Implementasi Platform Merdeka Mengajar dalam Pengembangan Kompetensi Guru: Systematic Literature Review
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v6i4.2261Abstract
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah mengubah lanskap pendidikan, menuntut guru untuk tetap relevan dan inovatif. Platform Merdeka Mengajar (PMM) hadir sebagai salah satu solusi meningkatkan kompetensi guru untuk mengajar secara profesional dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan menganalisis tentang fitur dan dampak PMM, mengidentifikasi tantangan penggunaan PMM, melihat kesenjangan PMM dalam literatur dan memberikan implikasi praktis dalam pemanfaatan PMM. Penelitian ini menggunakan metode systematic literature review melalui teknik PRISMA. Hasil penelitian ini menemukan bahwa PMM menawarkan fasilitas untuk pengembangan profesionalisme guru, termasuk konten yang telah dikurasi, peluang pembelajaran kolaboratif dan panduan pembelajaran yang dipersonalisasi. Namun, tantangan seperti keterbatasan akses terhadap teknologi, beban kerja dan dukungan yang tidak memadai menghambat penggunaannya. Pembuat kebijakan harus berinvestasi dalam infrastruktur, menyediakan sumber daya yang memadai, membuat kebijakan yang mendukung penggunaan PMM dan memberi apresiasi berupa insentif bagi partisipasi guru. Pengembang platform harus mengumpulkan umpan balik untuk perbaikan platform yang berkelanjutan dengan memprioritaskan peningkatan pengalaman pengguna, mengatasi masalah teknis dan menyediakan dukungan teknis yang kuat
Downloads
References
Adewale Awodiji, O., & Rathankoomar Naicker, S. (2025). Basic School Leaders’ Continuous Professional Development for the 4IR: A Systematic Literature Review across Africa. Athens Journal of Education, 12(1), 99–120. https://doi.org/10.30958/aje.12-1-6
Aditiya, N., & Fatonah, S. (2023). Upaya Mengembangkan Kompetensi Guru Penggerak di Sekolah Dasar Pada Kurikulum Merdeka Belajar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 2, 108–116. https://doi.org/10.24246/j.js.2023.v13.i2.p108-116
Aji, R. H. S., & Putra, M. H. I. (2021). Role Model Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka Pada Program Studi Non-Agama. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 8(6), 2001–2010. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v8i6.23821
Alatawi, M. A. (2023). Collaboration with Families , Teachers , and Other Professionals in School Settings : A systematic review. 15(July), 1–40.
Ambawani, C. S. L., Kusuma, T. M. M., Sutama, & Sumardjoko, B. (2023). Faktor Penyebab Rendahnya Akses Platform Merdeka Mengajar (PMM). Journal of Education Research, 4(4), 1880–1892.
Ambawani, C. S. L., Maryani, D., Cholidah, N., Sumardi, S., & Muhibbin, M. (2024). Evaluasi dan Tindak Lanjut Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar (PMM). Journal of Education Research, 5(2), 2121–2128. https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1010
Anggraini, G., & Winarti, W. (2023a). Problematika Penggunaan Platform Merdeka Mengajar (PMM) Pada Daerah Tanpa Jaringan Listrik (Studi di SMPN Satu Atap 2 Mentaya Hulu). Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 8(2), 103–112. https://doi.org/10.33084/bitnet.v8i2.5534
Anggraini, G., & Winarti, W. (2023b). Problematika Penggunaan Platform Merdeka Mengajar (PMM) Pada Daerah Tanpa Jaringan Listrik (Studi di SMPN Satu Atap 2 Mentaya Hulu). Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 8(2), 103–112. https://doi.org/10.33084/bitnet.v8i2.5534
Anwar, C., & Utami, R. P. (2023). Analisis Problematika Guru Dalam Membuat Aksi Nyata Pada Platform Merdeka Mengajar. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(2), 353–360. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i2.385
Arnes, A., Muspardi, M., & Yusmanila, Y. (2023a). Analisis Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar Oleh Guru PPKn untuk Akselerasi Implementasi Kurikulum Merdeka. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 5(1), 60–70. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i1.4647
Arnes, A., Muspardi, M., & Yusmanila, Y. (2023b). Analisis Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar Oleh Guru PPKn untuk Akselerasi Implementasi Kurikulum Merdeka. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 5(1), 60–70. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i1.4647
Asghar, J., & Ahmad, A. (2014). Teacher Development: An Overview of the Concept and Approaches. Journal of Educational and Social Research. https://doi.org/10.5901/jesr.2014.v4n6p147
Aulia, D., Murni, I., & Desyandri, D. (2023). Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar melalui Platform Merdeka Mengajar (PMM). Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1b), 800–807. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1b.1310
Daga, A. T. (2021). Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1075–1090. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1279
Esentürk, E., & Çetinkaya Yıldız, E. (2023). The Effect of Respect for Diversity Education Program on Primary School Students. International Journal of Psychology and Educational Studies, 10(3), 624–637. https://doi.org/10.52380/ijpes.2023.10.3.1106
Febriana, R. (2019). Kompetensi Guru (B. S. Fatmawati (ed.)). Bumi Aksara.
