Hubungan Halo Effect dengan Psychological Well-Being Mahasiswa Magang Studi Independen Bersertifikat

Authors

  • Nurul Azkiya Bimbingan dan Konseling, Universitas Lambung Mangkurat, Indonesia
  • Eklys Cheseda Makaria Bimbingan dan Konseling, Universitas Lambung Mangkurat, Indonesia
  • Muhammad Arsyad Bimbingan dan Konseling, Universitas Lambung Mangkurat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v6i1.2257

Keywords:

Halo Effect, Mahasiswa Magang, Psychological Well-Being

Abstract

Halo Effect adalah kesan pertama atau penilaian ketika pertama kali bertemu orang lain dan Psychological Well-Being adalah gambaran kesehatan psikologis seseorang untuk mencapai optimalisasi perkembangan dirinya. Mahasiswa yang telah memasuki masa dewasa awal akan banyak mengalami ketegangan emosional dan periode penemuan diri. Yayasan Hasnur Centre menjadi penjembatan para mahasiswa tersebut dalam program Magang Studi Independen Bersertifikat dalam menyiapkan calon tenaga profesional agar mahasiswa siap berkecimpung dalam dunia kerja. Tujuan penelitian ini mengetahui hubungan antara variabel Halo Effect dengan Psychological Well-Being. Penelitian ini menggunakan Teknik Probability Random Sampling dengan tingkat kesalahan 10% berjumlah 60 orang mahasiswa MSIB Batch 6 Yayasan Hasnur Centre. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah statistika deskriptif dan korelasi product moment menggunakan IBM SPSS Statistic 26. Hasil penelitian menunjukkan 0,310 > 0,05 yang mengindikasikan tidak adanya hubungan Halo Effect dengan Psychological Well-Being. Hasil kategorisasi pada penelitian ini menunjukkan mahasiswa magang berada pada tingkat sedang pada variabel Halo effect pada variabel Psychological Well-Being. Disimpulkan pada penelitian ini tidak terdapat hubungan karena psychological well-Being lebih banyak dipengaruhi oleh lingkungan, budaya kerja dan kegiatan pengembangan saat magang. Penelitian ini dapat menjadi gambaran dukungan pengembangan kompetensi pada saat magang dapat membantu mahasiswa dalam mencapai kesejahteraan psikologis mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aditomo, A., & Fathurrohman, M. (2021). Model Inspiratif Layanan Bimbingan Dan Konseling Sekolah Menengah Atas ( SMA ).

Afifah, N., & Nasution, F. (2023). Peran Guru Bimbingan dan Konseling ( BK ) dalam Mengembangkan Kepercayaan Diri dan Kesejahteraan ( Well Being) Siswa. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 368–380.

Afriyani, F., Marlina, John Sihar Manurung, Ikram Yakin, & Rena Augia Putrie. (2024). Pengaruh Interaksi Sosial dan Social Support terhadap Kinerja Karyawan dengan Kepuasan Kerja sebagai Moderasi. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 5(7), 3830–3843. https://doi.org/10.47467/elmal.v5i7.4161

Amando, J., & Sulistiasih. (2024). Hubungan Sense of Humor dengan Psychological Well-being pada Masa Dewasa Awal. Jurnal Psikologi Dan Bimbingan Konseling, 4(1), 1–12.

Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta.

Astuti, D., & Dhania, D. R. (2022). Work engagement ditinjau dari psychological well-being dan komunikasi interpersonal. Collabryzk Journal for Scientific Studies, 1(1), 37–48. https://doi.org/10.58959/cjss.v1i1.6

Atikah, N. (2023). Hubungan Halo Effect dengan Kecemasan Sosial Halo Effect Relationship With Social Anxiety. Jurnal Penelitian Psikologi, 10(03), 676–689.

Ernawati, A. V., Rasdiana, Abas, M., Yusriani, Hadawiah, Nurul Hidayah, Sabtohadi, J., Marlina, H., Mulyani, W., & Zulkarnaini. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. In Pt. Global Eksekutif Teknologi.

Hartanto, D., Bhakti, C. P., & Kurniasih, C. (2021). Urgensi Bimbingan & Konseling di Perguruan Tinggi. Posiding Seminar Nasional “Bimbingan Dan Konseling Islami,” 1, 321–331.

