Pengaruh Profesionalisme Guru terhadap Kualitas Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.519Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi profesionalisme guru yang masih rendah. Rendahnya profesionalisme guru ini disebabkan oleh berbagai faktor sehingga berpengaruh pada kualitas Pendidikan. Profesionalisme guru adalah faktor utama dalam mencapai tujuan pendidikan yang berkualitas, sebab guru memiliki peran utama dalam proses pembelajaran dan perkembangan peserta didik. Perubahan dinamis dalam dunia pendidikan membawa fenomena-fenomena yang memerlukan adaptasi dan inovasi dalam dunia pendidikan untuk memenuhi kebutuhan peserta didik dan tuntutan masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh peran profesionalisme guru terhadap kualitas Pendidikan. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah kajian literatur dari berberapa jurnal terkait dengan pengaruh profesionalisme guru terhadap kualitas Pendidikan. Kesimpulan dari kajian literatur diperoleh bahwa profesionalisme guru berpengaruh dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah mencari hubungan profesionalisme guru dengan sertifikasi guru untuk meningkatkan kualitas pendidikan.
Downloads
References
Alem, J., & Boudreau-Larivière, C. (2012). Evaluation of an Internship Assessment Grid for Francophone Physical and Health Education Student Interns. The Canadian Journal for the Scholarship of Teaching and Learning, 3(1). https://doi.org/10.5206/cjsotl-rcacea.2012.1.5
Dewi, T. A. (2015). PENGARUH PROFESIONALISME GURU DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU EKONOMI SMA SE-KOTA MALANG (Vol. 3, Issue 1).
Fatma, P., Sd, D., Terpadu, M., & Ponorogo, S. (2017). PENGARUH GURU PROFESIONAL DAN IKLIM SEKOLAH TERHADAP MUTU PEMBELAJARAN SD MUHAMMADIYAH TERPADU PONOROGO.
Ichsan, I., Suharyat, Y., Santosa, T. A., & Satria, E. (2023). Effectiveness of STEM-Based Learning in Teaching 21 st Century Skills in Generation Z Student in Science Learning: A Meta-Analysis. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(1), 150–166. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i1.2517
Sulastri1, H. F. A. M. (2020). Kompetensi Profesional Guru dalam Meningkatkan Mutu pendidikan. Journal of Education Research, 258–264.
Kusnandi. (2017). Konsep Dasar dan Strategi Penjaminan Mutu Pendidikan: Sebagai Review Kebijakan Mutu Pendidikan (Vol. 1).
Muzakki, Z. (2022). Teacher Morale and Professionalism: Study On Improving the Quality of Islamic Education. Jurnal Pendidikan ISlam, 11, 1–14. https://doi.org/10.30868/ei.v11i01.2170
Nurnaningsih, N., & Muhammad, M. (2022). Pengaruh Profesionalisme Guru terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS pada Mata Pelajaran Sejarah di MAN 1 BIMA. DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Sosial, 3(2), 92–98. https://doi.org/10.53299/diksi.v3i2.208
Rahimi, A. R., & Tafazoli, D. (2022). The role of university teachers’ 21st-century digital competence in their attitudes toward ICT integration in higher education: Extending the theory of planned behavior. JALT CALL Journal, 18(2), 238–263. https://doi.org/10.29140/jaltcall.v18n2.632
Rosmawati1, N. A. 2 , M. (2020). Pengaruh Disiplin dan Profesionalisme Guru terhadap kinerja guru. Journal of Education Research, 1, 200–205.
Seftiani, S., Sesrita, A., & Suherman, I. (2020). PENGARUH PROFESIONALISME GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SD NEGERI THE INFLUENCE OF TEACHER PROFESSIONALISM ON STUDENT MOTIVATION IN STATE PRIMARY SCHOOL. In SITTAH: Journal of Primary Education (Vol. 1, Issue 2).
Shinta Nurmaida. (2020). PENGARUH PROFESIONALISME GURU TERHADAP MUTU PEMEBLAJARAN. Skripsi.
Sofianora, A., Suharyat, Y., Apra Santosa, T., & Supriyadi, A. (2023). PENGARUH PROFESIONALITAS GURU MATEMATIKA DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA ERA REVOLUSI INDUSTRI 5.0 DI INDONESIA: SEBUAH META-ANALISIS. In Jurnal MATH-UMB.EDU (Vol. 10, Issue 2).
Suhartini, S., Milfayetty, S., & Rahman, A. (2021). The Effect of Teacher Professionalism and Competency on the Quality of Education in the City of Langsa. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(2), 2271–2276. https://doi.org/10.33258/birci.v4i2.1921
Udayani, Agung, G., Wulandari, A., & Ngurah, G. (2020). MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA. JIPP, 4.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Kiki Maullidina, Endang Sri Mulyani, Cucu Atikah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).