Implementasi Platform Merdeka Mengajar dalam Pengembangan Kompetensi Guru: Systematic Literature Review

Authors

  • Recky Hidayat Manajemen Pendidikan, Universitas Ahmad Dahlan
  • Sukiman Sukiman Manajemen Pendidikan, Universitas Ahmad Dahlan
  • Suyatno Suyatno Manajemen Pendidikan, Universitas Ahmad Dahlan
  • Abdunrorma Samaalee Fatoni University

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v6i4.2261

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah mengubah lanskap pendidikan, menuntut guru untuk tetap relevan dan inovatif. Platform Merdeka Mengajar (PMM) hadir sebagai salah satu solusi meningkatkan kompetensi guru untuk mengajar secara profesional dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan menganalisis tentang fitur dan dampak PMM, mengidentifikasi tantangan penggunaan PMM, melihat kesenjangan PMM dalam literatur dan memberikan implikasi praktis dalam pemanfaatan PMM. Penelitian ini menggunakan metode systematic literature review melalui teknik PRISMA. Hasil penelitian ini menemukan bahwa PMM menawarkan fasilitas untuk pengembangan profesionalisme guru, termasuk konten yang telah dikurasi, peluang pembelajaran kolaboratif dan panduan pembelajaran yang dipersonalisasi. Namun, tantangan seperti keterbatasan akses terhadap teknologi, beban kerja dan dukungan yang tidak memadai menghambat penggunaannya. Pembuat kebijakan harus berinvestasi dalam infrastruktur, menyediakan sumber daya yang memadai, membuat kebijakan yang mendukung penggunaan PMM dan memberi apresiasi berupa insentif bagi partisipasi guru. Pengembang platform harus mengumpulkan umpan balik untuk perbaikan platform yang berkelanjutan dengan memprioritaskan peningkatan pengalaman pengguna, mengatasi masalah teknis dan menyediakan dukungan teknis yang kuat

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adewale Awodiji, O., & Rathankoomar Naicker, S. (2025). Basic School Leaders’ Continuous Professional Development for the 4IR: A Systematic Literature Review across Africa. Athens Journal of Education, 12(1), 99–120. https://doi.org/10.30958/aje.12-1-6

Aditiya, N., & Fatonah, S. (2023). Upaya Mengembangkan Kompetensi Guru Penggerak di Sekolah Dasar Pada Kurikulum Merdeka Belajar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 2, 108–116. https://doi.org/10.24246/j.js.2023.v13.i2.p108-116

Aji, R. H. S., & Putra, M. H. I. (2021). Role Model Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka Pada Program Studi Non-Agama. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 8(6), 2001–2010. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v8i6.23821

Alatawi, M. A. (2023). Collaboration with Families , Teachers , and Other Professionals in School Settings : A systematic review. 15(July), 1–40.

Ambawani, C. S. L., Kusuma, T. M. M., Sutama, & Sumardjoko, B. (2023). Faktor Penyebab Rendahnya Akses Platform Merdeka Mengajar (PMM). Journal of Education Research, 4(4), 1880–1892.

Ambawani, C. S. L., Maryani, D., Cholidah, N., Sumardi, S., & Muhibbin, M. (2024). Evaluasi dan Tindak Lanjut Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar (PMM). Journal of Education Research, 5(2), 2121–2128. https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1010

Anggraini, G., & Winarti, W. (2023a). Problematika Penggunaan Platform Merdeka Mengajar (PMM) Pada Daerah Tanpa Jaringan Listrik (Studi di SMPN Satu Atap 2 Mentaya Hulu). Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 8(2), 103–112. https://doi.org/10.33084/bitnet.v8i2.5534

Anggraini, G., & Winarti, W. (2023b). Problematika Penggunaan Platform Merdeka Mengajar (PMM) Pada Daerah Tanpa Jaringan Listrik (Studi di SMPN Satu Atap 2 Mentaya Hulu). Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 8(2), 103–112. https://doi.org/10.33084/bitnet.v8i2.5534

Anwar, C., & Utami, R. P. (2023). Analisis Problematika Guru Dalam Membuat Aksi Nyata Pada Platform Merdeka Mengajar. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(2), 353–360. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i2.385

