Hubungan Halo Effect dengan Psychological Well-Being Mahasiswa Magang Studi Independen Bersertifikat
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v6i1.2257Keywords:
Halo Effect, Mahasiswa Magang, Psychological Well-BeingAbstract
Halo Effect adalah kesan pertama atau penilaian ketika pertama kali bertemu orang lain dan Psychological Well-Being adalah gambaran kesehatan psikologis seseorang untuk mencapai optimalisasi perkembangan dirinya. Mahasiswa yang telah memasuki masa dewasa awal akan banyak mengalami ketegangan emosional dan periode penemuan diri. Yayasan Hasnur Centre menjadi penjembatan para mahasiswa tersebut dalam program Magang Studi Independen Bersertifikat dalam menyiapkan calon tenaga profesional agar mahasiswa siap berkecimpung dalam dunia kerja. Tujuan penelitian ini mengetahui hubungan antara variabel Halo Effect dengan Psychological Well-Being. Penelitian ini menggunakan Teknik Probability Random Sampling dengan tingkat kesalahan 10% berjumlah 60 orang mahasiswa MSIB Batch 6 Yayasan Hasnur Centre. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah statistika deskriptif dan korelasi product moment menggunakan IBM SPSS Statistic 26. Hasil penelitian menunjukkan 0,310 > 0,05 yang mengindikasikan tidak adanya hubungan Halo Effect dengan Psychological Well-Being. Hasil kategorisasi pada penelitian ini menunjukkan mahasiswa magang berada pada tingkat sedang pada variabel Halo effect pada variabel Psychological Well-Being. Disimpulkan pada penelitian ini tidak terdapat hubungan karena psychological well-Being lebih banyak dipengaruhi oleh lingkungan, budaya kerja dan kegiatan pengembangan saat magang. Penelitian ini dapat menjadi gambaran dukungan pengembangan kompetensi pada saat magang dapat membantu mahasiswa dalam mencapai kesejahteraan psikologis mahasiswa.
Downloads
References
Aditomo, A., & Fathurrohman, M. (2021). Model Inspiratif Layanan Bimbingan Dan Konseling Sekolah Menengah Atas ( SMA ).
Afifah, N., & Nasution, F. (2023). Peran Guru Bimbingan dan Konseling ( BK ) dalam Mengembangkan Kepercayaan Diri dan Kesejahteraan ( Well Being) Siswa. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 368–380.
Afriyani, F., Marlina, John Sihar Manurung, Ikram Yakin, & Rena Augia Putrie. (2024). Pengaruh Interaksi Sosial dan Social Support terhadap Kinerja Karyawan dengan Kepuasan Kerja sebagai Moderasi. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 5(7), 3830–3843. https://doi.org/10.47467/elmal.v5i7.4161
Amando, J., & Sulistiasih. (2024). Hubungan Sense of Humor dengan Psychological Well-being pada Masa Dewasa Awal. Jurnal Psikologi Dan Bimbingan Konseling, 4(1), 1–12.
Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta.
Astuti, D., & Dhania, D. R. (2022). Work engagement ditinjau dari psychological well-being dan komunikasi interpersonal. Collabryzk Journal for Scientific Studies, 1(1), 37–48. https://doi.org/10.58959/cjss.v1i1.6
Atikah, N. (2023). Hubungan Halo Effect dengan Kecemasan Sosial Halo Effect Relationship With Social Anxiety. Jurnal Penelitian Psikologi, 10(03), 676–689.
Ernawati, A. V., Rasdiana, Abas, M., Yusriani, Hadawiah, Nurul Hidayah, Sabtohadi, J., Marlina, H., Mulyani, W., & Zulkarnaini. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. In Pt. Global Eksekutif Teknologi.
Hartanto, D., Bhakti, C. P., & Kurniasih, C. (2021). Urgensi Bimbingan & Konseling di Perguruan Tinggi. Posiding Seminar Nasional “Bimbingan Dan Konseling Islami,” 1, 321–331.
