Aplikasi Teori Konstruktivisme dalam Konteks Pengajaran Bahasa Asing
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.767Keywords:
konstruktivisme, Pengajaran , Bahasa AsingAbstract
Teori konstruktivisme seperti teori Piaget dicermati sebagai teori perkembangan kognitif. Teori Piaget menyatakan bahwa pelajar bahasa melakukan penemuan sendiri sehingga para pelajar dinyatakan mampu mengkonstruksi pengetahuannya sendiri. perkembangan kognitif merupakan suatu proses genetik, yaitu proses yang didasarkan atas mekanisme biologis dalam bentuk perkembangan sistem syaraf. Makin bertambah umur seseorang, makin komplekslah susunan sel syarafnya dan makin meningkat pula kemampuannya. Kegiatan belajar terjadi seturut dengan pola tahap-tahap perkembangan tertentu dan umur seseorang, sehingga dalam pembelajaran Ba- hasa Inggris, guru harus mampu menentukan cara atau strategi mengajar yang sesuai dengan tingkat karakteristik intelektual pelajar. Dalam pembelajaran bahasa asing, yaitu Bahasa Inggris, teori ini memberikan sumbangan yang besar sehingga perlu dicermati dalam hal bagaimana aplikasi kedua teori ini di kelas Bahasa Inggris. Penelitian ini bersifat deskriptif dilakukan dengan library research melalui penelusuran literatur-literatur terdahulu. Proses penelitian kepustakaan ini dilakukan dengan menilik kajian-kajian yang ada sesuai topik yang relevan.
Downloads
References
Ahmadi, Abu dan Munawar Sholeh. 2005. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Rineka Cipta
Amineh. JR & Davatgari HA. (2015). Review of Constructivism and Social Constructivism. Journal of Social Sciences, Literature and Languages, 1 (1), 9-16
Bruning, R. H., Scraw, G. J., Norby, M. N., & Ronning, R. R. (2004). Cognitive Psychology and Instruction (4 ed.). Ohio: Prentice Hall.
Can, Tuncer. 2009. Learning and Teaching Languages Online: a constructivist approach. Novitas Royal.
Dahar, R. W. 1989. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga
Geerson, E.B. 2006. An Overview of Vyqotsky’s Language and Thought for EFL teachers. Language Institute Journal, 3: 41-61.
Masrom, U.K and Yusof, Dahlia Syahrani. 2013. English Games as a Constructivist Approach in Project Based Learning. Tenaga National University, Multimedia University
Ormrod, J.E. 2007. Educational Psychology: De- veloping Learners (sixth edition). New york: Prentice Hall.
Oxford, R.L. 2003. Language Learning Styles And Strategies:An Overview. http://web.ntpu.edu. tw/~language/workshop/read2.pdf
Poedjiadi, A. 1999. Pengantar Filsafat Ilmu bagi Pendidik. Bandung: Penerbit Yayasan Cendrawasih.
Suparno, P. 2001. Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget, Yogyakarta: Kanisius.
[Supardan, Dadang.(2016). Teori dan Praktik Kontruktivisme dalam Pembelajaran. Jurnal Edunomic, 4 (1), 80-88
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Siska Oktawidya Wati, M Zaim, Harris Effendi Thahar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).