Aplikasi Teori Konstruktivisme dalam Konteks Pengajaran Bahasa Asing

Authors

  • Siska Oktawidya Wati STKIP YDB Lubuk Alung
  • M Zaim Universitas Negeri Padang
  • Harris Effendi Thahar Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.767

Keywords:

konstruktivisme, Pengajaran , Bahasa Asing

Abstract

Teori konstruktivisme seperti teori Piaget dicermati sebagai teori perkembangan kognitif. Teori Piaget menyatakan bahwa pelajar bahasa melakukan penemuan sendiri sehingga para pelajar dinyatakan mampu mengkonstruksi pengetahuannya sendiri. perkembangan kognitif merupakan suatu proses genetik, yaitu proses yang   didasarkan   atas mekanisme biologis dalam bentuk perkembangan sistem syaraf. Makin bertambah umur seseorang, makin  komplekslah  susunan  sel  syarafnya dan makin  meningkat  pula  kemampuannya. Kegiatan belajar terjadi seturut dengan pola tahap-tahap perkembangan tertentu dan umur seseorang, sehingga dalam pembelajaran Ba- hasa Inggris, guru harus mampu menentukan cara atau strategi mengajar yang sesuai dengan tingkat karakteristik intelektual pelajar. Dalam pembelajaran bahasa asing, yaitu Bahasa Inggris, teori ini memberikan sumbangan yang besar sehingga perlu dicermati dalam hal bagaimana aplikasi kedua teori ini di kelas Bahasa Inggris.  Penelitian ini bersifat deskriptif dilakukan dengan library research melalui penelusuran literatur-literatur terdahulu. Proses penelitian kepustakaan ini dilakukan dengan menilik kajian-kajian yang ada sesuai topik yang relevan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, Abu dan Munawar Sholeh. 2005. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Rineka Cipta

Amineh. JR & Davatgari HA. (2015). Review of Constructivism and Social Constructivism. Journal of Social Sciences, Literature and Languages, 1 (1), 9-16

Bruning, R. H., Scraw, G. J., Norby, M. N., & Ronning, R. R. (2004). Cognitive Psychology and Instruction (4 ed.). Ohio: Prentice Hall.

Can, Tuncer. 2009. Learning and Teaching Languages Online: a constructivist approach. Novitas Royal.

Dahar, R. W. 1989. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga

Geerson, E.B. 2006. An Overview of Vyqotsky’s Language and Thought for EFL teachers. Language Institute Journal, 3: 41-61.

Masrom, U.K and Yusof, Dahlia Syahrani. 2013. English Games as a Constructivist Approach in Project Based Learning. Tenaga National University, Multimedia University

Ormrod, J.E. 2007. Educational Psychology: De- veloping Learners (sixth edition). New york: Prentice Hall.

Oxford, R.L. 2003. Language Learning Styles And Strategies:An Overview. http://web.ntpu.edu. tw/~language/workshop/read2.pdf

Poedjiadi, A. 1999. Pengantar Filsafat Ilmu bagi Pendidik. Bandung: Penerbit Yayasan Cendrawasih.

Suparno, P. 2001. Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget, Yogyakarta: Kanisius.

[Supardan, Dadang.(2016). Teori dan Praktik Kontruktivisme dalam Pembelajaran. Jurnal Edunomic, 4 (1), 80-88

Downloads

Published

2023-12-28

How to Cite

Wati, S. O., Zaim, M., & Thahar, H. E. (2023). Aplikasi Teori Konstruktivisme dalam Konteks Pengajaran Bahasa Asing. Journal of Education Research, 4(4), 2480–2485. https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.767

Issue

Section

Articles