMP Darul Faqih mampu meningkatkan minat calon siswa untuk mendaftar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdillah, W., & Herawati, A. (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran (7p) Terhadap Pengambilan Keputusan Siswa Dalam Memilih Sekolah Berbasis Entrepreneur (Studi pada SMA Muhammadiyah 9 Surabaya). Jurnal Ilmiah Administrasi Bisnis dan Inovasi, 2(2), 309–325. https://doi.org/10.25139/jai.v2i2.1338

Alfarizi, A., Alie, J., & Yustini, T. (2022). Pengaruh Brand Image, Lokasi Kampus dan Dukungan Fasilitas Terhadap Keputusan Mahasiswa Dalam Memilih Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Kota Palembang. JUMBIWIRA : Jurnal Manajemen Bisnis Kewirausahaan, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.56910/jumbiwira.v1i2.60

Ampera, P. D. D., Rangkuti, I. N., & Wahidah, D. S. (2023). Konsumen Dalam Prespektif Pendidikan. Penerbit CV. SARNU UNTUNG.

Dwiyama, F., & R, N. (2020). The Role Of Stakeholder In Building A Brand Image At Madrasah Aliyah. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(3), Article 3. https://doi.org/ Harisatunisa, H., & Muslimah, E. (2024). School Branding Management: Pengelolaan Merek melalui Kurikulum Berbasis Budaya Lokal Batik. J-MPI (Jurnal Manajemen Pendidikan Islam), 9(1), Article 1. https://doi.org/10.18860/jmpi.v9i1.2371310.31538/ndh.v5i3.1002

Hasanah, H., & Harisantoso, J. (2020). Pengaruh Kinerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Guru Di Mts Negeri 1 Situbondo. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 7(2), Article 2. https://doi.org/10.47668/pkwu.v7i2.33

KOTLER, P. (2004). Manajemen Pemasaran Edisi Milenium Jilid 1. Indeks.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Alih Bahasa oleh Bob Sabran (12th ed., Vol. 1). Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran (12th ed.). PT. Indeks.

Krisbiyanto, A., & Nadhifah, I. (2022). Pengaruh Lokasi dan Citra Sekolah Terhadap Keputusan Siswa Memilih Sekolah di Sekolah Menengah Atas Negeri. Academicus: Journal of Teaching and Learning, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.59373/academicus.v1i1.4

Lase, B. P. (2021). Pengaruh Profil Guru Terhadap Minat Belajar Siswa. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 4(1), Article 1. https://doi.org/10.31004/jrpp.v4i1.3283

Mahmudah, N., & Faidah, Y. A. (2020). Pengaruh Akreditasi Prodi, Motivasi, Fasilitas Pendidikan Dan Reputasi Pendidik Terhadap Keputusan Mahasiswa Dalam Memilih Program Studi Sarjana Terapan Akuntansi Sektor Publik Pada Politeknik Harapan Bersama Tegal (Studi Empiris Pada Mahasiswa Program Studi Sarjana Terapan Akuntansi Sektor Publik di Politeknik Harapan Bersama ). Account : Jurnal Akuntansi, Keuangan dan Perbankan, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.32722/acc.v7i1.2843

Manurung, N. G., Gultom, B. T., & Simamora, B. A. (2023). Pengaruh Brand Image Universitas Hkbp Nommensen Pematang Siantar dan Minat Terhadap Keputusan Mahasiswa Kuliah Di Universitas Hkbp Nommensen Pematangsiantar. Pengembangan Penelitian Pengabdian Jurnal Indonesia (P3JI), 1(4), Article 4.

Mujib, F., & Saptiningsih, T. (2021). School Branding: Strategi di Era Disruptif. Bumi Aksara.

Murti, T. K. (2019). Pengaruh Brand Image, Promosi dan Biaya Pendidikan Terhadap Keputusan Mahasiswa Melanjutkan Studi Pada Program Studi Pendidikan Ekonomi. Edunomic : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 7(2), Article 2. https://doi.org/10.33603/ejpe.v7i2.1969

Noor, M. (2020). Guru Profesional dan Berkualitas. Alprin.

Ode Amaluddin, D. L. O. A. (2021). Kinerja Guru Profesional Konsep Dan Penerapannya. Amerta Media.

Purnamasari, Y., Setyadji, V., & Ashfahani, S. (2020). Strategi Pemasaran dalam Membangun Brand Image pada Sekolah Aluna Montessori Jakarta. 12 (01). https://scholar.archive.org/work/7mitchscejdvvl5xjhwz5cmmqm/access/wayback/http://journal.stikom-ima.ac.id/jurnal-stikom/index.php/jikom1/article/download/115/93

Rohman, H. (2020). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Madinasika Manajemen Pendidikan Dan Keguruan, 1(2), Article 2.

Sibagariang, S. A., Damanik, A. P., & Siagian, L. (2022). Pengaruh Brand Image dan Minat terhadap Keputusan Siswa Sekolah di SMP Negeri 2 Jawa Maraja Bah Jambi. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), Article 3.

Sudirjo, F., Jauhar, N., Nurchayati, Ashari, A., Sari, H., Siagawati, M., Mas’ud, A. A., Herdiansyah, D., Supyansuri, C., & Idrus, I. (2023). Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan: Konsep, Model, dan Implementasi. Get Press Indonesia.

Supardi. (2013). Kinerja Guru. Rajawali Pers.

Susanti, F., Mustar, S., & Sumarto, S. (2024). Brand Image dan Strategi Promosi Sekolah dalam Menarik Minat Peserta Didik Baru Pada Madrasah Aliyah Negeri 1 Kepahiang [Masters, Pascasarjana IAIN Curup]. https://e-theses.iaincurup.ac.id/6286/

Syamiya, E. N., Yunarti, T., Nurcahyawati, E., Wahab, A. Y. L., Sutriyanti, N. K., Fahmi, R., Nuraini, H., Fachrurrozy, A., Siahaan, E. W. B., Wahab, A. S. L., Widiarti, A., Marhamah, Siswanti, D. N., Prihastari, E. B., Kurniawan, A., Jalal, N. M., Hamid, Y. H., & Cahyati, S. S. (2022). Inovasi Pembelajaran “Peningkatan Kualitas Guru.” Yayasan Wiyata Bestari Samasta.

Veirissa, A. H. (2021). Kualitas Guru di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 4(1), Article 1.

Downloads

Published

2024-10-24

How to Cite

Fauzie, N. A., & Abidin, M. (2024). Pengaruh Brand Image dan Kualitas Tenaga Pendidik terhadap Keputusan Calon Siswa Melanjutkan Studi. Journal of Education Research, 5(4), 5091–5102. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.772

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check

Most read articles by the same author(s)