Arnes, A., Muspardi, M., & Yusmanila, Y. (2023a). Analisis Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar Oleh Guru PPKn untuk Akselerasi Implementasi Kurikulum Merdeka. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 5(1), 60–70. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i1.4647

Arnes, A., Muspardi, M., & Yusmanila, Y. (2023b). Analisis Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar Oleh Guru PPKn untuk Akselerasi Implementasi Kurikulum Merdeka. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 5(1), 60–70. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i1.4647

Asghar, J., & Ahmad, A. (2014). Teacher Development: An Overview of the Concept and Approaches. Journal of Educational and Social Research. https://doi.org/10.5901/jesr.2014.v4n6p147

Aulia, D., Murni, I., & Desyandri, D. (2023). Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar melalui Platform Merdeka Mengajar (PMM). Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1b), 800–807. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1b.1310

Daga, A. T. (2021). Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1075–1090. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1279

Esentürk, E., & Çetinkaya Yıldız, E. (2023). The Effect of Respect for Diversity Education Program on Primary School Students. International Journal of Psychology and Educational Studies, 10(3), 624–637. https://doi.org/10.52380/ijpes.2023.10.3.1106

Febriana, R. (2019). Kompetensi Guru (B. S. Fatmawati (ed.)). Bumi Aksara.

Firdaus, D. F. (2020). Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Profesional Guru Dan Kompetensi Sosial Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sman 1 Kuningan. Jurnal Sintax Idea, 2(3), 12–17.

Florence, A. F., Olubunmi, A. V., & Esther, J. F. (2022). Communication Skills and Its Influence on Teacher Effectiveness. Universal Journal of Educational Research, 10(3), 240–245. https://doi.org/10.13189/ujer.2022.100306

Hasmawaty, Muliati, & Bachtiar, M. Y. (2023). Optimalisasi Aplikasi Platform Merdeka Mengajar (MM) Melalui Komunitas Belajar Gugus PAUD. Madaniya, 4(2), 574–581.

Hidayati, K., Tamrin, A. G., & Cahyono, B. T. (2024). Efektivitas Penggunaan Platform Merdeka Mengajar untuk Peningkatan Kompetensi Guru pada Kurikulum Merdeka. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1), 232–240. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i1.5765

Husnani, Zaibi, & Rollies, B. (2019). Tantangan Guru di Era Kekinian. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 348–356.

Iskandar, S. M. (2022). Pendekatan Pembelajaran Sains Berbasis Konstruktivis Ed. Revisi. Media Nusa Creative (MNC Publishing).

Kemdikbudristek. (2022). Mengajar?, Apa Itu Platform Merdeka. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia.

Lembong, J. M., Lumapow, H. R., & Rotty, V. N. J. (2023a). Implementasi Merdeka Belajar Sebagai Transformasi Kebijakan Pendidikan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 765–777. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4620

Lembong, J. M., Lumapow, H. R., & Rotty, V. N. J. (2023b). Implementasi Merdeka Belajar Sebagai Transformasi Kebijakan Pendidikan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 765–777. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4620

Lestari, D. I., & Kurnia, H. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Inovatif untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru di Era Digital. JPG : Jurnal Pendidikan Guru, 4(3), 205–222.

Lubis, S. I. A. (2024). Lingkungan Belajar Anak Dalam Perspektif Ekologi Bronfenbrenner. Serasi Media Teknologi. https://doi.org/9786231032843, 6231032841

Marisana, D., Iskandar, S., & Kurniawan, D. T. (2023). Penggunaan Platform Merdeka Mengajar untuk Meningkatkan Kompetensi Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 139–150. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4363

Nasaruddin, Zulkifli, Erningsih, Hasanuddin, Melia, Y., Yulastri, W., Husnita, L., Mardikawati, B., Lutfi, Wati, Yelfiza, & Rahmania, M. (2024). Inovasi Pendidikan Gagasan dan Konsep. In Padang: Gita Lentera. (Issue February). CV. Gita Lentera.