Firdaus, D. F. (2020). Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Profesional Guru Dan Kompetensi Sosial Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sman 1 Kuningan. Jurnal Sintax Idea, 2(3), 12–17.
Florence, A. F., Olubunmi, A. V., & Esther, J. F. (2022). Communication Skills and Its Influence on Teacher Effectiveness. Universal Journal of Educational Research, 10(3), 240–245. https://doi.org/10.13189/ujer.2022.100306
Hasmawaty, Muliati, & Bachtiar, M. Y. (2023). Optimalisasi Aplikasi Platform Merdeka Mengajar (MM) Melalui Komunitas Belajar Gugus PAUD. Madaniya, 4(2), 574–581.
Hidayati, K., Tamrin, A. G., & Cahyono, B. T. (2024). Efektivitas Penggunaan Platform Merdeka Mengajar untuk Peningkatan Kompetensi Guru pada Kurikulum Merdeka. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1), 232–240. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i1.5765
Husnani, Zaibi, & Rollies, B. (2019). Tantangan Guru di Era Kekinian. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 348–356.
Iskandar, S. M. (2022). Pendekatan Pembelajaran Sains Berbasis Konstruktivis Ed. Revisi. Media Nusa Creative (MNC Publishing).
Kemdikbudristek. (2022). Mengajar?, Apa Itu Platform Merdeka. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia.
Lembong, J. M., Lumapow, H. R., & Rotty, V. N. J. (2023a). Implementasi Merdeka Belajar Sebagai Transformasi Kebijakan Pendidikan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 765–777. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4620
Lembong, J. M., Lumapow, H. R., & Rotty, V. N. J. (2023b). Implementasi Merdeka Belajar Sebagai Transformasi Kebijakan Pendidikan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 765–777. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4620
Lestari, D. I., & Kurnia, H. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Inovatif untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru di Era Digital. JPG : Jurnal Pendidikan Guru, 4(3), 205–222.
Lubis, S. I. A. (2024). Lingkungan Belajar Anak Dalam Perspektif Ekologi Bronfenbrenner. Serasi Media Teknologi. https://doi.org/9786231032843, 6231032841
Marisana, D., Iskandar, S., & Kurniawan, D. T. (2023). Penggunaan Platform Merdeka Mengajar untuk Meningkatkan Kompetensi Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 139–150. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4363
Nasaruddin, Zulkifli, Erningsih, Hasanuddin, Melia, Y., Yulastri, W., Husnita, L., Mardikawati, B., Lutfi, Wati, Yelfiza, & Rahmania, M. (2024). Inovasi Pendidikan Gagasan dan Konsep. In Padang: Gita Lentera. (Issue February). CV. Gita Lentera.
