Metode Pengajaran Sejarah dan Tahapan Implementasinya dalam Perspektif Kisah Ashhabu Al-Kahfi
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v6i1.2325Keywords:
Metode Pengajaran Sejarah, Kisah Ashhabu al-kahfi, al-QuranAbstract
Sejarah harus menjadi solusi bagi masyarakat, dengan menjadikannya sebagai bahan pelajaran yang berhubungan nyata dengan kehidupan, sehingga sejarah itu hidup di masyarakat dalam bentuk nilai-nilai penting yang dapat diamalkan, oleh karena itu sejarah harus benar dari segi bahan ajar dan juga metode pengajarannya yang sesuai dengan konsep Islam, penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan metode pengajaran sejarah dan tahapan implementasinya perspektif sejarah Ashhabu al-Kahfi, metode yang digunakan adalah metode kualitatif studi pustaka dengan mengkaji litelatur tafsir dan sumber lainnya yang mendukung, penelitian ini menyatakan bahwa dalam pengajaran sejarah dibutuhkan tiga tahapan, yaitu: pendahuluan, pengajaran dan penutupan, dalam pendahuluan disebutkan realita sejarah yang terjadi disertai pandangan yang benar tentang realita tersebut, dalam pengajaran sejarah diperlukan pemilihan sejarah yang sesuai dengan realita tersebut, selanjutnya sejarah disampaikan secara umum terlebih dahulu, kemudian secara terperinci, dengan menjadikan materi kognitif sejarah sebagai perantara untuk mencapai tujuan afektif dan psikomotorik, pengajaran ini menggunaka kata ganti yang bervariasi dengan mengikut sertakan pendidik dan peserta didik secara aktif di dalamnya, disela pengajaran tersebut, pengajar menekankan beberapa makna penting sejarah kepada peserta didik dan pendidik juga menyebutkan beberapa isu sejarah yang beredar beserta pandangan yang benar, dalam penutupan pelajaran sejarah disampaikan hal-hal inti dalam sejarah tersebut yang dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari, yang berkaitan erat dengan realita yang telah disebutkan dalam pendahuluan dan pembelajaran sejarah tersebut.
Downloads
References
DAFTAR PUSTAKA
al-Baghowi. (1997). Maalim At-Tanzil Fi Tafsir al-Qur’an (4th ed.).
Ali, M. A. (1997). Shofwatu At-Tafasir. Al-Kairo: Dar-Ashobuni.
Al-Jazairi, A. B. (2003). Aisaru At-Tafasir Li Al-Kalam Al-’Ali Al-Kabir. Al-Madinah Al-Munawwarah: Maktabah Al-Ulum Wa Al-Hikam.
al-Qurthubi. (1964). Al-Jami’ Li Ahkami Al-Qur’an (A. al-Barduni & I. Athfisy, Eds.). al-Qahirah: Dar al-Kutub al-Mishriyah.
Awaliati, R. (n.d.). Pembelajaran sejarah dengan Paikem melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin.
Apra Santosa, T. (2020). Eksistensi Homo Neandertal dan Homo Sapiens Sapiens dalam perspektif sains dan Al-Qur’an. Journal of Islamic Civilization, 2(2), 108–115.
Arief, Z. A. (2014). Metodologi Penelitian. Bogor: Widya Sakti.
As-Sa’di, A. (2000). Taisir Al-Karim Ar-Rahman (Vol. 1). Muassasah Ar-Risalah.
Az-Zuhaili, W. (1418). At-Tafsir Al-Munir Fi Al-Akidah Wa Asy-Syariah Wa Al-Manhaj. Damaskus: Dar Al-Fikr Al-Mu’ashir.
Beberapa Ulama Ternama. (2009). At-Tafsir Al-Muyassar. Saudi Arabia: Majma’ Al-Malik Fahd.
Husaini, A. (2016). 10 Kuliah Agama Islam. Yogyakarta: Pro-U Media.
Ibnu Katsir. (1419). Tafsir Al-Quran Al-Adzim (1st ed., Vol. 1). Beirut: Dar Al-Kutub Al-’Ilmiah.
Ricklefs, M. C. (2007). Sejarah Indonesia Modern 1200-2004 (3rd ed.). Jakarta: Serambi Ilmu Semesta.
Muhtarom, H., Kurniasih, D., & Andi. (2020). Pembelajaran sejarah yang aktif, kreatif dan inovatif melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. Bihari: Pendidikan Sejarah dan Ilmu Sejarah, 3(1).
Mujib, A., & Muzakkir, J. (2006). Ilmu Pendidikan Islam (1st ed.). Jakarta: Kencana.
Nasir, J. A. (2018). Nilai-nilai pendidikan karakter guru dan murid dalam perspektif kisah Musa dan Khidir dalam surat Al-Kahfi ayat 60-82. Nuansa: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial dan Keagamaan Islam, 15(1), 173.
Oktafiana, S. (2021). Sejarah SMK Kelas X. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Purni, T. (2023). Pentingnya pendidikan sejarah sebagai penguat pendidikan yang berkarakter. Krinok: Jurnal Pendidikan Sejarah & Sejarah FKIP Unja, 2(1), 190–197.
Robati, K. (2023, January 22). Wawancara dengan Kisti Robati. Indonesia.
Rosyadi, R. (2017). Pendidikan Islam dalam Perspektif Kebijakan Pendidikan Nasional. Bogor: UIK Press.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (19th ed.). Bandung: Alfabeta.
Syurgawi, A., & Yusuf, M. (2020). Metode dan model pembelajaran sejarah kebudayaan Islam. Maharot: Journal of Islamic Education, 4(2).
Ula, M., Ulfa, M., & Tuanaya, M. H. (2014). Sejarah Kebudayaan Islam MA X (1st ed.). Jakarta: Direktorat Pendidikan Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia.
Arti kata metode - Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online. (2024, July 2). Retrieved from https://kbbi.web.id/metode
Belajar Bahasa Arab melalui film | Kartun Salahuddin Episode 01 - YouTube. (2024, July 2). Retrieved from https://www.youtube.com/watch?v=_1SVRiBtApI
Benarkah Christopher Columbus penemu benua Amerika? (2024, July 2). Retrieved from https://www.kompas.com/stori/read/2022/09/24/160000379/benarkah-christopher-columbus-penemu-benua-amerika-
Latar belakang pemberontakan DI/TII di seluruh daerah dan penyelesaiannya. (2024, July 2). Retrieved from https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6909039/latar-belakang-pemberontakan-di-tii-di-seluruh-daerah-dan-penyelesaiannya
Seberapa penting mempelajari sejarah bagi generasi milenial? (2024, July 2). Retrieved from https://www.kompasiana.com/renaldifad/6051d44f8ede483f96100192/seberapa-penting-mempelajari-sejarah-bagi-generasi-milenial
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Kisti Robati, Hariyanto Hariyanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).