Kajian Literatur Pengaruh Model Learning Cycle terhadap Hasil Belajar Tematik Terpadu
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v2i1.38Keywords:
Literatur, Learning Cycle, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa sekolah dasar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model Learning cycle terhadap hasil belajar tematik terpadu. Metode penelitian ini adalah metode penelitian kajian literature. Tahapan kajian literature ini adalah pengumpulan data, reduksi data, display data, pembahasan, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari enam artikel dari tahun dua ribu sepuluh sampai dua ribu dua puluh tentang model Learning Cycle dan hasil belajar didapat satu artikel yang sesuai dengan judul. Berdasarkan hasil penelitian tersebut yang dilakukan peneliti tentang pengaruh model Learning Cycle terhadap hasil belajar tematik terpadu disekolah dasar, didapat peningkatan hasil maka dapat disimpulkan model learning cycle dapat meningkatkan hasil belajar tematik terpadu disekolah dasar
Downloads
References
Ariant, A. (2012). Definisi Kognitif, Afektif dan Psikomotor.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Pendidikan Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Aris, (2014). Model Pembelajaran Learning Cycle.
Diana, A., Sofiyan, S., Putra, A., & Ramadhani, D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7e Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema 6 “Aku dan Cita-Citaku†SD Negeri 6 Langsa. Journal of Basic Education Studies.
Eisenkraft, Arthur. 2003. Expanding the 5E " A Proposed 7E Model emphasize " transfer of learning " and the importance of eliciting prior Understanding. National Science Teacher Association (NSTA). The Science Teacher.
Fajaroh, F. & Dasna, I W. 2008. Pembelajaran Dengan Model Siklus Belajar (learning cycle). Artikel. Jurusan Kimia FMIPA UM. Tersedia di http://lubisgrafura.wordpress.com/2007/09/20/pembelajaran-dengan- model-siklus-belajar-learning-cycle/.
Hamalik, O. (2013). Klasifikasi Aktivitas Belajar. hal 78.
Lorbach.(2009).https://www.academia.edu/6942549/Model_Pembelajaran_Learning_Cycle.
Marzali, A. (2016). Menulis kajian literatur. Jurnal Etnosia.
Mecit, Ozlem. 2006. The Effect of 7E Learning cycle Model on The Improvement of Fifth Grade Students Critial Thinking Skills. Tesis.
Mirzaqon, A, Dan Purwako, B. 2017. Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori Dan Praktik Konseling Expressive Writing. Jurnal Mahasiswa Unesa.
Ngalimun. 2014. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Presindo.
Pinto,L.E. dkk. 2014. Strategi Pengajaran. Jakaerta: Indeks.
Pribadi, B. A. (2009). Model desain sistem pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.
Rusman, R. (2015). Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sudjana, N. (2019). Penilaian hasil proses belajar mengajar. (Remaja Rosda Karya, Ed.). Bandung.
Sugiyono (2011), Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, D. (2017). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R dan D. Alfabeta: Bandung.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Alfabeta.
Suprijono, A. (2013). Pembelajaran Kooperatif: Teori &Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Kencana.
Syaukani, Metode Penelitian Pedoman Praktis Penelitian Dalam Bidang Pendidikan, (Medan: Perdana Publishing, 2017), Hlm. 42-44.
Warsita, B. (2008). Teknologi pembelajaran landasan dan aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Selviana Sasmiati Nur, Iska Noviardila

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).