Indonesian High School Students’ Learning Approach and Assessment Methods Preference

Authors

  • Wan Muhammad Ridwan Asyari Universitas Terbuka, Indonesia
  • Andang Saehu Universitas Terbuka, Indonesia
  • Suciati Suciati Universitas Terbuka, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.352

Keywords:

Pendekatan Pembelajaran, Siswa Indonesia, Asesmen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pilihan siswa mengenai pilihan ganda, penilaian esai dan pendekatan belajar siswa untuk mendukung preferensi penilaian mereka. Desain penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Terdapat tujuh puluh tujuh partisipan dari sembilan puluh satu sampel yang termasuk dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan simple random sampling dan kuesioner untuk menentukan preferensi subjek penelitian untuk ujian esai dan pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta lebih menyukai bentuk pilihan, tiga ratus sembilan puluh lima peserta lebih menyukai tes esai, dua ratus empat puluh delapan peserta lebih menyukai tes pilihan ganda, dan dua ratus tiga peserta lebih menyukai tes esai dan pilihan ganda. Untuk pendekatan pembelajaran, tiga ratus tiga peserta merupakan pembelajar pendekatan dalam, seratus sembilan puluh sembilan peserta pembelajar pendekatan permukaan, dan seratus delapan puluh sembilan peserta pembelajar pendekatan dalam dan permukaan. Temuan ini menolak hasil penelitian Kaipa tahun dua ribu dua puluh dan Photopoulos et al. tahun dua ribu dua puluh satu, bahwa pilihan ganda lebih disukai daripada esai. Selain itu, mendukung temuan Santosa et al. tahun dua ribu dua puluh satu bahwa siswa SMA cenderung menggunakan pendekatan deep learning.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abbas, M. F. F., & Asy’ari, N. F. (2019). Mixed Method : Students’ Ability in Applying Writing Mechanic in Analytical Exposition Text. ELT-Lectura Studies and Perspective in English Languange Teaching, 6(2).

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (PT. Rineka).

Hasanah, M. (2022). Hubungan Tipe Kepribadian dengan Pendekatan Belajar pada Mahasiswa/i Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Tahap Akademik. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Husnaebi. (2019). Analisis Kesalahan Unsur Kohesi dan Koherensi dalam Skripsi Mahasiswa Program Studi Ilmu Pemerintahan Universitas Muhammadiyah Makasar. Universitas Muhammadiyah Makasar.

Kaipa, R. M. (2020). Multiple choice questions and essay questions in curriculum. Journal of Applied Research in Higher Education. https://doi.org/10.1108/JARHE-01-2020-0011

Kane, T. S. (2000). The Oxford Essential Guide to Writing. Berkley.

Lestari, R. F. (2019). Kohesi dan Koherensi Paragraf dalam Karangan Narasi Mahasiswa Teknik Angkatan 2017 Universitas PGRI Banyuwangi. Jurnal Krede, 3(1).

Magdalena, I., Prabandani, R. O., Rini, E. S., Fitriani, M. A., & Putri, A. A. (2020). Analisis Pengembangan Bahan Ajar. Nusantara : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2).

Marton, F., & Saljo, Ro. (1976). On Qualitative Differences in Learning. British Journal of Educational Psychology, 46(1).

Nurhayati. (2021). Pengaruh Penguasaan Kosakata dan Kemampuan Berpikir Kreatif Terhadap Hasil Belajar Menulis Teks Naratif Bahasa Indonesia Siswa Kelas 5 SD Inpres Pattiro Kabupaten Gowa. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Nurkholifah, A., Supriadi, O., & Mujtaba, S. (2021). Analisis Kohesi dan Koherensi pada Isu Nasional di Media Online Kompas.com dan Jawapos.com Edisi April 2021. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6).

Photopoulos, P., Tsonos, C., Stavrakas, I., & Triantis, and D. (2021). Preference for Multiple Choice and Constructed Response Exams for Engineering Students with and without Learning Difficulties. Proceedings of the 13th International Conference on Computer Supported Education, 1, 220–231. https://doi.org/10.5220/0010462502200231

Puryati, E. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menyelesaikan Soal Latihan Matematika Melalui Pembatasan Waktu pada Setiap Pertemuan. Jurna Prisma, VI(2).

Septiningrum, W. (2017). The Influence of Multiple Choice and Essay Test on Students “Reading Comprehension Viewed from Students” English Achievement Level. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Sholikhah, I. (2020). Pengaruh Bentuk Tes Multiple Choice Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Kelas X di SMA

Sudijono, A. (2015). Pengantar Statistik Pendidikan. Raja Grafindo Persada.

Sugiono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Wahyuni, L. D., Citraini, R., & Hutomo, B. A. (2021). Anxiety and Test Form: The Differences of Test Anxiety Levels Interms of Test Form. Jurnal Pengukuran Psikologi Dan Pendidikan Indonesia, 10(2).

Downloads

Published

2023-07-18

How to Cite

Asyari, W. M. R., Saehu, A., & Suciati, S. (2023). Indonesian High School Students’ Learning Approach and Assessment Methods Preference. Journal of Education Research, 4(3), 1031–1045. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.352

Issue

Section

Articles

Citation Check