Faktor Penyebab Rendahnya Akses Platform Merdeka Mengajar (PMM)

Authors

  • Cettra Shandilia Latunusa Ambawani Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Thitha Meista Mulya Kusuma Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Sutama Sutama Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Bambang Sumardjoko Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.532

Keywords:

Platform Merdeka Mengajar, PMM, Komunitas PMM

Abstract

PMM sebagai platform yang membantu guru dalam mendapatkan referensi, inspirasi, dan wawasan dalam melaksanakan Kurikulum Merdeka, kenyataannya banyak guru yang belum mengakses PMM sebagai sumber belajar dan berbagi. Inilah yang melatarbelakangi penelitian, yaitu mengenai faktor penyebab rendahnya akses PMM dan upaya mengatasi masalah PMM khususnya di SMAN Negeri enam Surakarta. Tujuan penelitian yaitu Mendeskripsikan faktor penyebab rendahnya akses PMM di SMA Negeri enam Surakarta; Mendeskripsikan upaya mengatasi masalah rendahnya akses PMM di SMA Negeri enam Surakarta. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus atau Case Study. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling  atau sampel bertujuan. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitiannya yaitu: Faktor penyebab rendahnya akses PMM adalah kendala waktu, membuat aksi nyata, perlunya konsentrasi, masalah kuota dan jaringan, dan tidak adanya punishment dari sekolah; Upaya mengatasi masalah rendahnya akses PMM adalah melaksanakan IHT tentang PMM, diseminasi oleh guru kepada teman sejawat, dibentuknya komunitas PMM, Kepala Sekolah yang tidak henti-hentinya mengingatkan guru dan memperbaiki jaringan internet.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aji, R. H. S., & Putra, M. H. I. (2021). Role Model Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka Pada Program Studi Non-Agama. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 8(6), 2001–2010. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v8i6.23821

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Rineka Cipta, Jakarta.

Arnes, A., Muspardi, M., & Yusmanila, Y. (2023). Analisis Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar Oleh Guru PPKn untuk Akselerasi Implementasi Kurikulum Merdeka. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 60–70. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i1.4647

Bakri, Masykuri, et al. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif (Tinjauan Teoritis dan Praktis). Visipress Media.

Budiarti, N. I. (2022). Merdeka Mengajar Platform As a Support for the Quality of Mathematics Learning in East Java. Matematika Dan Pembelajaran, 10(1), 13–25. http://dx.doi.org/10.33477/mp.v10i1.2858

Elvina, L. et al. (2023). Penggunaan Platform Merdeka Mengajar oleh Guru SMA Negeri 1 Lembang Jaya. Edu Journal Innovation in Learning and Education, Vol. 01 No(Penggunaan Platform Merdeka Mengajar oleh Guru SMA Negeri 1 Lembang Jaya).

Fussalam, Y. E., Silvia, R., Jambi, M., Jambi, U. A., & Terbuka, U. (2022). Analisis Kesiapan Dan Keberlanjutan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka ( Studi Kasus Universitas Muhammadiyah Jambi ). 7(2), 198–208.

Ketaren, A., Rahman, F., Meliala, H. P., Tarigan, N., & Simanjuntak, R. (2022). Monitoring dan Evaluasi Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar pada Satuan Pendidikan Aswinta. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 10340–10343.

Marisana, D., Iskandar, S., & Kurniawan, D. T. (2023). Penggunaan Platform Merdeka Mengajar untuk Meningkatkan Kompetensi Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 139–150. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4363

Morissan, dkk. (2017). Metode Penelitian Survei. Kencana, Jakarta.

Muspardi. (2015). Persepsi Mahasiswa PPKn FIS UNP Terhadap Kompetensi Guru PPKn. 14–21.

ROHIMAT, S., Sanusi, S., & Munthahanah, M. (2022). Diseminasi Platform Merdeka Mengajar Untuk Guru Sma Negeri 6 Kota Serang. ABDIKARYA: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(2), 1–9. https://doi.org/10.47080/abdikarya.v4i2.2035

Setiariny, E. (2023). PEMANFAATAN PLATFORM MERDEKA MENGAJAR SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN. Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan, 20(1), 23–33. https://doi.org/10.54124/jlmp.v20i1.81

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, Bandung.

Surani, D., Asnawati, A. N., & Kusuma, A. W. (2022). Sosialisasi Aplikasi Merdeka Mengajar Dan Pengenalan Platform Simba Dalam Meningkatkan Pemahaman Media Pembelajaran Kepada Tenaga Pendidik Di Smpn 10 Cilegon. Jubaedah : Jurnal Pengabdian Dan Edukasi Sekolah (Indonesian Journal of Community Services and School Education), 2(2), 164–171. https://doi.org/10.46306/jub.v2i2.77

Sutama. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, PTK, Mix Method, R&D). Sukoharjo: CV.Jasmine.

Yamin, M., & Syahrir, S. (2020). Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1), 126–136. https://doi.org/10.58258/jime.v6i1.1121

Downloads

Published

2023-11-26

How to Cite

Ambawani, C. S. L., Kusuma, T. M. M., Sutama, S., & Sumardjoko, B. (2023). Faktor Penyebab Rendahnya Akses Platform Merdeka Mengajar (PMM). Journal of Education Research, 4(4), 1880–1892. https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.532

Issue

Section

Articles

Citation Check

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)