Nguyen, N. T. L. (2023). How to develop four competencies for teacher educators. Frontiers in Education, 8. https://doi.org/10.3389/feduc.2023.1147143

Ni Putu, E. A., Bagus Putu Arnyana, I., Nyoman Dantes, I., & Hendra Wirawan, I. P. (2023). “SANTI SARMA” IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGGUNAAN PLATFORM MERDEKA MENGAJAR MENUJU GURU PRODUKTIF DAN INOVATIF. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 196–209. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7569

Noor, F. A. (2019). Kompetensi Pendidik MI di Era Revolusi Industri 4.0. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 7(2), 251. https://doi.org/10.21043/elementary.v7i2.6386

Ofita, C., & Sururi, S. (2023). Kompetensi Pedagogik Guru Abad 21 : Tinjauan Peran Guru Menghadapi Generasi Alpha. Jurnal Tata Kelola Pendidikan, 5(2), 101–110. https://doi.org/10.17509/jtkp.v5i2.64847

Papadopoulou, E. A., Tsiantos, V., & Manouilidou, E. (2024). Teacher Professional Development, In-School Training and STEM. European Journal of Contemporary Education and E-Learning, 2(2), 42–56. https://doi.org/10.59324/ejceel.2024.2(2).04

Prasetyaningsih, N., Muiz, A., & Fatimah, F. (2024). Penggunaan Platform Merdeka Mengajar (PMM) untuk Peningkatan Kompetensi Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(1), 788–798. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i1.7108

Rahmadani, F. B., & Kamaluddin, K. (2023). Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar (PMM) untuk Meningkatkan Kompetensi Guru di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan, 3, 113–122. https://doi.org/10.30872/jimpian.v3ise.2929

Rahmawati, D. (2024). Lectura : Jurnal Pendidikan. 15, 596–610.

Ramdani, M., Yuliyanti, S. Y., Rahmatulloh, I. T., & Suratman, S. (2022). Penggunaan Platform Merdeka Mengajar (PMM) pada Guru Sekolah Dasar. Journal of Instructional and Development Researches, 2(6), 248–254. https://doi.org/10.53621/jider.v2i6.201

Safari, M., & Noori, B. (2019). The Educational System Challenges from the Perspective of Modern Technologies. Open Journal of Social Sciences, 07(03), 400–407. https://doi.org/10.4236/jss.2019.73033

Saleh, M. (2020). Merdeka Belajar di Tengah Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Hardiknas, 51–56.

Saputra, F. R. (2023). Inovasi Pengembangan Kompetensi Guru Melalui Penggunaan Platform Merdeka Mengajar. Conferences Series Learning Class, 36, 338–350.

Saysin, S., & Dhammapissamai, P. (2023). Developing Teachers to Enhance Students’ Effective Teamwork Skills. World Journal of Education, 13(2), 1. https://doi.org/10.5430/wje.v13n2p1

Setiariny, E. (2023). Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar Sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan, 20(1), 23–33. https://doi.org/10.54124/jlmp.v20i1.81

Susanti, F., Fitri, L., Asmendri, & Sari, M. (2024). MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYONGSONG KURIKULUM MERDEKA Al-Idaroh : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam Al-Idaroh : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam │ 60. Al-Idaroh Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam, 8(1), 59–71.

Thoriq, A., Hidayati, D., & Rina. (2024). Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar dalam Praktik Baik Implementasi Kurikulum Merdeka. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 11(1), 120–128. https://doi.org/10.24246/j.jk.2024.v11.i1.p120-128

Utomo, U., & Kusumawati, D. (2024). Implementasi Pelatihan Mandiri Platform Merdeka Mengajar dalam Meningkatkan Kompetensi Guru. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 4(1), 61–72. https://doi.org/10.35878/guru.v4i1.1089

Wei, Y. (2022). Digital Literacy in Education: From Local to Global. https://doi.org/10.2991/assehr.k.220504.495

Winda, R., & Dafit, F. (2021). Analisis Kesulitan Guru dalam Penggunaan Media Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 211. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.38941

Yulmasita Bagou, D., & Suking, A. (2020). Analisis Kompetensi Profesional Guru. Jambura Journal of Educational Management, 122–130. https://doi.org/10.37411/jjem.v1i2.522

Downloads

Published

2025-07-28

How to Cite

Hidayat, R., Sukiman, S., Suyatno, S., & Samaalee, A. (2025). Implementasi Platform Merdeka Mengajar dalam Pengembangan Kompetensi Guru: Systematic Literature Review. Journal of Education Research, 6(4), 791–804. https://doi.org/10.37985/jer.v6i4.2261

Issue

Section

Articles

Categories