Status Profesi Guru Bimbingan dan Konseling di Sekolah

Authors

  • Risbon Sianturi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Nuruzahra Luthfillah Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Heti Zakiyyah Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Riska Wulandari Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v3i2.75

Keywords:

Pelayanan BK, Guru BK, Status BK

Abstract

Profesi guru di Indonesia berada pada situasi yang masih sulit. Pada satu sisi guru dituntut untuk professional dalam menjalankan tugasnya, tetapi pada sisi lain sebagian besar guru masih perlu berjuang untuk dapat memenuhi kebutuhan dasar yang tidak tercukupi dengan penghasilannya sebagai guru. Tujuan penelitian ini yaitu mendalami seberapa besar status profesi guru BK di sekolah, yang akan berdampak pada proses pendidikan peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah Library Research atau studi kepustakaan, dengan fokus pembahasan pada professional guru BK di sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek dan indikator kompetensi profesional yang harus dikuasai seorang guru BK diantaranya mereka harus menguasai konsep untuk dapat memahami kondisi kebutuhan dan masalah yang dialami peserta didik sebagai klien mereka, mampu mengatministrasi segala instrumen yang berkaitan dengan proses pemberian layanan dan sebagainya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraini, S. (2017). Peran Supervisi Bk Untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru BK. Prosiding Seminar Bimbingan Dan Konseling, 1(1), 332–341.

Bahri, S. (2020). Studi Evaluasi Kinerja Guru Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jurnal Pencerahan, 14(1), 39–61. http://jurnalpencerahan.org/index.php/jp/article/view/43.

Djaelani, Bisri Mustofa. (2010). Etika Profesi Guru. Jakarta : PT. Multi Kreasi Satudelapan.

Hamid, A. (2017). Guru Professional. Al-Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman Dan Kemasyarakatan, 17(32), 274–275. http://ejurnal.staialfalahbjb.ac.id/index.php/alfalahjikk/article/view/26

Hasibuan, R. A. (2019). Profesionalisme Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Menyusun Program Semester Di MTs N 1 Medan. http://repository.uinsu.ac.id/8248/

Hidayat, D. R., Badrujaman, A., & Suryarsi, S. (2019). Kinerja Guru Bimbingan dan Konseling SMP di Sub Rayon 01 Kota Bekasi. INSIGHT: Jurnal Bimbingan Konseling, 8(1), 51–64. https://doi.org/10.21009/insight.081.05

Muhson, A. (2004). Meningkatkan Profesionalisme Guru: Sebuah Harapan. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 1(2).

Nurhayati, N., & Nurfarida PW, S. (2018). Optimalisasi Peran Dan Fungsi Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Implementasi Kurikulum 13. 2(1), 49–56.

Permana, S. A. (2020). Peran Guru BK dalam Meningkatkan Keterampilan Belajar dan Motivasi Belajar Siswa. Syifaul Qulub: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 1(2), 61–69. https://doi.org/10.32505/syifaulqulub.v1i2.2425.

Rosmawati, R., Ahyani, N., & Missriani, M. (2020). Pengaruh Disiplin dan Profesionalisme Guru terhadap Kinerja Guru. Journal of Education Research, 1(3), 200-205.

Sari, R. K. (2021). Penelitian Kepustakaan Dalam Penelitian Pengembangan Pendidikan Bahasa Indonesia. Jurnal Borneo Humaniora, 4(2), 60–69. http://jurnal.borneo.ac.id/index.php/borneo_humaniora/article/view/2249.

Supriadi, O. (2008). Profesi guru dan langkah pengembangannya. Jurnal Tabularasa, 5(1), 35-54.

Saat, S. (2014). Guru : status dan kedudukannya di sekolah dan dalam masyarakat. ALAUDINA l : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 1(1), 102-113.

Yunus, M. (2016). Profesionalisme guru dalam peningkatan mutu pendidikan. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 19(1), 112-128.

Maiza, Z., & Nurhafizah, N. (2019). Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 356-465.

Downloads

Published

2022-06-08

How to Cite

Sianturi, R. ., Luthfillah, N., Zakiyyah, H. ., & Wulandari, R. (2022). Status Profesi Guru Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Journal of Education Research, 3(2), 42–47. https://doi.org/10.37985/jer.v3i2.75

Issue

Section

Articles

Citation Check