Keefektifan Penggunaan Media Rekaman Meletusnya Gunung Berapi Krakatau dalam Pembelajaran Menulis Puisi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Lembang, Kabupaten Pinrang
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.413Keywords:
Keterampilan Berbahasa, Media Pembelajaran, PuisiAbstract
Media pembelajaran sangat penting dalam mengembangkan proses pembelajaran. Minat dan motivasi belajar peserta didik juga meningkat. Seperti yang kita ketahui permasalahan utama dalam proses pembelajaran yakni minat dan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan keefektifan penggunaan rekaman peristiwa meletusnya gunung berapi Krakatau dalam pembelajaran menulis puisi. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri satu Lembang, Kabupaten Pinrang yang berjumlah dua ratus empat puluh lima orang dan terbagi ke dalam lima kelas. Penarikan sampel dilakukakn dengan menggunakan teknik purposive sampling atau sampel purposif, artinya penentuan sampel dilakukan secara sengaja dengan jumlah yang ditentukan sesuai dengan kebutuhan analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan siswa dalam menulis puisi dengan menggunakan media rekaman peristiwa meletusnya gunung berapi Krakatau atau kelas eksperimen. kemampuan menulis puisi siswa tanpa menggunakan media rekaman rekaman peristiwa meletusnya gunung berapi Krakatau kelas kontrol. Hasil perbandingan koefisien nilai rata-rata siswa t-hitung antara kelas eksperimen X. empat dan kelas kontrol X lima dapat di simpulkan penggunaan media rekaman peristiwa meletusnya gunung berapi Krakatau dapat meningkatkan pembelajaran menulis puisi siswa kelas X SMA Negeri satu Lembang, Kabupaten Pinrang.
Downloads
References
Arsyad, Azhar. 2004. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Asnidar, Anin. 2022. Pengembangan Bahan Ajar Fonologi Berbasis Audio Visual di Perguruan Tinggi. Disertasi. Makassar: UNM.
Budiarman. 2007. Keefektifan penggunaan Rekaman Bencana Alam Tsunami. Tesis tidak Diterbitkan. Makassar. Universitas Negeri Makassar.
Hasan, Iqbal. 2003. Pokok Pokok Materi Statistik 2 (Statistik Inferensif). Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hidayat, U. S. 2016. Model-Model Pembelajaran Efektif. Bina Mulia Publishing.
INDAHWATY, I. (2018). Keefektifan Metode Kuantum Dengan Teknik Pengelompokan (Clustering) Dalam Pengajaran Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas Viii Smp Negeri 4 Patampanua Kabupaten Pinrang. Jurnal Pendidikan Biharul Ulum Ma'Arif, 2(3), 556-556.
Jannah, A. R., Rahmawati, I., & Reffiane, F. 2020. Keefektifan Model PBL Berbantu Media Audio-Visual terhadap Hasil Belajar Tema Indahnya Keberagaman di Negeriku. Mimbar PGSD Undiksha, 8(3), 342-350.
Karlina, H. (2017). Penggunaan Media Audio-Visual untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Naskah Drama. Literasi: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pembelajarannya, 1(1), 28-35.
Ntelu, A. (2021). Asna Ntelu: Meningkatkan Kemampuan Menyusun Bagian-Bagian Penting dalam Ceramah Melalui Penerapan Metode Mind Mapping pada Siswa Kelas Xl IPA 4 SMA Negeri 1 Telaga Kabupaten Gorontalo Tahun Pelajaran 2019/2020. PROSIDING, 10(7485).
Nurhaida, S. 2023. Model Pembelajaran Kreatif Produktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Menulis Puisi Bebas di MTs Negeri 3 Kebumen Tahun Pelajaran 2022/2023. An-Nidzam: Jurnal Manajemen Pendidikan dan Studi Islam, 10(1), 50-61.
Nuriah, N. S., Hamdani, A., & Sahidin, D. (2022). EFEKTIVITAS PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES PADA PEMBELAJARAN MENULIS PUISI. Lingua Sastra, 2(2), 87-97.
Puspasari, Q. K., & Setyaningsih, N. H. (2020). Keefektifan Model Pembelajaran Picture And Picture Dan Model Sugesti Imajinasi Dalam Pembelajaran Menulis Puisi Pada Siswa Kelas Viii Smp. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 9(1), 19-25.
Putri, N. N., & Rukiyah, S. (2021). Keefektifan media wattpad dalam pembelajaran menulis puisi pada siswa kelas x smk setia darma palembang. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 5(1), 381-394.
Sadiman. 2007. Media Pendidikan Pengertian Pengembanagn dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sumar, W. T., & Razak, I. A. 2016. Strategi pembelajaran dalam implementasi kurikulum berbasis soft skill. Deepublish.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Andi Dian Sartika, Nur Khadijah Razak

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).