Kajian Literatur Pengaruh Model Learning Cycle terhadap Hasil Belajar Tematik Terpadu

Selviana Sasmiati Nur(1Mail), Iska Noviardila(2),
(1) Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia
(2) Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2021 Selviana Sasmiati Nur, Iska Noviardila

DOI : https://doi.org/10.37985/jer.v2i1.38

Download Full Text:   [File Size  : 116KB]  Language : id

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa sekolah dasar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model Learning cycle terhadap hasil belajar tematik terpadu. Metode penelitian ini adalah metode penelitian kajian literature. Tahapan kajian literature ini adalah pengumpulan data, reduksi data, display data, pembahasan, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 6 artikel dari tahun 2010-2020 tentang model Learning Cycle dan hasil belajar didapat 1 artikel yang sesuai dengan judul. Berdasarkan hasil penelitian tersebut yang dilakukan peneliti tentang pengaruh model Learning Cycle terhadap hasil belajar tematik terpadu disekolah dasar, didapat peningkatan hasil perhitungan thitung sebesar 9,46 dan nilai ttabel dengan taraf signifikasi 1% adalah 2,44. thitung ≥ ttabel, atau 9,46 ≥ 2,44. Maka dapat disimpulkan model learning cycle dapat meningkatkan hasil belajar tematik terpadu disekolah dasar

Keywords


Literatur; Learning Cycle; Hasil Belajar

References


Ariant, A. (2012). Definisi Kognitif, Afektif dan Psikomotor.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Pendidikan Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Aris, (2014). Model Pembelajaran Learning Cycle.

Diana, A., Sofiyan, S., Putra, A., & Ramadhani, D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7e Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema 6 “Aku dan Cita-Citaku” SD Negeri 6 Langsa. Journal of Basic Education Studies.

Eisenkraft, Arthur. 2003. Expanding the 5E " A Proposed 7E Model emphasize " transfer of learning " and the importance of eliciting prior Understanding. National Science Teacher Association (NSTA). The Science Teacher.

Fajaroh, F. & Dasna, I W. 2008. Pembelajaran Dengan Model Siklus Belajar (learning cycle). Artikel. Jurusan Kimia FMIPA UM. Tersedia di http://lubisgrafura.wordpress.com/2007/09/20/pembelajaran-dengan- model-siklus-belajar-learning-cycle/.

Hamalik, O. (2013). Klasifikasi Aktivitas Belajar. hal 78.

Lorbach.(2009).https://www.academia.edu/6942549/Model_Pembelajaran_Learning_Cycle.

Marzali, A. (2016). Menulis kajian literatur. Jurnal Etnosia.

Mecit, Ozlem. 2006. The Effect of 7E Learning cycle Model on The Improvement of Fifth Grade Students Critial Thinking Skills. Tesis.

Mirzaqon, A, Dan Purwako, B. 2017. Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori Dan Praktik Konseling Expressive Writing. Jurnal Mahasiswa Unesa.

Ngalimun. 2014. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Presindo.

Pinto,L.E. dkk. 2014. Strategi Pengajaran. Jakaerta: Indeks.

Pribadi, B. A. (2009). Model desain sistem pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.

Rusman, R. (2015). Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sudjana, N. (2019). Penilaian hasil proses belajar mengajar. (Remaja Rosda Karya, Ed.). Bandung.

Sugiyono (2011), Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, D. (2017). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R dan D. Alfabeta: Bandung.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Alfabeta.

Suprijono, A. (2013). Pembelajaran Kooperatif: Teori &Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Kencana.

Syaukani, Metode Penelitian Pedoman Praktis Penelitian Dalam Bidang Pendidikan, (Medan: Perdana Publishing, 2017), Hlm. 42-44.

Warsita, B. (2008). Teknologi pembelajaran landasan dan aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.


Article Metrics

 Abstract Views : 137 times
 PDF Downloaded : 85 times


This article can be traced from:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.