Kinerja Guru Matematika Dalam Melaksanakan Pembelajaran Abad 21 Berdasarkan Surat Keputusan Direktorat Jendral Pendidikan Agama Islam

Authors

  • Lely Shinta Herawati Pendidikan Matematikai, Universitas Tanjungpura, Indonesia
  • Hamdani Hamdani Pendidikan Matematika, Universitas Tanjungpura, Indonesia
  • Silvia Sayu Pendidikan Matematika, Universitas Tanjungpura, Indonesia
  • Nurfadilah Siregar Pendidikan Matematika, Universitas Tanjungpura, Indonesia
  • Mohammad Rif'at Pendidikan Matematika, Universitas Tanjungpura, Indonesia
  • Sugiatno Sugiatno Pendidikan Matematika, Universitas Tanjungpura, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.475

Keywords:

Kinerja Guru Matematika, Pembelajaran Abad 21, Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam

Abstract

Penelitian ini bertujuan memberikan deskripsi kinerja guru matematika pada tahap perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam. Metode penelitian ini adalah kuantilatif melalui proses observasi pada saat tindakan supervisi pembelajaran. Penelitian dilakukan kepada dua guru matematika di sekolah yang berbeda dengan teknik purpose sampling. Tahap perencanaan seluruh instrument perencanaan pembelajan berdasarkan Dirjen Pendis Nomor lima ribu seratus enam puluh empat Tahun dua ribu delapan belas dan Nomor enam ribu tiga ratus tiga puluh empat Tahun dua ribu dua puluh satu diperoleh subjek E memperoleh nilai delapan puluh satu dengan kategori baik sedangkan subjek S memperoleh nilai enam puluh satu koma satu dengan kategori kurang. Tahap pelaksanaan berdasarkan Dirjen Pendis Nomor enam ribu tiga ratus tiga puluh empat Tahun dua ribu dua puluh satu diperoleh bahwa subjek E dengan nilai delapan puluh empat koma empat berkategori baik sedangkan subjek S memperoleh enam puluh delpan koma delpan kateogri cukup. Pada tahap akhir penilaian, berdasarkan SK Dirjen Pendis Nomor enam ribu tiga ratus tiga puluh empat Tahun dua ribu dua puluh satu diperoleh bahwa subjek E memperoleh nilai delapan puluh tujuh koma lima berkatogori baik dan subjek S dengan nilai tujuh puluh satu berkategori cukup.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afandi, M. (2015). Kompetensi Guru Sebagai Kunci Keberhasilan Dalam Pembelajaran Saintifik. Seminar Nasional Pendidikan, 74–88. http://research.unissula.ac.id/file/publikasi/211313015/9991Afandi_makalah_semnaspgsdump.pdf

Busthomi, Y. (2018). Faktor Utama Keberhasilan Peserta Didik Dalam Menguasai Standar Kompetensi. Jurnal Pusaka, 5(2), 71–87. https://ejournal.alqolam.ac.id/index.php/jurnal_pusaka/article/view/132

Ekeh, M. C., & Ramsaroop, S. (2022). Mathematics subject supervisors’ role in ensuring quality teaching in preprimary and primary schools. South African Journal of Childhood Education, 12(1), 1–9. https://doi.org/10.4102/sajce.v12i1.1220

Hasanah, M. L., & Kristiawan, M. (2019). Supervisi Akademik dan Bagaimana Kinerja Guru. Tadbir : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 3(2), 97. https://doi.org/10.29240/jsmp.v3i2.1159

Helingo, F. (2021). Pendampingan Guru Dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik Di SMK Negeri 2 Gorontalo. DIKMAS : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 01(2), 65–72. https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/dikmas/article/view/859

Maisyarah, M. (2020). Peningkatan kemampuan guru matematika dalam proses pembelajaran melalui supervisi kelas di Madrasah binaan. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 16–28. https://doi.org/10.20527/edumat.v8i1.7931

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. NCTM, Inc.

Noviani, B. F. (2018). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Kelas Dalam Proses Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik Semester Satu Tahun Pelajaran 2018/2019 Di SD Negeri 34 Mataram. JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 3(3), 193. https://doi.org/10.58258/jupe.v3i3.532

Oktra Diksa, A., & Aufa, M. (2018). Studi Evaluasi Kinerja Guru Kelas Mi Bersertifikasi Ijazah Non-Pgmi Terhadap Kompetensi Pedagogik Dan Profesional Di Kabupaten Magelang. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, III, 110–122. https://doi.org/10.23969/jp.v3i1.773

Purbasari, M. (2015). Pengaruh Supervisi Akademik Terhadap Kinerja Mengajar Guru Di Sekolah Dasar. Journal of Elementary Education, 4(1), 46–52. https://doi.org/10.23887/ijee.v6i1.41117

Sulistyaningsih, A. (2015). Peningkatan kinerja guru dalam pembelajaran matematika melalui supervisi akademik SD Negeri Pagojengan 01 semester 1 tahun pelajaran 2013/2014. Jurnal Dialektika Program Studi …, 2(2), 19–26. http://journal.peradaban.ac.id/index.php/jdpmat/article/view/102%0Ahttps://journal.peradaban.ac.id/index.php/jdpmat/article/download/102/100

Suparto, S. (2020). Improving the Learning Quality of Math Teachers through the Academic Supervision with Technique of Class Observation. International Research-Based Education Journal, 2(1), 21. https://doi.org/10.17977/um043v2i1p21-24

Turmidzi, I. (2021). Implementasi Supervisi Pendidikan untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah. Tarbawi, 4(1), 33–49. https://stai-binamadani.e-journal.id/Tarbawi

Usman, M. (2021). Peningkatan kompetensi kepala madrasah pada unsur kinerja melalui supervisi individu pada Madrasah Ibtidaiyah Binaan di Kota Pontianak. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 2(4), 457–466. https://doi.org/10.47387/jira.v2i4.111

Zulfakar, Z., Lian, B., & Fitria, H. (2020). Implementasi supervisi akademik dalam meningkatkan kinerja guru. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 5(2), 230. https://doi.org/10.31851/jmksp.v5i2.3833

Downloads

Published

2023-09-23

How to Cite

Shinta Herawati, L., Hamdani, H., Sayu, S., Siregar, N., Rif’at, M., & Sugiatno, S. (2023). Kinerja Guru Matematika Dalam Melaksanakan Pembelajaran Abad 21 Berdasarkan Surat Keputusan Direktorat Jendral Pendidikan Agama Islam. Journal of Education Research, 4(3), 1331–1338. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.475

Issue

Section

Articles

Citation Check