Evaluasi Model CIPP ( Context, Input, Proces, Product ) Kurikulum 2013 Spirit Implementasi Kurikulum Merdeka di Madrasah Aliyah Subulul Ikhsan Kersana
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.640Keywords:
Evaluasi CIPP, Kurikulum 2013, Spirit Kurikulum MerdekaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan Kurikulum dua ribu tiga belas Spirit Implementasi Kurikulum Merdeka Program Ilmu Pengetahuan Sosial di Madrasah Aliyah Subulul Ikhsan Kersana Tahun Pelajaran dua ribu dua puluh dua hingga dua ribu dua puluh tiga yang dievaluasi dengan model CIPP atau Coteks, Input, Proces, Product . Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan sumber data subjek dari penelitian adalah kepala madrasah, wakil kepala madrasah bidang kurikulum, guru, dan tata usaha dengan menggunakan instrumen wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan ketekunan pengamatan, disertai triangulasi yaitu sumber, metode dan teori. Analisis menggunakan tehnik analisis data kualitatif. Hasil penelitian pertama Evaluasi konteks pelaksanaan Kurikulum dua ribu tiga belas Spirit Implementasi Kurikulum Merdeka berupa lingkungan dan keadaan madrasah yang cukup mendukung, dan guru dapat memahami tentang Kurikulum dua ribu tiga belas Spirit Implementasi Kurikulum Merdeka. Kedua evaluasi input pelaksanaan Kurikulum dua ribu tiga belas Spirit Implementasi Kurikulum Merdeka berupa dokumen dan buku pedoman guru dan pegangan siswa masih belum lengkap juga sumber daya manusia atau tenaga pendidik masih lemah kualitasnya, serta sarana dan prasarana yang dimiliki madrasah ini belum terpenuhi standarisasinya, Ketiga Evaluasi proses pelaksanaan Kurikulum dua ribu tiga belas Spirit Implementasi Kurikulum Merdeka berupa persiapan pembelajaran Kurikulumdua ribu tiga belas Spirit Implementasi Kurikulum Merdeka guru masih belum maksimal. Keempat Evalusi produk pelaksanaan Kurikulum dua ribu tiga belas Spirit Implementasi Kurikulum Merdeka yaitu berupa hasil belajar siswa telah berjalan dengan baik dan sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi, dkk (2018), Evaluasi Program Pendidikan, Pedoman Teoretis, Praktis Bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan Jakarta: Bumi Aksara,
Emas Kurniasih dan Berlin Sani (2014), Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013 memahami berbagai Aspek dalam Kurikulum 2013, Kata Pena.
E. Mulyasa. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Fadillah, M. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran SD/MI, SD/MTS, dan SMA/MA. Yogyakarta : Ar-Ruzz
Hasan, Said Hamid. (2009). Evaluasi Kurikulum. Jakarta: Sekolah Pascasarjana UPI dan PT. Remaja Rosdakarya.
Moleong, Lexy J. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.
Rusman (2014), Belajar & pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Bandung, Prenadamedia Group.
Stufflebeam, Daniel L. (1983). The CIPP Model for Program Evaluation (Evaluation Models Volume 6 of the series Evaluation in Education and Human Services). Edisi Kedua. Springer Netherlands. Springer Science+Business Media B.V. Netherlands. 117-141 hal
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabetha.
Syaodih Sukmadinata, Nana. 2019. Pengembangan Kurikulum Teori Dan Praktik. Bandung: Remaja Rosdakarya.
T.G Ratumanan dan Imas Rosmiati (2018), Perencanaan Pembelajaran, Ambon: PT. Raja Grafindo Persada.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Indriyati Indriyati, Basukiyatno Basukiyatno, Suriswo Suriswo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).