Pengaruh Kreativitas Handycraft terhadap Kemampuan Motorik Halus dalam Pendidikan Inklusi di SD Muhammadiyah 1 & 2 Taman

Authors

  • Alvina Nanda Setiaputri Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Indonesia
  • Jesica Dwi Rahmayanti Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Indonesia
  • Nur Laili Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Indonesia
  • Zudan Rosyadi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.752

Keywords:

Handycraft, Motorik Halus, Pendidikan Inklusi

Abstract

Kemampuan motorik halus penting untuk dikuasai siswa berkebutuhan khusus, sebab segala aktivitas yang dilakukan anak-anak akan melibatkan gerakan motorik halus seperti: memegang sendok, menggunting, menggosok gigi, dan yang lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kreativitas handycraft terhadap kemampuan motorik halus dalam pendidikan inklusi di SD Muhammadiyah 1&2Taman. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan jenis one group pre-test post-test design. Subjek pada penelitian ini sebanyak 6 siswa inklusi di SD Muhammadiyah 1&2 Taman. Dilakukannya observasi untuk mendapatkan informasi sebelum dan sesudah diberikan perlakuan (treatment) yang berupa handycraft. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yakni berupa tes kemampuan motoric halus. Teknik analisis data yang dipergunakan pada penelitian ini yaitu uji normalitas, uji hipotesis dan uji homogenitas. Dari hasil yang sudah ada, ditemukan adanya pengaruh sebelum dan sesudah melakukan kegiatan handycraft pada kemampuan motorik halus. Hal tersebut, dapat diamati dari hasil uji hipotesis sebesar 0,580 < 0,05, jadi bisa disimpulkan bahwa adanya pengaruh antara variabel motorik halus dengan variabel handycraft.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, Ahmadi. 2022. “Kreativitas Siswa Melalui Talent Class Di SMPIT Ruhul Jadid Tangerang, Banten.” Institut PTIQ Jakarta.

Anjarsari, Anggun Dyah, Mohammad Efendy, and Sulthoni. 2018. “Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi Pada Jenjang SD, SMP, Dan SMA Di Kabupaten Sidoarjo.” Jurnal Pendidikan Inklusi 1(2).

Arimbi, Yurike Dwi, Sri Saparahayuningsih, and Mona Ardina. 2018. “Meningkatkan Perkembangan Kognitif Melalui Kegiatan Mind Mapping.” Jurnal Ilmiah Potensia 3(1).

Arriani, Farah et al. 2021. Panduan Pelaksanaan Pendidikan Inklusi. Jakarta: Pusat Kurikulum Dan Perbukuan Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi.

Baan, Addriana Bulu, Hendriana Sri Rejeki, and Nurhayati. 2020. “Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini.” Jurnal Bungamputi 6(1).

Balgies, Soffy. 2021. Desain Intervensi Psikologi Merancang Pelatihan Dan Kegiatan Harian. Sidoarjo: Zifatama Jawara.

Damri. 2019. Panduan Pembelajaran Inklusi Di Sekolah Menengah Pertama. Malang: CV IRDH.

Deycres, UKM-F. 2019. Kompilasi Karya Ilmiah UKM-F Dycres 2019. Jawa Tengah: PT Nasya Expanding Management.

Fitria, Dewi, Dewi Septi Anjas Wulan, and Dinda Yarshal. 2018. “Pengaruh Kegiatan Handicraft Terhadap Motorik Halus Anak TK Kelompok B Di TK Karunia Kecamatan Tuntungan.” Jurnal Tarbiyah 25(2).

Khadijah, and Nurul Amelia. 2020. Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Kristiana, Ika Febrian, and Costrie Ganes Widayanti. 2016. Buku Ajar Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. Semarang: UNDIP Press.

Maita, and Subhan. 2018. “Peningkatan Ketrampilan Motorik Halus Melalui Kegiatan Kerajinan Tangan.” Jurnal Tunas Cendekia 1(1).

Miftakhi, Diah Rina, and Maulina Hendrik. 2019. “Tingkat Kreativitas Siswa Berkebutuhan Khusus Di Slb Ypac Kota Pangkalpinang.” Jurnal JPSD 6(2).

Muhibbin, Maulana Arif. 2021. “Tantangan Dan Strategi Pendidikan Inklusi Di Perguruan Tinggi Di Indonesia: Literature Review.” Jurnal Pendidikan Inklusi 4(2).

Nuraini, Amalia Rizki. 2019. “Pelaksanaan Program Pengembangan Motorik Halus Bagi Anak Autis Di Laboratarium Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.” Jurnal Widia Ortodidaktika 8(4).

Nurfadhillah, Septy. 2021a. Mengenal Pendidikan Inklusi Di Sekolah Dasar. Jawa Barat: CV Jejak Anggota IKAPI. 2021b. Pendidikan Inklusi Tingkat SD. Jawa Barat: CV Jejak Anggota IKAPI.

Nurul Hasanah, and Itriyah. 2023. “Keterampilan Kerajinan Tangan Dalam Meningkatkan Motorik Halus Pada Anak Autis Kelas Iv Di Slb-C Autis Pelita Hati Palembang.” ADIMA Jurnal Awatara Pengabdian Kepada Masyarakat 1(1): 1–14.

Pratama, Satria Artha, and Rita Intan Permatasari. 2021. “Pengaruh Penerapan Standar Operasional Prosedur Dan Kompetensi Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Divisi Ekspor Pt. Dua Kuda Indonesia.” Jurnal Ilmiah M-Progress 11(1).

Purwantiningsih, Budi, and M. Rasikhul Islam. 2017. “Pengembangan Kreativitas Anak Asuh Melalui Handycraft Panti Asuhan Al-Amin Geluran Taman Sidoarjo.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1(1).

Puryanti, and Anti Isnaningsih. 2022. “Pengaruh Kegiatan Art Craft Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun.” Journal Of Early Childhood 5(1).

Siregar, Syofian. 2015. Statistika Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif Dilengkapi Dengan Perhitungan Manual Dan Aplikasi SPSS Versi 17. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Sukamti, Endang Rini. 2018. Perkembangan Motorik. Yogyakarta: UNY Press.

Sukanti. 2011. “Penilaian Afektif Dalam Pembelajaran Akuntansi.” Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia IX(1).

Waslimah, Elisa, Melvi Lesmana Alim, and Syahrial. 2020. “Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Dengan Metode Demonstrasi Dalam Pemanfaatan Bahan Bekas.” Journal Of Education Research 1(3).

Yuliana, S. P, S. A Ramli, and H Hajeni. 2020. “Peningkatan Keterampilan Motorik Halus Melalui Kegiatan Meronce Pada Kelompok B Taman Kanak-Kanak PKK To’Lemo Kabupaten Luwu.” Tematik: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini 6(2).

Downloads

Published

2024-10-20

How to Cite

Setiaputri, A. N., Rahmayanti, J. D., Laili, N., & Rosyadi, Z. (2024). Pengaruh Kreativitas Handycraft terhadap Kemampuan Motorik Halus dalam Pendidikan Inklusi di SD Muhammadiyah 1 & 2 Taman. Journal of Education Research, 5(4), 4998–5005. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.752

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check