Faktor Penyebab Rendahnya Akses Platform Merdeka Mengajar (PMM)
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.532Keywords:
Platform Merdeka Mengajar, PMM, Komunitas PMMAbstract
PMM sebagai platform yang membantu guru dalam mendapatkan referensi, inspirasi, dan wawasan dalam melaksanakan Kurikulum Merdeka, kenyataannya banyak guru yang belum mengakses PMM sebagai sumber belajar dan berbagi. Inilah yang melatarbelakangi penelitian, yaitu mengenai faktor penyebab rendahnya akses PMM dan upaya mengatasi masalah PMM khususnya di SMAN Negeri enam Surakarta. Tujuan penelitian yaitu Mendeskripsikan faktor penyebab rendahnya akses PMM di SMA Negeri enam Surakarta; Mendeskripsikan upaya mengatasi masalah rendahnya akses PMM di SMA Negeri enam Surakarta. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus atau Case Study. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling atau sampel bertujuan. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitiannya yaitu: Faktor penyebab rendahnya akses PMM adalah kendala waktu, membuat aksi nyata, perlunya konsentrasi, masalah kuota dan jaringan, dan tidak adanya punishment dari sekolah; Upaya mengatasi masalah rendahnya akses PMM adalah melaksanakan IHT tentang PMM, diseminasi oleh guru kepada teman sejawat, dibentuknya komunitas PMM, Kepala Sekolah yang tidak henti-hentinya mengingatkan guru dan memperbaiki jaringan internet.
Downloads
References
Aji, R. H. S., & Putra, M. H. I. (2021). Role Model Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka Pada Program Studi Non-Agama. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 8(6), 2001–2010. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v8i6.23821
Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Rineka Cipta, Jakarta.
Arnes, A., Muspardi, M., & Yusmanila, Y. (2023). Analisis Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar Oleh Guru PPKn untuk Akselerasi Implementasi Kurikulum Merdeka. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 60–70. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i1.4647
Bakri, Masykuri, et al. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif (Tinjauan Teoritis dan Praktis). Visipress Media.
Budiarti, N. I. (2022). Merdeka Mengajar Platform As a Support for the Quality of Mathematics Learning in East Java. Matematika Dan Pembelajaran, 10(1), 13–25. http://dx.doi.org/10.33477/mp.v10i1.2858
Elvina, L. et al. (2023). Penggunaan Platform Merdeka Mengajar oleh Guru SMA Negeri 1 Lembang Jaya. Edu Journal Innovation in Learning and Education, Vol. 01 No(Penggunaan Platform Merdeka Mengajar oleh Guru SMA Negeri 1 Lembang Jaya).
Fussalam, Y. E., Silvia, R., Jambi, M., Jambi, U. A., & Terbuka, U. (2022). Analisis Kesiapan Dan Keberlanjutan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka ( Studi Kasus Universitas Muhammadiyah Jambi ). 7(2), 198–208.
Ketaren, A., Rahman, F., Meliala, H. P., Tarigan, N., & Simanjuntak, R. (2022). Monitoring dan Evaluasi Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar pada Satuan Pendidikan Aswinta. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 10340–10343.
Marisana, D., Iskandar, S., & Kurniawan, D. T. (2023). Penggunaan Platform Merdeka Mengajar untuk Meningkatkan Kompetensi Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 139–150. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4363
Morissan, dkk. (2017). Metode Penelitian Survei. Kencana, Jakarta.
Muspardi. (2015). Persepsi Mahasiswa PPKn FIS UNP Terhadap Kompetensi Guru PPKn. 14–21.
ROHIMAT, S., Sanusi, S., & Munthahanah, M. (2022). Diseminasi Platform Merdeka Mengajar Untuk Guru Sma Negeri 6 Kota Serang. ABDIKARYA: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(2), 1–9. https://doi.org/10.47080/abdikarya.v4i2.2035
Setiariny, E. (2023). PEMANFAATAN PLATFORM MERDEKA MENGAJAR SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN. Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan, 20(1), 23–33. https://doi.org/10.54124/jlmp.v20i1.81
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, Bandung.
Surani, D., Asnawati, A. N., & Kusuma, A. W. (2022). Sosialisasi Aplikasi Merdeka Mengajar Dan Pengenalan Platform Simba Dalam Meningkatkan Pemahaman Media Pembelajaran Kepada Tenaga Pendidik Di Smpn 10 Cilegon. Jubaedah : Jurnal Pengabdian Dan Edukasi Sekolah (Indonesian Journal of Community Services and School Education), 2(2), 164–171. https://doi.org/10.46306/jub.v2i2.77
Sutama. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, PTK, Mix Method, R&D). Sukoharjo: CV.Jasmine.
Yamin, M., & Syahrir, S. (2020). Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1), 126–136. https://doi.org/10.58258/jime.v6i1.1121
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Cettra Shandilia Latunusa Ambawani, Thitha Meista Mulya Kusuma, Sutama Sutama, Bambang Sumardjoko

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).