Metode Pengajaran Sejarah dan Tahapan Implementasinya dalam Perspektif Kisah Ashhabu Al-Kahfi

Authors

  • Kisti Robati Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa Arab Ar Raayah, Indonesia
  • Hariyanto Hariyanto Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa Arab Ar Raayah, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v6i1.2325

Keywords:

Metode Pengajaran Sejarah, Kisah Ashhabu al-kahfi, al-Quran

Abstract

Sejarah harus menjadi solusi bagi masyarakat, dengan menjadikannya sebagai bahan pelajaran yang berhubungan nyata dengan kehidupan, sehingga sejarah itu hidup di masyarakat dalam bentuk nilai-nilai penting yang dapat diamalkan, oleh karena itu sejarah harus benar dari segi bahan ajar dan juga metode pengajarannya yang sesuai dengan konsep Islam, penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan metode pengajaran sejarah dan tahapan implementasinya perspektif sejarah Ashhabu al-Kahfi, metode yang digunakan adalah metode kualitatif studi pustaka dengan mengkaji litelatur tafsir dan sumber lainnya yang mendukung, penelitian ini menyatakan bahwa dalam pengajaran sejarah dibutuhkan tiga tahapan, yaitu: pendahuluan, pengajaran dan penutupan, dalam pendahuluan disebutkan realita sejarah yang terjadi disertai pandangan yang benar tentang realita tersebut, dalam pengajaran sejarah diperlukan pemilihan sejarah yang sesuai dengan realita tersebut, selanjutnya sejarah disampaikan secara umum terlebih dahulu, kemudian secara terperinci, dengan menjadikan materi kognitif sejarah sebagai perantara untuk mencapai tujuan afektif dan psikomotorik, pengajaran ini menggunaka kata ganti yang bervariasi dengan mengikut sertakan pendidik dan peserta didik secara aktif di dalamnya, disela pengajaran tersebut, pengajar menekankan beberapa makna penting sejarah kepada peserta didik dan pendidik juga menyebutkan beberapa isu sejarah yang beredar beserta pandangan yang benar, dalam penutupan pelajaran sejarah disampaikan hal-hal inti dalam sejarah tersebut yang dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari, yang berkaitan erat dengan realita yang telah disebutkan dalam pendahuluan  dan pembelajaran sejarah tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA

al-Baghowi. (1997). Maalim At-Tanzil Fi Tafsir al-Qur’an (4th ed.).

Ali, M. A. (1997). Shofwatu At-Tafasir. Al-Kairo: Dar-Ashobuni.

Al-Jazairi, A. B. (2003). Aisaru At-Tafasir Li Al-Kalam Al-’Ali Al-Kabir. Al-Madinah Al-Munawwarah: Maktabah Al-Ulum Wa Al-Hikam.

al-Qurthubi. (1964). Al-Jami’ Li Ahkami Al-Qur’an (A. al-Barduni & I. Athfisy, Eds.). al-Qahirah: Dar al-Kutub al-Mishriyah.

Awaliati, R. (n.d.). Pembelajaran sejarah dengan Paikem melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin.

Apra Santosa, T. (2020). Eksistensi Homo Neandertal dan Homo Sapiens Sapiens dalam perspektif sains dan Al-Qur’an. Journal of Islamic Civilization, 2(2), 108–115.

Arief, Z. A. (2014). Metodologi Penelitian. Bogor: Widya Sakti.

As-Sa’di, A. (2000). Taisir Al-Karim Ar-Rahman (Vol. 1). Muassasah Ar-Risalah.

Az-Zuhaili, W. (1418). At-Tafsir Al-Munir Fi Al-Akidah Wa Asy-Syariah Wa Al-Manhaj. Damaskus: Dar Al-Fikr Al-Mu’ashir.

Beberapa Ulama Ternama. (2009). At-Tafsir Al-Muyassar. Saudi Arabia: Majma’ Al-Malik Fahd.

Husaini, A. (2016). 10 Kuliah Agama Islam. Yogyakarta: Pro-U Media.

Ibnu Katsir. (1419). Tafsir Al-Quran Al-Adzim (1st ed., Vol. 1). Beirut: Dar Al-Kutub Al-’Ilmiah.

Ricklefs, M. C. (2007). Sejarah Indonesia Modern 1200-2004 (3rd ed.). Jakarta: Serambi Ilmu Semesta.

Muhtarom, H., Kurniasih, D., & Andi. (2020). Pembelajaran sejarah yang aktif, kreatif dan inovatif melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. Bihari: Pendidikan Sejarah dan Ilmu Sejarah, 3(1).

Mujib, A., & Muzakkir, J. (2006). Ilmu Pendidikan Islam (1st ed.). Jakarta: Kencana.

Nasir, J. A. (2018). Nilai-nilai pendidikan karakter guru dan murid dalam perspektif kisah Musa dan Khidir dalam surat Al-Kahfi ayat 60-82. Nuansa: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial dan Keagamaan Islam, 15(1), 173.

Oktafiana, S. (2021). Sejarah SMK Kelas X. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Purni, T. (2023). Pentingnya pendidikan sejarah sebagai penguat pendidikan yang berkarakter. Krinok: Jurnal Pendidikan Sejarah & Sejarah FKIP Unja, 2(1), 190–197.

Robati, K. (2023, January 22). Wawancara dengan Kisti Robati. Indonesia.

Rosyadi, R. (2017). Pendidikan Islam dalam Perspektif Kebijakan Pendidikan Nasional. Bogor: UIK Press.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (19th ed.). Bandung: Alfabeta.

Syurgawi, A., & Yusuf, M. (2020). Metode dan model pembelajaran sejarah kebudayaan Islam. Maharot: Journal of Islamic Education, 4(2).

Ula, M., Ulfa, M., & Tuanaya, M. H. (2014). Sejarah Kebudayaan Islam MA X (1st ed.). Jakarta: Direktorat Pendidikan Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia.

Arti kata metode - Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online. (2024, July 2). Retrieved from https://kbbi.web.id/metode

Belajar Bahasa Arab melalui film | Kartun Salahuddin Episode 01 - YouTube. (2024, July 2). Retrieved from https://www.youtube.com/watch?v=_1SVRiBtApI

Benarkah Christopher Columbus penemu benua Amerika? (2024, July 2). Retrieved from https://www.kompas.com/stori/read/2022/09/24/160000379/benarkah-christopher-columbus-penemu-benua-amerika-

Latar belakang pemberontakan DI/TII di seluruh daerah dan penyelesaiannya. (2024, July 2). Retrieved from https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6909039/latar-belakang-pemberontakan-di-tii-di-seluruh-daerah-dan-penyelesaiannya

Seberapa penting mempelajari sejarah bagi generasi milenial? (2024, July 2). Retrieved from https://www.kompasiana.com/renaldifad/6051d44f8ede483f96100192/seberapa-penting-mempelajari-sejarah-bagi-generasi-milenial

Downloads

Published

2025-02-27

How to Cite

Robati, K., & Hariyanto, H. (2025). Metode Pengajaran Sejarah dan Tahapan Implementasinya dalam Perspektif Kisah Ashhabu Al-Kahfi. Journal of Education Research, 6(1), 210–222. https://doi.org/10.37985/jer.v6i1.2325

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check

Most read articles by the same author(s)