Analisis Perencanaan Karier Siswa pada Kurikulum Merdeka Belajar dan Kaitannya dengan Program BK di Sekolah
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.738Keywords:
Karier, Kurikulum Merdeka, Program BKAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dan kualitatif dengan metode survey, wawancara dan dokumentasi. Populasi penelitian yaitu siswa kelas X SMA Negeri 1 Pekanbaru yang berjumlah 420 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan stratified random sampling menggunakan rumus Slovin yang berjumlah 205 siswa. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan menyebar instrument penelitian angket skala perencanan karier yang diberikan kepada siswa kelas X dan wawancara dengan guru BK di sekolah. Dari data yang didapatkan melalui survey angket kepada siswa dapat ditarik kesimpulan bahwa Sebagian besar siswa SMA Negeri 1 Pekanbaru sudah berada pada kategori baik. Sedangkan untuk layanan bimbimbingan karier yang diberikan oleh guru BK sebanyak 15 jenis layanan dengan pelaksaan yang terfokus pada perencanaan pemilihan peminatan siswa
Downloads
References
Agustina, T. P., Hartini, H., & Fadilla, F. (2023). Analisis Pemahaman Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Kurikulum Merdeka di MAN Rejang Lebong (Doctoral dissertation, Institut Agama Islam Negeri Curup).
Amelia, T. P., & Masril, M. (2023). Strategi Penerapan Layanan Bimbingan Dan Konseling Karir Pada Sekolah Menegah Atas Berbasis Islam Di Kurikulum Merdeka. Ghaidan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam dan Kemasyarakatan, 7(1), 110-114.
Anggraena, Yogi, dkk..(2022). Kajian Akademik Kurikulum untuk Pemulihan Pembelajaran.BSKAP Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi
Anggraena, Yogi, dkk..(2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah. BSKAP Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.
Arkunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta
Arlizon, R., Saam, Z., & Donal, D. (2018). Kontribusi Konsep Diri Fisik Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Perencanaan Karier Siswa Kelas Xi Smkn Se-Kota Pekanbaru. Tunjuk Ajar: Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 1(2), 75-87.
Aryanto, A, dkk.. (2022) Panduan Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan. BSKAP Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.
Aulia, D. (2022). Penyusunan Program BK di Tingkat SMA. Education & Learning, 2(2), 92-97.
Cahyono, T. (2022). Layanan Peminatan Pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Bimbingan dan Konseling Borneo, 4(2).
Dodd, V., Hanson, J., & Hooley, T. (2022). Increasing students’ career readiness through career guidance: measuring the impact with a validated measure. British Journal of Guidance & Counselling, 50(2), 260-272.
Efektivitas pelatihan perencanaan karir terhadap peningkatan efikasi diri dalam pengambilan keputusan karir. Jurnal Psikologi Tabularasa, 10(1), 70-88.
Hamzah, S. R. A., Kai Le, K., & Musa, S. N. S. (2021). The mediating role of career decision self-efficacy on the relationship of career emotional intelligence and self-esteem with career adaptability among university students. International Journal of Adolescence and Youth, 26(1), 83-93.
Hastuti, W.W. (2004). Bimbingan dan Konseling di Institut Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.
Hidayah, F., Rezi, M., Mutiara, T., dan Purnamasari, N. (2022). Panduan Implementasi Bimbingan dan Konseling. BSKAP Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.
Hidayati, N. W. (2014). Pengaruh layanan informasi studi lanjut terhadap perencanaan karir siswa. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 12(1), 94-101.
Ingarianti, T. M., & Purwaningrum, R. (2018). Teori dan praktik konseling karier integratif. Bandung: PT Refika Aditama.
Jacobus Gideon Maree & Grace Makunja Magere (2023). The influence of group career construction counselling on Tanzanian high school students’ career decisionmaking difficulties, International Journal of Adolescence and Youth, 28:1, 2190809, DOI: 10.1080/02673843.2023.2190809
Juniardi, W. (2023). Pembahasan Kurikulum Merdeka SMA Lengkap dengan Struktur dan Alokasi Waktu”. Quipper Blog direlis pada Januari, 8, 2023.
Lazim, Lazim (2017). Landasan Pendidikan. Universitas Riau
Marpaung, D. N., & Yulandari, N. (2017). Kematangan karir siswa SMU Banda Aceh ditinjau dari jenis kelamin dan jenis sekolah. Psikoislamedia: Jurnal Psikologi, 1(2).
Mohammed, Z., Kumar, S., & Padakannaya, P. (2021). Well-being and career decision-making difficulties among master’s students: a simultaneous multi-Equation modeling. Cogent Psychology, 8(1), 1996700.
Morrisan, M. A. (2012). Metode penelitian survei. Kencana.
Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan konseling Sekolah Menengah Kejuruan Tahun 2016.
Putra, A. E., & Yusuf, A. (2022). Kontribusi konsep diri dan dukungan orang tua terhadap perencanaan karier siswa. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(2), 156.
Reba, Alberth Yansen dan Mataputun, Yulius. 2021. Manajemen Bimbingan dan Konseling. Jawa Tengah: Eureka Media Aksara
Sugandhi, N. M., & Yusuf, S. (2011). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sumarto. 2022. Manajemen Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah/Madrasah. Penerbit Buku Literasiologi.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Fitri Falyanita Sari, Raja Arlizon, Donal Donal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).