Hermawan, E. (2024). Pengaruh Lingkungan Kerja, Stres Kerja, dan Beban Kerja Terhadap Kinerja PT. Sakti Mobile Jakarta. Jurnal Kajian Ilmiah, 22(2), 173–180. https://doi.org/10.31599/dn4eq582
Isdaryati, M. N. (2024). Menghadapi Tantangan Administrasi di tempat Magang ( CV Griya Persada Engineering ). 1(3), 333–338.
Jabnabillah, F., & Margina, N. (2022). Analisis Korelasi Pearson Dalam Menentukan Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Kemandirian Belajar Pada Pembelajaran Daring. Jurnal Sintak, 1(1), 14–18. https://journal.iteba.ac.id/index.php/jurnalsintak/article/view/23
Muslima, Faktri, & Mukhlis. (2021). Analisis kesulitan mahasiswa dalam melaksanakan magang prodi bimbingan konseling Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar- Raniry. Education, Science, and Technology International Conference (ESTETIC) 2021, 1(1), 123.
Noor, N., Beram, S., Huat, F. K. C., Gengatharan, K., & Rasidi, M. S. M. (2023). Bias, Halo Effect and Horn Effect: A Systematic Literature Review. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 13(3), 1116–1140. https://doi.org/10.6007/ijarbss/v13-i3/16733
Putri Siregar, A. A., Dinul Qoyyimah, N., Surayya, A., Yamni F Nasution, S. N., & Yunita Siregar, D. (2024). Pengaruh Magang Pendidikan Terhadap Pengembangan Kompetensi Mahasiswa. GURUKU: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 2(1), 81–89. https://doi.org/10.59061/guruku.v2i1.567
Rahama, K. (2021). Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Psychological Well-Being Pada Karyawan. Character: Jurnal Penelitian Psikologi Organisasi, 8(7), 94–105.
Rahim, A., Putra, F., & Solina, W. (2022). Ketercapaian Tugas Perkembangan Mahasiswa pada Masa Dewasa Awal di Universitas PGRI Sumatera Barat (Studi Pada Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Angkatan 2018). JUANG : Jurnal Wahana Konseling, 5(1), 70–79. https://doi.org/10.31851/juang.v5i1.7962
Ryff, C. D., & Keyes, C. L. M. (1995). The Structure of Psychological Well-Being Revisited. Journal of Personality and Social Psychology, 69(4), 719–727. https://doi.org/10.1037/0022-3514.69.4.719
Santoso, A. Y., & Wibowo, D. H. (2024). Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya dan Psychological Well-Being Pada Mahasiswa Rantau Pasca Pandemi. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(4), 3910–3920.
Santrock, J. W. (2024). Development, Life-Span (19th ed.). Mc Graw Hill.
Sari, I. D., Tirtabudi, M., Surjo, F. R., & Hastuti, R. (2024). The relationship between work life balance and psychological well-being among students participating in the MBKM program. Journal of Social and Economics Research, 6(1), 756–765. https://idm.or.id/JSER/index.
Siregar, E. Y., Nababan, E. M., Ginting, E. R., Nainggolan, B. A., Ritonga, D. L., & Nababan, D. (2022). Perlunya Pembinaan Terhadap Dewasa Awal Dalam Menghadapi Tugas Perkembanganya. Lumen: Jurnal Pendidikan Agama Katekese Dan Pastoral, 1(2), 16–22. https://doi.org/10.55606/lumen.v1i2.39
Supriyatno, H., & Luailik, E. (2022). Peningkatan Kompetensi Melalui Program Magang: Studi Kasus di Perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya. AL Maktabah, 7(1), 53. https://doi.org/10.29300/mkt.v7i1.6398
Thorndike, E. L. (1920). A constant error in psychological ratings. Journal of Applied Psychology, 4(1), 25–29. https://doi.org/10.1037/h0071663
Wibowo, A. D. A., Nopriyanto, R., Sitepu, J., Brilianti, A. E., Makmur, W., Habibullah, B., Apriana, S., Rahim, C. A., Osman, I., Satata, D. B. M., Hendra, Fernanda, H., Rohmanudin, I., Nazira, A., & Metris, D. (2023). Perilaku Organisasi. Penamuda Media.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Nurul Azkiya, Eklys Cheseda Makaria, Muhammad Arsyad

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).