Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan melalui Permaianan Mencari Pasangan

Authors

  • Tuti Marlia Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Terbuka, Indonesia
  • Yenda Puspita Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Terbuka, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.656

Keywords:

Lambang Bilangan, Permainan Mencari Pasangan, Anak Usia Dini

Abstract

Usia dini merupakan masa keemasan atau golden age, dimana pada masa ini pendidikan yang diberikan sangat fundamental yang menentukan perkembangan selanjutnya. Masa ini juga merupakan masa peletak dasar pertama untuk mengembangkan seluruh kemampuan anak. Perkembangan kognitif pada anak dapat dirangsang dengan mengenalkan lambanga bilangan, sehingga anak dapat mengolah dan menggunakan lambang bilangan tersebut dalam kehidupan sehari-hari, karena itu pengenalan lambang bilangan pada anak perlu diberikan sejak dini melalui kegiatan yang menyenangkan yaitu dengan bermain. Bermain merupakan kebutuhan setiap anak atau individu, melalui bermain, anak akan memperoleh pengetahuannya sendiri dan membangun pemikirannya sendiri. Penelitian ini bertujuan Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Melalui Permainan Mencari Pasangan Pada Kelompok B dua Tk Hasanah Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru Tahun Ajaran dua ribu delapan belas.Rumusan Masalah penelitian ini adalah bagaimana Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Melalui Permainan Mencari Pasangan Pada Kelompok B dua Tk Hasanah Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru Tahun Ajaran dua ribu delapan belas. Jenis penelitian ini Penelitian Tindakan Kelas  yang dilaksanakan dengan 2 Siklus yang terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi, subjek penelitian ini Pada kelompok B TK Hasanah, Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan pemberian tugas dalam kegiatan inti, guna untuk mendapatkan informasi tentang keaktifan anak dalam mengikuti proses belajar mengajar. Setelah pelaksanaan pembelajaran teknik analisis data menggunakan model kuantitatif deskriptif. Adapun hasil penelitian ini adalah Dalam pelaksanaan pembelajaran siklus I sebanyak lima kali pertemuan hanya tiga puluh tiga persen anak yang berhasil dalam kategori nilai Berkembang Sangat Baik di akhir pertemuan. Hasil pelaksanaan perbaikan pada siklus II, terdapat peningkatan yang sangat signifikan dalam lima kali pertemuan pembelajaran mengenal lambang bilangan sebanyak sembilan puluh tiga persen anak mendapat kategori nilai Berkembang Sangat Baik di akhir pertemuan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi., dkk. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Bahri. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta:Rineka Cipta

B.E.F. Montolalu .(2005). Bermain dan Permainan Anak. Jakarta : Universitas Terbuka

Depdiknas, (2007). Pedoman Pengembangan Bidang Seni di Taman Kanak -kanak. Jakarta

Harun Rasyid, Mansyur & Suratno. (2009). Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini.Yogyakarta: Multi Pressindo.

Hartati. Sofia. (2005).Perkembangan Belajar Pada Anak Usia Dini.. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Kamtini, dan Tanjung, Husni Wardi. (2005). Bermain Melalui Gerak dan Lagu di Taman Kanak –Kanak . Jakarta: Departemen Pendidikan Nasion

Komalasari, Kokom. (2013). Pembelajaran Kontekstul : Konsep dan Aplikasi. Bandung : PT Refika Adiatama

Nurani. (2010). Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: PT Indeks.

Musfiroh. Tadkiroatun,(2012). Pengembangan Kecerdasan Majemuk.Tangerang Selatan:Univrsitas Terbuka

Moeslichatoen R. (2004). Metode Pengajaran Di Taman Kanak –Kanak. Jakarta: PT Asdi Mahasatya

Musfiroh, Tadkiroatun. (2005). Bermain Sambil Belajar dan Mengasah Kecerdasan. Jakarta. Depdiknas

Mansur. (2005). Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rusman, (2012). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru, Jakarta :RajaGrafindo Persada.

Sudaryanti, (2006). Pengenalan MatematikaAnak Usia Dini. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta

Downloads

Published

2023-05-10

How to Cite

Marlia, T., & Puspita, Y. (2023). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan melalui Permaianan Mencari Pasangan . Journal of Education Research, 4(3), 1559–1963. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.656

Issue

Section

Articles

Citation Check

Most read articles by the same author(s)