Pengaruh Brand Image dan Kualitas Tenaga Pendidik terhadap Keputusan Calon Siswa Melanjutkan Studi
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.772Keywords:
Brand Image, Kualitas Tenaga Pendidik, Minat Calon SiswaAbstract
Brand image merupakan hal yang perlu diperhatikan dalam setiap lembaga pendidikan sebab hal ini merupakan salah satu upaya untuk mengukur kualitas lembaga pendidikan untuk meningkatkan kualitas belajar siswa. Hal tersebut juga didukung oleh kemampuan kinerja guru sebagai Sumber Daya Manusia dalam lembaga Pendidikan. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengaruh antara brand image sekolah dan kinerja tenaga pendidik terhadap keputusan calon siswa melanjutkan studi di SMP Darul Faqih Malang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan sumber data berupa hasil angket yang disebarkan kepada responden yakni siswa kelas 7 Angkatan 2022/2023 sejumlah 30 siswa. Berdasarkan hasil penelitian melalui uji F Anova dan uji koefisiensi R Square menunjukkan bahwa brand image dan kualitas tenaga pendidik di SMP Darul Faqih dapat mempengengaruhi keputusan calon siswa memlilih SMP Darul Faqih untuk melanjutkan studi. Adanya Brand image dan kualitas tenaga pendidik dapat dijadikan sebagai nilai keunggulan sekolah untuk meningkatkan daya saing dalam ranah industri pendidikan. Penelitian ini juga mengungkap adanya korelasi antara brand image dan kualitas tenaga pendidik dengan keputusan siswa. Semakin berkualitas tenaga pendidik yang disediakan SMP Darul Faqih mampu meningkatkan minat calon siswa untuk mendaftar.
Downloads
References
Abdillah, W., & Herawati, A. (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran (7p) Terhadap Pengambilan Keputusan Siswa Dalam Memilih Sekolah Berbasis Entrepreneur (Studi pada SMA Muhammadiyah 9 Surabaya). Jurnal Ilmiah Administrasi Bisnis dan Inovasi, 2(2), 309–325. https://doi.org/10.25139/jai.v2i2.1338
Alfarizi, A., Alie, J., & Yustini, T. (2022). Pengaruh Brand Image, Lokasi Kampus dan Dukungan Fasilitas Terhadap Keputusan Mahasiswa Dalam Memilih Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Kota Palembang. JUMBIWIRA : Jurnal Manajemen Bisnis Kewirausahaan, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.56910/jumbiwira.v1i2.60
Ampera, P. D. D., Rangkuti, I. N., & Wahidah, D. S. (2023). Konsumen Dalam Prespektif Pendidikan. Penerbit CV. SARNU UNTUNG.
Dwiyama, F., & R, N. (2020). The Role Of Stakeholder In Building A Brand Image At Madrasah Aliyah. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(3), Article 3. https://doi.org/ Harisatunisa, H., & Muslimah, E. (2024). School Branding Management: Pengelolaan Merek melalui Kurikulum Berbasis Budaya Lokal Batik. J-MPI (Jurnal Manajemen Pendidikan Islam), 9(1), Article 1. https://doi.org/10.18860/jmpi.v9i1.2371310.31538/ndh.v5i3.1002
Hasanah, H., & Harisantoso, J. (2020). Pengaruh Kinerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Guru Di Mts Negeri 1 Situbondo. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 7(2), Article 2. https://doi.org/10.47668/pkwu.v7i2.33
KOTLER, P. (2004). Manajemen Pemasaran Edisi Milenium Jilid 1. Indeks.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Alih Bahasa oleh Bob Sabran (12th ed., Vol. 1). Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran (12th ed.). PT. Indeks.
