Implementasi Teori Belajar Bahasa Humanistik melalui Diskusi Kelompok pada Anak PAUD

Authors

  • Rani Jayanti Universitas Islam Majapahit, Indonesia
  • Amilatus Sholikah Universitas Islam Majapahit, Indonesia
  • Yuwafa Faurelio Yahya Universitas Islam Majapahit, Indonesia
  • Nur Kholida Hanum Universitas Islam Majapahit, Indonesia
  • Adila Nisa Hamidah Universitas Islam Majapahit, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.626

Abstract

Penelitian ini mengkaji teori belajar bahasa secara humanistik diterapkan pada anak usia dini PAUD. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan penerapan teori ini untuk anak usia dini. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif, tujuannya adalah untuk mengetahui informasi secara menyeluruh. Teknik pengumpulan data melalui wawancara langsung dengan guru dan kepala sekolah di PAUD Al-Azhar. Pendidikan Anak Usia Dini adalah fase awal di mana anak-anak dapat mengembangkan kebahasaan serta melatih  tingkat kepercayaan diri. Penting bagi mereka untuk mempelajari sebuah bahasa. Dari hasil penelitian ini dapat kita ketahui bahwa tugas guru PAUD adalah memberi pengajaran lebih lanjut mengenai bahasa khususnya bahasa Indonesia, memberi ajaran moral, melatih kesabaran, dan juga menciptakan suasana belajar yang menyenangkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalia, A. (2020). Aplikasi Teori Kebutuhan Maslow dalam Pembelajaran Bahasa Arab (Implementasi Pendekatan Humanistik). Edulab: Majalah Ilmiah Laboratorium Pendidikan, 4(2)..

Arbayah, A. (2013). Model Pembelajaran Humanistik. Dinamika Ilmu, 13(2).

Asrori, Syamsyudin. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Pokja Akademi, 2006.

Bag, R., & Taylor, S. J. (1992). Pengantar Metode Penelitian Kualitatif, Terj. Arier Fuchan. Surabaya: Usaha Nasional.

Baharuddin dan Moh. Makin. (2011). Pendidikan Humanistik: Konsep, Teori dan Aplikasi Praksis dalam Dunia Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media (3).

Budiningsih, C. A. (2005). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati. (2002). Belajar Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Komara, Endang. (2014). Belajar dan Pembelajaran Interaktif. Bandung: PT Refrika Aditama.

Mangunwijaya, Y. B. (2001). Mencari Visi Dasar Pendidikan. Pendidikan: Kegelisahan Sepanjang Zaman. Yogyakarta: Kanisius.

Moleong J. Lexy. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nurjamal, Daeng dkk. (2014). Terampil Bahasa. Bandung: ALFABETA, CV

Sanjaya, Wina. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Sukayati, M. P. (2004). Pembelajaraan Tematik Di Sd Merupakan Terapan Dari Pembelajaran Terpadu. Yogyakarta, Depdiknas

Sumantri. B. A. (2019). Teori Belajar Humanistik Dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Fondatia: Jurnal Pendidikan Dasar 3(2).

Supriadie, Didi dan Deni. (2012). Komunikasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Suprihatin, S. (2017). Pendekatan Humanistik Dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 3(1), 82-104.

Suyanto, B., & Sutinah. (2006). Metode Penelitian Sosial: Berbagai Alternatif Pendekatan. Jakarta: Prenada Media Group.

Syamsyudin Asrori. (2006). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Pokja Akademi.

W. Santrock, John. (2009). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Salemba Humanika.

Winkel, W. S. (1996). Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia.

Yaumi, M. (2013). Prinsip-prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Downloads

Published

2023-12-29

How to Cite

Jayanti, R., Sholikah, A., Yahya, Y. F., Hanum, N. K., & Hamidah, A. N. (2023). Implementasi Teori Belajar Bahasa Humanistik melalui Diskusi Kelompok pada Anak PAUD. Journal of Education Research, 4(4), 2511–2516. https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.626

Issue

Section

Articles

Citation Check