Status Profesi Guru Bimbingan dan Konseling di Sekolah
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v3i2.75Keywords:
Pelayanan BK, Guru BK, Status BKAbstract
Profesi guru di Indonesia berada pada situasi yang masih sulit. Pada satu sisi guru dituntut untuk professional dalam menjalankan tugasnya, tetapi pada sisi lain sebagian besar guru masih perlu berjuang untuk dapat memenuhi kebutuhan dasar yang tidak tercukupi dengan penghasilannya sebagai guru. Tujuan penelitian ini yaitu mendalami seberapa besar status profesi guru BK di sekolah, yang akan berdampak pada proses pendidikan peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah Library Research atau studi kepustakaan, dengan fokus pembahasan pada professional guru BK di sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek dan indikator kompetensi profesional yang harus dikuasai seorang guru BK diantaranya mereka harus menguasai konsep untuk dapat memahami kondisi kebutuhan dan masalah yang dialami peserta didik sebagai klien mereka, mampu mengatministrasi segala instrumen yang berkaitan dengan proses pemberian layanan dan sebagainya.
Downloads
References
Anggraini, S. (2017). Peran Supervisi Bk Untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru BK. Prosiding Seminar Bimbingan Dan Konseling, 1(1), 332–341.
Bahri, S. (2020). Studi Evaluasi Kinerja Guru Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jurnal Pencerahan, 14(1), 39–61. http://jurnalpencerahan.org/index.php/jp/article/view/43.
Djaelani, Bisri Mustofa. (2010). Etika Profesi Guru. Jakarta : PT. Multi Kreasi Satudelapan.
Hamid, A. (2017). Guru Professional. Al-Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman Dan Kemasyarakatan, 17(32), 274–275. http://ejurnal.staialfalahbjb.ac.id/index.php/alfalahjikk/article/view/26
Hasibuan, R. A. (2019). Profesionalisme Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Menyusun Program Semester Di MTs N 1 Medan. http://repository.uinsu.ac.id/8248/
Hidayat, D. R., Badrujaman, A., & Suryarsi, S. (2019). Kinerja Guru Bimbingan dan Konseling SMP di Sub Rayon 01 Kota Bekasi. INSIGHT: Jurnal Bimbingan Konseling, 8(1), 51–64. https://doi.org/10.21009/insight.081.05
Muhson, A. (2004). Meningkatkan Profesionalisme Guru: Sebuah Harapan. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 1(2).
Nurhayati, N., & Nurfarida PW, S. (2018). Optimalisasi Peran Dan Fungsi Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Implementasi Kurikulum 13. 2(1), 49–56.
Permana, S. A. (2020). Peran Guru BK dalam Meningkatkan Keterampilan Belajar dan Motivasi Belajar Siswa. Syifaul Qulub: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 1(2), 61–69. https://doi.org/10.32505/syifaulqulub.v1i2.2425.
Rosmawati, R., Ahyani, N., & Missriani, M. (2020). Pengaruh Disiplin dan Profesionalisme Guru terhadap Kinerja Guru. Journal of Education Research, 1(3), 200-205.
Sari, R. K. (2021). Penelitian Kepustakaan Dalam Penelitian Pengembangan Pendidikan Bahasa Indonesia. Jurnal Borneo Humaniora, 4(2), 60–69. http://jurnal.borneo.ac.id/index.php/borneo_humaniora/article/view/2249.
Supriadi, O. (2008). Profesi guru dan langkah pengembangannya. Jurnal Tabularasa, 5(1), 35-54.
Saat, S. (2014). Guru : status dan kedudukannya di sekolah dan dalam masyarakat. ALAUDINA l : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 1(1), 102-113.
Yunus, M. (2016). Profesionalisme guru dalam peningkatan mutu pendidikan. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 19(1), 112-128.
Maiza, Z., & Nurhafizah, N. (2019). Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 356-465.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2022 Nuruzahra Luthfillah, Heti Zakiyyah, Riska Wulandari, Risbon Sianturi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).