Krisbiyanto, A., & Nadhifah, I. (2022). Pengaruh Lokasi dan Citra Sekolah Terhadap Keputusan Siswa Memilih Sekolah di Sekolah Menengah Atas Negeri. Academicus: Journal of Teaching and Learning, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.59373/academicus.v1i1.4
Lase, B. P. (2021). Pengaruh Profil Guru Terhadap Minat Belajar Siswa. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 4(1), Article 1. https://doi.org/10.31004/jrpp.v4i1.3283
Mahmudah, N., & Faidah, Y. A. (2020). Pengaruh Akreditasi Prodi, Motivasi, Fasilitas Pendidikan Dan Reputasi Pendidik Terhadap Keputusan Mahasiswa Dalam Memilih Program Studi Sarjana Terapan Akuntansi Sektor Publik Pada Politeknik Harapan Bersama Tegal (Studi Empiris Pada Mahasiswa Program Studi Sarjana Terapan Akuntansi Sektor Publik di Politeknik Harapan Bersama ). Account : Jurnal Akuntansi, Keuangan dan Perbankan, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.32722/acc.v7i1.2843
Manurung, N. G., Gultom, B. T., & Simamora, B. A. (2023). Pengaruh Brand Image Universitas Hkbp Nommensen Pematang Siantar dan Minat Terhadap Keputusan Mahasiswa Kuliah Di Universitas Hkbp Nommensen Pematangsiantar. Pengembangan Penelitian Pengabdian Jurnal Indonesia (P3JI), 1(4), Article 4.
Mujib, F., & Saptiningsih, T. (2021). School Branding: Strategi di Era Disruptif. Bumi Aksara.
Murti, T. K. (2019). Pengaruh Brand Image, Promosi dan Biaya Pendidikan Terhadap Keputusan Mahasiswa Melanjutkan Studi Pada Program Studi Pendidikan Ekonomi. Edunomic : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 7(2), Article 2. https://doi.org/10.33603/ejpe.v7i2.1969
Noor, M. (2020). Guru Profesional dan Berkualitas. Alprin.
Ode Amaluddin, D. L. O. A. (2021). Kinerja Guru Profesional Konsep Dan Penerapannya. Amerta Media.
Purnamasari, Y., Setyadji, V., & Ashfahani, S. (2020). Strategi Pemasaran dalam Membangun Brand Image pada Sekolah Aluna Montessori Jakarta. 12 (01). https://scholar.archive.org/work/7mitchscejdvvl5xjhwz5cmmqm/access/wayback/http://journal.stikom-ima.ac.id/jurnal-stikom/index.php/jikom1/article/download/115/93
Rohman, H. (2020). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Madinasika Manajemen Pendidikan Dan Keguruan, 1(2), Article 2.
Sibagariang, S. A., Damanik, A. P., & Siagian, L. (2022). Pengaruh Brand Image dan Minat terhadap Keputusan Siswa Sekolah di SMP Negeri 2 Jawa Maraja Bah Jambi. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), Article 3.
Sudirjo, F., Jauhar, N., Nurchayati, Ashari, A., Sari, H., Siagawati, M., Mas’ud, A. A., Herdiansyah, D., Supyansuri, C., & Idrus, I. (2023). Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan: Konsep, Model, dan Implementasi. Get Press Indonesia.
Supardi. (2013). Kinerja Guru. Rajawali Pers.
Susanti, F., Mustar, S., & Sumarto, S. (2024). Brand Image dan Strategi Promosi Sekolah dalam Menarik Minat Peserta Didik Baru Pada Madrasah Aliyah Negeri 1 Kepahiang [Masters, Pascasarjana IAIN Curup]. https://e-theses.iaincurup.ac.id/6286/
Syamiya, E. N., Yunarti, T., Nurcahyawati, E., Wahab, A. Y. L., Sutriyanti, N. K., Fahmi, R., Nuraini, H., Fachrurrozy, A., Siahaan, E. W. B., Wahab, A. S. L., Widiarti, A., Marhamah, Siswanti, D. N., Prihastari, E. B., Kurniawan, A., Jalal, N. M., Hamid, Y. H., & Cahyati, S. S. (2022). Inovasi Pembelajaran “Peningkatan Kualitas Guru.” Yayasan Wiyata Bestari Samasta.
Veirissa, A. H. (2021). Kualitas Guru di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 4(1), Article 1.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Nadya Amri Fauzie, Munirul Abidin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).