Implementasi Teori Belajar Bahasa Humanistik melalui Diskusi Kelompok pada Anak PAUD
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.626Abstract
Penelitian ini mengkaji teori belajar bahasa secara humanistik diterapkan pada anak usia dini PAUD. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan penerapan teori ini untuk anak usia dini. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif, tujuannya adalah untuk mengetahui informasi secara menyeluruh. Teknik pengumpulan data melalui wawancara langsung dengan guru dan kepala sekolah di PAUD Al-Azhar. Pendidikan Anak Usia Dini adalah fase awal di mana anak-anak dapat mengembangkan kebahasaan serta melatih tingkat kepercayaan diri. Penting bagi mereka untuk mempelajari sebuah bahasa. Dari hasil penelitian ini dapat kita ketahui bahwa tugas guru PAUD adalah memberi pengajaran lebih lanjut mengenai bahasa khususnya bahasa Indonesia, memberi ajaran moral, melatih kesabaran, dan juga menciptakan suasana belajar yang menyenangkan.
Downloads
References
Amalia, A. (2020). Aplikasi Teori Kebutuhan Maslow dalam Pembelajaran Bahasa Arab (Implementasi Pendekatan Humanistik). Edulab: Majalah Ilmiah Laboratorium Pendidikan, 4(2)..
Arbayah, A. (2013). Model Pembelajaran Humanistik. Dinamika Ilmu, 13(2).
Asrori, Syamsyudin. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Pokja Akademi, 2006.
Bag, R., & Taylor, S. J. (1992). Pengantar Metode Penelitian Kualitatif, Terj. Arier Fuchan. Surabaya: Usaha Nasional.
Baharuddin dan Moh. Makin. (2011). Pendidikan Humanistik: Konsep, Teori dan Aplikasi Praksis dalam Dunia Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media (3).
Budiningsih, C. A. (2005). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Dimyati. (2002). Belajar Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Komara, Endang. (2014). Belajar dan Pembelajaran Interaktif. Bandung: PT Refrika Aditama.
Mangunwijaya, Y. B. (2001). Mencari Visi Dasar Pendidikan. Pendidikan: Kegelisahan Sepanjang Zaman. Yogyakarta: Kanisius.
Moleong J. Lexy. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nurjamal, Daeng dkk. (2014). Terampil Bahasa. Bandung: ALFABETA, CV
Sanjaya, Wina. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.
Sukayati, M. P. (2004). Pembelajaraan Tematik Di Sd Merupakan Terapan Dari Pembelajaran Terpadu. Yogyakarta, Depdiknas
Sumantri. B. A. (2019). Teori Belajar Humanistik Dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Fondatia: Jurnal Pendidikan Dasar 3(2).
Supriadie, Didi dan Deni. (2012). Komunikasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Suprihatin, S. (2017). Pendekatan Humanistik Dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 3(1), 82-104.
Suyanto, B., & Sutinah. (2006). Metode Penelitian Sosial: Berbagai Alternatif Pendekatan. Jakarta: Prenada Media Group.
Syamsyudin Asrori. (2006). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Pokja Akademi.
W. Santrock, John. (2009). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Salemba Humanika.
Winkel, W. S. (1996). Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia.
Yaumi, M. (2013). Prinsip-prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Rani Jayanti, Amilatus Sholikah, Yuwafa Faurelio Yahya, Nur Kholida Hanum, Adila Nisa Hamidah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).