Kepemimpinan Kepala Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Banyuasin III
DOI:
https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.17Keywords:
Kepala Sekolah, Kepemimpinan, Strategi KepemimpinanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk kepemimpinan, strategi kepemimpinan, dan hambatan yang dihadapi oleh Kepala SMA Negeri satu Banyuasin III dalam menjalankan tugasnya. Penelitian ini merupakan penelitian fenomenologi dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, tenaga pendidik, dan tenaga kependidikan. Pengumpulan data penelitian melalui tiga sumber pokok, yaitu: pengamatan langsung, analisis dokumen, dan wawancara secara mendalam. Untuk meningkatkan akurasi data, peneliti menggunakan triangulasi dan analisis datanya menggunakan teknik analisis interaktif model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa: bentuk kepemimpinan yang optimal diperankan oleh kepala sekolah ialah peran sebagai leader, manajer, dan motivator; strategi kepemimpinan yang dijalankan kepala sekolah ialah dengan melakukan manajemen kepemimpinan, melalui kegiatan perencanaan program, pelaksanaan program, serta pengawasan program setiap tahunnya; dan hambatan yang dihadapi kepala sekolah ketika menjalankan tugasnya ialah banyaknya tenaga pendidik yang bertempat tinggal jauh dari sekolah, sehingga mempengaruhi kualitas kinerja guru, rendahnya pemahaman wali peserta didik dan masyarakat sekitar akan pentingnya pendidikan, serta lingkungan sekitar sekolah yang kurang mendukung perkembangan peserta didik.
Downloads
References
Ananda, R. (2018). Profesi Kependidikan Tenaga Kependidikan. Medan: LPPI.
Andriani, S., Kesumawati, N., & Kristiawan, M. (2018). The Influence of the Transformational Leadership and Work Motivation on Teachers Performance. International Journal of Scientific & Technology Research, 7(7).
Daryanto. (2015). Supervisi Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Duryat, M. (2016). Kepemimpinan Pendidikan. Bandung: CV Alfabeta
Fathurrohman, M. (2015). Sukses Menjadi Pengawas Sekolah Ideal. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.
Hamalik, O. (2011). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Janawi. (2012). Kompetensi Guru Citra Guru Profesional. Bandung: Alfabeta.
Karuru, P. (2017). Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Grafindo
Marini, A. (2014). Manajemen Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Muslih, A. (2018). Supervisi Pendidikan Teori dan Praktik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Purwanto, M. N. (2017). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rini, R. (2011). Manajemen Berbasis Sekolah dan Hasil Penelitian. Universitas Lampung. Bandar Lampung.
Rivai, V. (2013). Pemimpin dan Kepemimpinan dalam Organisasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Siagian. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Soelaiman. (2017). Manajemen Kinerja; Langkah Efektif untuk Membangun, Mengendalikan dan Evaluasi Kerja. Jakarta: Intermedia Personalia.
Supardi. (2013). Kinerja Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Susanti, L. (2019). Prestasi Belajar Akademik Dan Non Akademik Teori Dan Implementasinya. Jakarta: Literasi Nusantara
Usman, H. (2019). Administrasi Manajemen, dan Kepemimpinan Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No 19 tahu 2017.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia nomor 13 tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2020 Rozalina Rozalina, Happy Fitria, Rohana Rohana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).