Optimalisasi Penggunaan Media Digital untuk Pengembangan Umkm di Forum Ikm Kabupaten Bojonegoro

Authors

  • Fadiah Idzni Nadhila Pendidikan Non Formal, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Amin Yusuf Pendidikan Non Formal, Universitas Negeri Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v6i1.2255

Keywords:

Optimalisasi, difusi inovasi, media digital, UMKM

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menganalisis tingkat penggunaan media digital di kalangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam Forum IKM Kabupaten Bojonegoro, mengidentifikasi kendala yang dihadapi, serta merumuskan strategi efektif untuk mengoptimalkan penggunaan media digital dalam pengembangan usaha. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan desain deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media digital oleh pelaku UMKM di Forum IKM Bojonegoro telah menunjukkan perkembangan yang signifikan, terutama dalam pemasaran produk melalui platform seperti WhatsApp Business, yang membantu mereka bangkit dari kondisi sulit pasca pandemi. Namun, masih terdapat kendala dalam implementasinya, terutama terkait dengan keterbatasan pemahaman pelaku UMKM mengenai penggunaan media digital secara efektif. Oleh karena itu, diperlukan program pendampingan berkala dari Forum IKM Bojonegoro untuk meningkatkan kemampuan dan pemahaman pelaku UMKM, sehingga dapat memaksimalkan potensi pengembangan usaha UMKM di era digital ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anam, K., & Yosepha, S. Y. (2024). Analisis Pengembangan UMKM Dalam Implementasi E-Commerce Untuk Meningkatkan Daya Saing Di Era Digital 1Khoirul. Jurnal Manajemen, 11, 96–107. https://doi.org/10.37817/jurnalmanajemen.v11i1

Aribowo, E. P., & Emanuel, A. W. R. (2023). Perancangan Arsitektur Sistem Distribusi Pupuk Bersubsidi dengan Teknologi Blockchain. Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 9(2), 189–199. https://doi.org/10.28932/jutisi.v9i2.6098

Bain and Company. (2023). Country Spotlight: Indonesia. Temasek, 1–14. https://economysea.withgoogle.com/report/

Hendra Halim, T. Meldi Kesuma, & M. Ridha Siregar. (2023). Digital Transformation Strategy to Optimize Company Performance. Jurnal Manajemen Bisnis, Akuntansi Dan Keuangan, 2(2), 189–200. https://doi.org/10.55927/jambak.v2i2.7022

Hendrian, S., Hakim, A. R., & Syafii, A. (2023). Strategi Pemasaran Digital Dan Dampaknya Terhadap Pertumbuhan Bisnis: Studi Komparatif Pada Industri Ritel. Cakrawala Repositori IMWI, 6(6), 2348–2353. https://doi.org/10.52851/cakrawala.v6i6.444

Institute for Development of Economics and Finance (INDEF). (2024). Peran Platform Digital Terhadap Pengembangan Umkm Di Indonesia. 1–47.

Kamil, I., & Miranda, T. (2024). Literature Review Pengaruh E-Commerce Terhadap Umkm Pada Era New Normal. Journal of Economic and Digital Business), 1(1), 35–43.

Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia. (2021). UMKM Menjadi Pilar Penting dalam Perekonomian Indonesia. https://ekon.go.id/publikasi/detail/2969/umkm-menjadi-pilar-penting-dalam-perekonomian-indonesia

Leão, P., & da Silva, M. M. (2021). Impacts of digital transformation on firms’ competitive advantages: A systematic literature review. Strategic Change, 30(5), 421–441. https://doi.org/10.1002/jsc.2459

Majelis Permusyawaratan Rakyat. (2023). Segera Atasi Kendala dalam Transformasi Digital di Sektor UMKM. https://mail.mpr.go.id/berita/Segera-Atasi-Kendala-dalam-Transformasi-Digital-di-Sektor-UMKM

Malik, A., Arbarini, M., Yusuf, A., Ilyas, & Mu’arifuddin. (2021). Jurnal implementasi. Pemberdayaan Masyarakat Desa Melalui Pelatihan Social Media Officer Menuju Desa Mandiri Di Desa Kalongan Kabupaten Semarang, 1(2), 214–219.

Muarifuddin, Mulyono, S. E., & Malik, A. (2016). Analisis Kebutuhan Pengembangan Desa Wisata Batik Kecamatan Lasem Kabupaten Rembang Muarifuddin. Journal of Nonformal Education, 2(1).

Mulyati, I., Mansyuruddin, M., Adrianus, A., Bahari, Y., & Warneri, W. (2023). Proses Difusi Inovasi dalam Penerapan Metode Pengajaran Baru. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(6), 2425–2433. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i6.5769

Rivera, E. P., Arrivillaga, M. R., Juárez, J. G., Stone, S. M. D. U., Berganza, E., & Pennington, P. M. (2023). Adoption of community-based strategies for sustainable vector control and prevention. 1–15. https://doi.org/10.1186/s12889-023-16516-8

Rizki, K. (2022). How Digitalization is Transforming Indonesia’s MSMEs. World Economic Forum. https://www.weforum.org/stories/2022/05/digitalization-growth-indonesia-msmes/

Rogers, E. M. (2003). Diffusion of Innovations (Fifth Edition). Free Press.

Sasongko, D. (2020). UMKM Bangkit, Ekonomi Indonesia Terungkit. Kementerian Keuangan. https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/13317/UMKM-Bangkit-Ekonomi-Indonesia-Terungkit.html

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (M. Dr. Ir. Sutopo. S.Pd (ed.); 2nd ed.). Penerbit Alfabeta.

Sulaiman, E., Handayani, C., & Widyastuti, S. (2021). Transformasi Digital Technology-Organization- Environment ( Toe ) Dan Inovasi Difusi E-Business Untuk Umkm Yang Berkelanjutan : Model Konseptual. 51–62.

Suliswanto, M. S. W., & Rofik, M. (2019). Economics and business. The Cambridge Companion to Victorian Culture, 2(1). https://doi.org/10.1017/CCOL9780521886994.004

Tambunan, T. T. H. (2019). Recent Development of Micro, Small and Medium Enterprises in Indonesia. International Journal of Social Sciences and Management Review, 06(01), 193–214. https://doi.org/10.37602/ijssmr.2022.6112

Vidiastuti, D. P., & Darwin, M. (2023). Difusi dan Adopsi Inovasi SiBakul Markethub Free Ongkir DIY di Era Pandemi Covid-19 Diffusion and Adoption of SiBakul Markethub Innovation Free Shipping DIY in the Era of the Covid-19. 7, 49–60.

Downloads

Published

2025-02-10

How to Cite

Nadhila, F. I., & Yusuf, A. (2025). Optimalisasi Penggunaan Media Digital untuk Pengembangan Umkm di Forum Ikm Kabupaten Bojonegoro. Journal of Education Research, 6(1), 181–187. https://doi.org/10.37985/jer.v6i1.2255

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check