Kinerja Guru Matematika Dalam Melaksanakan Pembelajaran Abad 21 Berdasarkan Surat Keputusan Direktorat Jendral Pendidikan Agama Islam
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.475Keywords:
Kinerja Guru Matematika, Pembelajaran Abad 21, Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan IslamAbstract
Penelitian ini bertujuan memberikan deskripsi kinerja guru matematika pada tahap perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam. Metode penelitian ini adalah kuantilatif melalui proses observasi pada saat tindakan supervisi pembelajaran. Penelitian dilakukan kepada dua guru matematika di sekolah yang berbeda dengan teknik purpose sampling. Tahap perencanaan seluruh instrument perencanaan pembelajan berdasarkan Dirjen Pendis Nomor lima ribu seratus enam puluh empat Tahun dua ribu delapan belas dan Nomor enam ribu tiga ratus tiga puluh empat Tahun dua ribu dua puluh satu diperoleh subjek E memperoleh nilai delapan puluh satu dengan kategori baik sedangkan subjek S memperoleh nilai enam puluh satu koma satu dengan kategori kurang. Tahap pelaksanaan berdasarkan Dirjen Pendis Nomor enam ribu tiga ratus tiga puluh empat Tahun dua ribu dua puluh satu diperoleh bahwa subjek E dengan nilai delapan puluh empat koma empat berkategori baik sedangkan subjek S memperoleh enam puluh delpan koma delpan kateogri cukup. Pada tahap akhir penilaian, berdasarkan SK Dirjen Pendis Nomor enam ribu tiga ratus tiga puluh empat Tahun dua ribu dua puluh satu diperoleh bahwa subjek E memperoleh nilai delapan puluh tujuh koma lima berkatogori baik dan subjek S dengan nilai tujuh puluh satu berkategori cukup.
Downloads
References
Afandi, M. (2015). Kompetensi Guru Sebagai Kunci Keberhasilan Dalam Pembelajaran Saintifik. Seminar Nasional Pendidikan, 74–88. http://research.unissula.ac.id/file/publikasi/211313015/9991Afandi_makalah_semnaspgsdump.pdf
Busthomi, Y. (2018). Faktor Utama Keberhasilan Peserta Didik Dalam Menguasai Standar Kompetensi. Jurnal Pusaka, 5(2), 71–87. https://ejournal.alqolam.ac.id/index.php/jurnal_pusaka/article/view/132
Ekeh, M. C., & Ramsaroop, S. (2022). Mathematics subject supervisors’ role in ensuring quality teaching in preprimary and primary schools. South African Journal of Childhood Education, 12(1), 1–9. https://doi.org/10.4102/sajce.v12i1.1220
Hasanah, M. L., & Kristiawan, M. (2019). Supervisi Akademik dan Bagaimana Kinerja Guru. Tadbir : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 3(2), 97. https://doi.org/10.29240/jsmp.v3i2.1159
Helingo, F. (2021). Pendampingan Guru Dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik Di SMK Negeri 2 Gorontalo. DIKMAS : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 01(2), 65–72. https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/dikmas/article/view/859
Maisyarah, M. (2020). Peningkatan kemampuan guru matematika dalam proses pembelajaran melalui supervisi kelas di Madrasah binaan. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 16–28. https://doi.org/10.20527/edumat.v8i1.7931
NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. NCTM, Inc.
Noviani, B. F. (2018). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Kelas Dalam Proses Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik Semester Satu Tahun Pelajaran 2018/2019 Di SD Negeri 34 Mataram. JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 3(3), 193. https://doi.org/10.58258/jupe.v3i3.532
Oktra Diksa, A., & Aufa, M. (2018). Studi Evaluasi Kinerja Guru Kelas Mi Bersertifikasi Ijazah Non-Pgmi Terhadap Kompetensi Pedagogik Dan Profesional Di Kabupaten Magelang. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, III, 110–122. https://doi.org/10.23969/jp.v3i1.773
Purbasari, M. (2015). Pengaruh Supervisi Akademik Terhadap Kinerja Mengajar Guru Di Sekolah Dasar. Journal of Elementary Education, 4(1), 46–52. https://doi.org/10.23887/ijee.v6i1.41117
Sulistyaningsih, A. (2015). Peningkatan kinerja guru dalam pembelajaran matematika melalui supervisi akademik SD Negeri Pagojengan 01 semester 1 tahun pelajaran 2013/2014. Jurnal Dialektika Program Studi …, 2(2), 19–26. http://journal.peradaban.ac.id/index.php/jdpmat/article/view/102%0Ahttps://journal.peradaban.ac.id/index.php/jdpmat/article/download/102/100
Suparto, S. (2020). Improving the Learning Quality of Math Teachers through the Academic Supervision with Technique of Class Observation. International Research-Based Education Journal, 2(1), 21. https://doi.org/10.17977/um043v2i1p21-24
Turmidzi, I. (2021). Implementasi Supervisi Pendidikan untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah. Tarbawi, 4(1), 33–49. https://stai-binamadani.e-journal.id/Tarbawi
Usman, M. (2021). Peningkatan kompetensi kepala madrasah pada unsur kinerja melalui supervisi individu pada Madrasah Ibtidaiyah Binaan di Kota Pontianak. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 2(4), 457–466. https://doi.org/10.47387/jira.v2i4.111
Zulfakar, Z., Lian, B., & Fitria, H. (2020). Implementasi supervisi akademik dalam meningkatkan kinerja guru. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 5(2), 230. https://doi.org/10.31851/jmksp.v5i2.3833
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Lely Shinta Herawati, Hamdani Hamdani, Silvia Sayu, Nurfadilah Siregar, Mohammad Rif'at, Sugiatno Sugiatno

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).