Hermawan, E. (2024). Pengaruh Lingkungan Kerja, Stres Kerja, dan Beban Kerja Terhadap Kinerja PT. Sakti Mobile Jakarta. Jurnal Kajian Ilmiah, 22(2), 173–180. https://doi.org/10.31599/dn4eq582

Isdaryati, M. N. (2024). Menghadapi Tantangan Administrasi di tempat Magang ( CV Griya Persada Engineering ). 1(3), 333–338.

Jabnabillah, F., & Margina, N. (2022). Analisis Korelasi Pearson Dalam Menentukan Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Kemandirian Belajar Pada Pembelajaran Daring. Jurnal Sintak, 1(1), 14–18. https://journal.iteba.ac.id/index.php/jurnalsintak/article/view/23

Muslima, Faktri, & Mukhlis. (2021). Analisis kesulitan mahasiswa dalam melaksanakan magang prodi bimbingan konseling Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar- Raniry. Education, Science, and Technology International Conference (ESTETIC) 2021, 1(1), 123.

Noor, N., Beram, S., Huat, F. K. C., Gengatharan, K., & Rasidi, M. S. M. (2023). Bias, Halo Effect and Horn Effect: A Systematic Literature Review. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 13(3), 1116–1140. https://doi.org/10.6007/ijarbss/v13-i3/16733

Putri Siregar, A. A., Dinul Qoyyimah, N., Surayya, A., Yamni F Nasution, S. N., & Yunita Siregar, D. (2024). Pengaruh Magang Pendidikan Terhadap Pengembangan Kompetensi Mahasiswa. GURUKU: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 2(1), 81–89. https://doi.org/10.59061/guruku.v2i1.567

Rahama, K. (2021). Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Psychological Well-Being Pada Karyawan. Character: Jurnal Penelitian Psikologi Organisasi, 8(7), 94–105.

Rahim, A., Putra, F., & Solina, W. (2022). Ketercapaian Tugas Perkembangan Mahasiswa pada Masa Dewasa Awal di Universitas PGRI Sumatera Barat (Studi Pada Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Angkatan 2018). JUANG : Jurnal Wahana Konseling, 5(1), 70–79. https://doi.org/10.31851/juang.v5i1.7962

Ryff, C. D., & Keyes, C. L. M. (1995). The Structure of Psychological Well-Being Revisited. Journal of Personality and Social Psychology, 69(4), 719–727. https://doi.org/10.1037/0022-3514.69.4.719

Santoso, A. Y., & Wibowo, D. H. (2024). Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya dan Psychological Well-Being Pada Mahasiswa Rantau Pasca Pandemi. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(4), 3910–3920.

Santrock, J. W. (2024). Development, Life-Span (19th ed.). Mc Graw Hill.

Sari, I. D., Tirtabudi, M., Surjo, F. R., & Hastuti, R. (2024). The relationship between work life balance and psychological well-being among students participating in the MBKM program. Journal of Social and Economics Research, 6(1), 756–765. https://idm.or.id/JSER/index.

Siregar, E. Y., Nababan, E. M., Ginting, E. R., Nainggolan, B. A., Ritonga, D. L., & Nababan, D. (2022). Perlunya Pembinaan Terhadap Dewasa Awal Dalam Menghadapi Tugas Perkembanganya. Lumen: Jurnal Pendidikan Agama Katekese Dan Pastoral, 1(2), 16–22. https://doi.org/10.55606/lumen.v1i2.39

Supriyatno, H., & Luailik, E. (2022). Peningkatan Kompetensi Melalui Program Magang: Studi Kasus di Perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya. AL Maktabah, 7(1), 53. https://doi.org/10.29300/mkt.v7i1.6398

Thorndike, E. L. (1920). A constant error in psychological ratings. Journal of Applied Psychology, 4(1), 25–29. https://doi.org/10.1037/h0071663

Wibowo, A. D. A., Nopriyanto, R., Sitepu, J., Brilianti, A. E., Makmur, W., Habibullah, B., Apriana, S., Rahim, C. A., Osman, I., Satata, D. B. M., Hendra, Fernanda, H., Rohmanudin, I., Nazira, A., & Metris, D. (2023). Perilaku Organisasi. Penamuda Media.

Downloads

Published

2025-01-25

How to Cite

Azkiya, N., Makaria, E. C., & Arsyad, M. (2025). Hubungan Halo Effect dengan Psychological Well-Being Mahasiswa Magang Studi Independen Bersertifikat. Journal of Education Research, 6(1), 50–60. https://doi.org/10.37985/jer.v6i1.2257

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check