Kepemimpinan Kepala Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Banyuasin III

Rozalina Rozalina(1Mail), Happy Fitria(2), Rohana Rohana(3),
(1) Madrasah Aliyah Negeri 1 Banyuasin, Indonesia
(2) Universitas PGRI Palembang, Indonesia
(3) Universitas PGRI Palembang, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2020 Rozalina Rozalina, Happy Fitria, Rohana Rohana

DOI : https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.17

Download Full Text:   [File Size  : 284KB]  Language : id
Received : 2020-10-31  |  Published : 2020-10-31

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk kepemimpinan, strategi kepemimpinan, dan hambatan yang dihadapi oleh Kepala SMA Negeri 1 Banyuasin III dalam menjalankan tugasnya. Penelitian ini merupakan penelitian fenomenologi dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, tenaga pendidik, dan tenaga kependidikan. Pengumpulan data penelitian melalui tiga sumber pokok, yaitu: pengamatan langsung (observasi), analisis dokumen, dan wawancara secara mendalam. Untuk meningkatkan akurasi data, peneliti menggunakan triangulasi dan analisis datanya menggunakan teknik analisis interaktif model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) bentuk kepemimpinan yang optimal diperankan oleh kepala sekolah ialah peran sebagai leader, manajer, dan motivator; (2) strategi kepemimpinan yang dijalankan kepala sekolah ialah dengan melakukan manajemen kepemimpinan, melalui kegiatan perencanaan program, pelaksanaan program, serta pengawasan program setiap tahunnya; dan (3) hambatan yang dihadapi kepala sekolah ketika menjalankan tugasnya ialah banyaknya tenaga pendidik yang bertempat tinggal jauh dari sekolah, sehingga mempengaruhi kualitas kinerja guru, rendahnya pemahaman wali peserta didik dan masyarakat sekitar akan pentingnya pendidikan, serta lingkungan sekitar sekolah yang kurang mendukung perkembangan peserta didik.

Keywords


Kepala Sekolah; Kepemimpinan; Strategi Kepemimpinan

References


Ananda, R. (2018). Profesi Kependidikan Tenaga Kependidikan. Medan: LPPI.

Andriani, S., Kesumawati, N., & Kristiawan, M. (2018). The Influence of the Transformational Leadership and Work Motivation on Teachers Performance. International Journal of Scientific & Technology Research, 7(7).

Daryanto. (2015). Supervisi Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Duryat, M. (2016). Kepemimpinan Pendidikan. Bandung: CV Alfabeta

Fathurrohman, M. (2015). Sukses Menjadi Pengawas Sekolah Ideal. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Hamalik, O. (2011). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Janawi. (2012). Kompetensi Guru Citra Guru Profesional. Bandung: Alfabeta.

Karuru, P. (2017). Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Grafindo

Marini, A. (2014). Manajemen Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Muslih, A. (2018). Supervisi Pendidikan Teori dan Praktik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Purwanto, M. N. (2017). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rini, R. (2011). Manajemen Berbasis Sekolah dan Hasil Penelitian. Universitas Lampung. Bandar Lampung.

Rivai, V. (2013). Pemimpin dan Kepemimpinan dalam Organisasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Siagian. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Soelaiman. (2017). Manajemen Kinerja; Langkah Efektif untuk Membangun, Mengendalikan dan Evaluasi Kerja. Jakarta: Intermedia Personalia.

Supardi. (2013). Kinerja Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Susanti, L. (2019). Prestasi Belajar Akademik Dan Non Akademik Teori Dan Implementasinya. Jakarta: Literasi Nusantara

Usman, H. (2019). Administrasi Manajemen, dan Kepemimpinan Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No 19 tahu 2017.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia nomor 13 tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah.


Article Metrics

 Abstract Views : 59 times
 PDF Downloaded : 46 times


This article can be traced from:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.