Nguyen, N. T. L. (2023). How to develop four competencies for teacher educators. Frontiers in Education, 8. https://doi.org/10.3389/feduc.2023.1147143
Ni Putu, E. A., Bagus Putu Arnyana, I., Nyoman Dantes, I., & Hendra Wirawan, I. P. (2023). “SANTI SARMA” IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGGUNAAN PLATFORM MERDEKA MENGAJAR MENUJU GURU PRODUKTIF DAN INOVATIF. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 196–209. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7569
Noor, F. A. (2019). Kompetensi Pendidik MI di Era Revolusi Industri 4.0. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 7(2), 251. https://doi.org/10.21043/elementary.v7i2.6386
Ofita, C., & Sururi, S. (2023). Kompetensi Pedagogik Guru Abad 21 : Tinjauan Peran Guru Menghadapi Generasi Alpha. Jurnal Tata Kelola Pendidikan, 5(2), 101–110. https://doi.org/10.17509/jtkp.v5i2.64847
Papadopoulou, E. A., Tsiantos, V., & Manouilidou, E. (2024). Teacher Professional Development, In-School Training and STEM. European Journal of Contemporary Education and E-Learning, 2(2), 42–56. https://doi.org/10.59324/ejceel.2024.2(2).04
Prasetyaningsih, N., Muiz, A., & Fatimah, F. (2024). Penggunaan Platform Merdeka Mengajar (PMM) untuk Peningkatan Kompetensi Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(1), 788–798. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i1.7108
Rahmadani, F. B., & Kamaluddin, K. (2023). Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar (PMM) untuk Meningkatkan Kompetensi Guru di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan, 3, 113–122. https://doi.org/10.30872/jimpian.v3ise.2929
Rahmawati, D. (2024). Lectura : Jurnal Pendidikan. 15, 596–610.
Ramdani, M., Yuliyanti, S. Y., Rahmatulloh, I. T., & Suratman, S. (2022). Penggunaan Platform Merdeka Mengajar (PMM) pada Guru Sekolah Dasar. Journal of Instructional and Development Researches, 2(6), 248–254. https://doi.org/10.53621/jider.v2i6.201
Safari, M., & Noori, B. (2019). The Educational System Challenges from the Perspective of Modern Technologies. Open Journal of Social Sciences, 07(03), 400–407. https://doi.org/10.4236/jss.2019.73033
Saleh, M. (2020). Merdeka Belajar di Tengah Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Hardiknas, 51–56.
Saputra, F. R. (2023). Inovasi Pengembangan Kompetensi Guru Melalui Penggunaan Platform Merdeka Mengajar. Conferences Series Learning Class, 36, 338–350.
Saysin, S., & Dhammapissamai, P. (2023). Developing Teachers to Enhance Students’ Effective Teamwork Skills. World Journal of Education, 13(2), 1. https://doi.org/10.5430/wje.v13n2p1
Setiariny, E. (2023). Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar Sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan, 20(1), 23–33. https://doi.org/10.54124/jlmp.v20i1.81
Susanti, F., Fitri, L., Asmendri, & Sari, M. (2024). MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYONGSONG KURIKULUM MERDEKA Al-Idaroh : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam Al-Idaroh : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam │ 60. Al-Idaroh Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam, 8(1), 59–71.
Thoriq, A., Hidayati, D., & Rina. (2024). Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar dalam Praktik Baik Implementasi Kurikulum Merdeka. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 11(1), 120–128. https://doi.org/10.24246/j.jk.2024.v11.i1.p120-128
Utomo, U., & Kusumawati, D. (2024). Implementasi Pelatihan Mandiri Platform Merdeka Mengajar dalam Meningkatkan Kompetensi Guru. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 4(1), 61–72. https://doi.org/10.35878/guru.v4i1.1089
Wei, Y. (2022). Digital Literacy in Education: From Local to Global. https://doi.org/10.2991/assehr.k.220504.495
Winda, R., & Dafit, F. (2021). Analisis Kesulitan Guru dalam Penggunaan Media Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 211. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.38941
Yulmasita Bagou, D., & Suking, A. (2020). Analisis Kompetensi Profesional Guru. Jambura Journal of Educational Management, 122–130. https://doi.org/10.37411/jjem.v1i2.522
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2025 Recky Hidayat, Sukiman Sukiman, Suyatno Suyatno, Abdunrorma Samaalee

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).