Peranan Manajerial Kepala Sekolah dalam Mengatasi Konflik Guru

Authors

  • Ernaliza Ernaliza Sekolah Dasar Negeri 12 Sekayu, Indonesia
  • Happy Fitria Universitas PGRI Palembang, Indonesia
  • Yessi Fitiani Universitas PGRI Palembang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v1i3.28

Keywords:

Manajerial, Kepala Sekolah, Konflik Guru

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini antara lain untuk: 1) mengetahui dan mendeskripsikan bentuk konflik guru; dan 2) mengetahui dan mendeskripsikan peranan manajerial kepala sekolah dalam mengatasi konflik guru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan desain deskriptif. Hasil penelitian: 1) konflik yang terjadi ialah terjadinya kecemburuan sosial akibat kesenjangan antara guru aparatur sipil negara dengan guru honorer, adanya grup antar satu guru dengan guru lainnya, adanya ketidaksukaan dari beberapa guru apabila ada guru yang mendapat penghargaan atas keberhasilan yang dia peroleh dari kepala sekolah maupun dari dinas Dikbud; dan 2) peranan manajerial kepala sekolah dalam mengatasi konflik guru adalah dengan melakukan beberapa tindakan seperti: (a) berusaha netral dan objektif agar tidak terkesan memihak bila terjadi konflik antar guru; (b) selalu memberikan kesempatan berbicara dan berpendapat kepada semua guru; dan (c) selalu memotivasi guru agar fokus pada peningkatan kompetensinya dan pada tugas serta tanggung jawabnya di sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwar, K. (2018). Urgensi Penerapan Manajemen Konflik dalam Organisasi Pendidikan. Alfikri: Jurnal Studi dan Penelitian Pendidikan Islam, 1 (2), 2018.

Arisandi, I., Sitanggang, N., & Matondang, Z. (2017). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Manajemen Konflik Berbasis Sekolah dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru di SMA Negeri Aceh Tamiang. Jurnal Manajemen Pendidikan 9 (2), Nopember 2017.

Fathoni, A. (2013). Metodologi Penelitian Dan Teknik Penyusunan Skripsi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Iskandar, A. (2012). Panduan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru. Jakarta: Gaung Persada.

Isrofi, M. (2017). Peran Manajerial Kepala Sekolah, Lingkungan, Motivasi Guru, terhadap Kinerja Guru Kota Yogyakarta. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 18 (21).

Kristiawan, M., & Asvio, N. (2018). Pengelolaan Administrasi Madrasah Tsanawiyah Negeri Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Madrasah. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1), 86-95.

Liu, M. (2010). Motivating Students Trough Problem-Based Learning. University Of Texas: Austin.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2013). Analisa Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Moleong, L. J. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda karya.

Mulyasa, E. (2013). Manajemen Berbasis Sekolah, Konsep, Strategi dan Implementasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rahmadoni, J. (2018). Global Issues of Education Financing Management in SD Indonesian Creative School Pekanbaru. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan 3(2), Juli-Desember 2018.

Ruliatawati., Ritonga, A. H., & Hasibuan, L. (2020). Management Performance Model of Senior High School Teachers of Muhammadiyah in South Sumatera. International Journal of Educational Review, 2 (1).

Suratman, S., Arafat, Y., & Eddy, S. (2020). The Influence of Principal’s Leadership and Teacher’s Competence toward Teacher’s Performance in Indonesia. Journal of Social Work and Science Education, 1(2), 96-104. Retrieved from https://ejournal.karinosseff.org/index.php/jswse/article/view/32

Tampubolon, M. S. (2014). Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Pendidikan dan Keilmuan. Jakarta: Erlangga.

Tobari., Kristiawan, M., & Asvio, N. (2018). The Strategy of Headmaster on Upgrading Educational Quality In Asean Economic Community (AEC) Era. International Journal of Scientific & Technology Research, 7(4).

Wartini, S. (2015). Instrumen Hukum Pencegahan Pembajakan Hayati (Biopiracy). Jakarta: Lintera.

Zulkarnain, W. (2010). Dasar-Dasar Manajemen dalam Teknologi Informasi. Jakarta: Salemba Empat

Downloads

Published

2020-11-30

How to Cite

Ernaliza, E., Fitria, H., & Fitiani, Y. (2020). Peranan Manajerial Kepala Sekolah dalam Mengatasi Konflik Guru. Journal of Education Research, 1(3), 245–250. https://doi.org/10.37985/jer.v1i3.28

Issue

Section

Articles

Citation Check