Optimalisasi Penggunaan Media Digital untuk Pengembangan Umkm di Forum Ikm Kabupaten Bojonegoro
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v6i1.2255Keywords:
Optimalisasi, difusi inovasi, media digital, UMKMAbstract
Artikel ini bertujuan untuk menganalisis tingkat penggunaan media digital di kalangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam Forum IKM Kabupaten Bojonegoro, mengidentifikasi kendala yang dihadapi, serta merumuskan strategi efektif untuk mengoptimalkan penggunaan media digital dalam pengembangan usaha. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan desain deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media digital oleh pelaku UMKM di Forum IKM Bojonegoro telah menunjukkan perkembangan yang signifikan, terutama dalam pemasaran produk melalui platform seperti WhatsApp Business, yang membantu mereka bangkit dari kondisi sulit pasca pandemi. Namun, masih terdapat kendala dalam implementasinya, terutama terkait dengan keterbatasan pemahaman pelaku UMKM mengenai penggunaan media digital secara efektif. Oleh karena itu, diperlukan program pendampingan berkala dari Forum IKM Bojonegoro untuk meningkatkan kemampuan dan pemahaman pelaku UMKM, sehingga dapat memaksimalkan potensi pengembangan usaha UMKM di era digital ini.
Downloads
References
Anam, K., & Yosepha, S. Y. (2024). Analisis Pengembangan UMKM Dalam Implementasi E-Commerce Untuk Meningkatkan Daya Saing Di Era Digital 1Khoirul. Jurnal Manajemen, 11, 96–107. https://doi.org/10.37817/jurnalmanajemen.v11i1
Aribowo, E. P., & Emanuel, A. W. R. (2023). Perancangan Arsitektur Sistem Distribusi Pupuk Bersubsidi dengan Teknologi Blockchain. Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 9(2), 189–199. https://doi.org/10.28932/jutisi.v9i2.6098
Bain and Company. (2023). Country Spotlight: Indonesia. Temasek, 1–14. https://economysea.withgoogle.com/report/
Hendra Halim, T. Meldi Kesuma, & M. Ridha Siregar. (2023). Digital Transformation Strategy to Optimize Company Performance. Jurnal Manajemen Bisnis, Akuntansi Dan Keuangan, 2(2), 189–200. https://doi.org/10.55927/jambak.v2i2.7022
Hendrian, S., Hakim, A. R., & Syafii, A. (2023). Strategi Pemasaran Digital Dan Dampaknya Terhadap Pertumbuhan Bisnis: Studi Komparatif Pada Industri Ritel. Cakrawala Repositori IMWI, 6(6), 2348–2353. https://doi.org/10.52851/cakrawala.v6i6.444
Institute for Development of Economics and Finance (INDEF). (2024). Peran Platform Digital Terhadap Pengembangan Umkm Di Indonesia. 1–47.
Kamil, I., & Miranda, T. (2024). Literature Review Pengaruh E-Commerce Terhadap Umkm Pada Era New Normal. Journal of Economic and Digital Business), 1(1), 35–43.
Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia. (2021). UMKM Menjadi Pilar Penting dalam Perekonomian Indonesia. https://ekon.go.id/publikasi/detail/2969/umkm-menjadi-pilar-penting-dalam-perekonomian-indonesia
Leão, P., & da Silva, M. M. (2021). Impacts of digital transformation on firms’ competitive advantages: A systematic literature review. Strategic Change, 30(5), 421–441. https://doi.org/10.1002/jsc.2459
Majelis Permusyawaratan Rakyat. (2023). Segera Atasi Kendala dalam Transformasi Digital di Sektor UMKM. https://mail.mpr.go.id/berita/Segera-Atasi-Kendala-dalam-Transformasi-Digital-di-Sektor-UMKM
Malik, A., Arbarini, M., Yusuf, A., Ilyas, & Mu’arifuddin. (2021). Jurnal implementasi. Pemberdayaan Masyarakat Desa Melalui Pelatihan Social Media Officer Menuju Desa Mandiri Di Desa Kalongan Kabupaten Semarang, 1(2), 214–219.
Muarifuddin, Mulyono, S. E., & Malik, A. (2016). Analisis Kebutuhan Pengembangan Desa Wisata Batik Kecamatan Lasem Kabupaten Rembang Muarifuddin. Journal of Nonformal Education, 2(1).
Mulyati, I., Mansyuruddin, M., Adrianus, A., Bahari, Y., & Warneri, W. (2023). Proses Difusi Inovasi dalam Penerapan Metode Pengajaran Baru. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(6), 2425–2433. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i6.5769
Rivera, E. P., Arrivillaga, M. R., Juárez, J. G., Stone, S. M. D. U., Berganza, E., & Pennington, P. M. (2023). Adoption of community-based strategies for sustainable vector control and prevention. 1–15. https://doi.org/10.1186/s12889-023-16516-8
Rizki, K. (2022). How Digitalization is Transforming Indonesia’s MSMEs. World Economic Forum. https://www.weforum.org/stories/2022/05/digitalization-growth-indonesia-msmes/
Rogers, E. M. (2003). Diffusion of Innovations (Fifth Edition). Free Press.
Sasongko, D. (2020). UMKM Bangkit, Ekonomi Indonesia Terungkit. Kementerian Keuangan. https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/13317/UMKM-Bangkit-Ekonomi-Indonesia-Terungkit.html
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (M. Dr. Ir. Sutopo. S.Pd (ed.); 2nd ed.). Penerbit Alfabeta.
Sulaiman, E., Handayani, C., & Widyastuti, S. (2021). Transformasi Digital Technology-Organization- Environment ( Toe ) Dan Inovasi Difusi E-Business Untuk Umkm Yang Berkelanjutan : Model Konseptual. 51–62.
Suliswanto, M. S. W., & Rofik, M. (2019). Economics and business. The Cambridge Companion to Victorian Culture, 2(1). https://doi.org/10.1017/CCOL9780521886994.004
Tambunan, T. T. H. (2019). Recent Development of Micro, Small and Medium Enterprises in Indonesia. International Journal of Social Sciences and Management Review, 06(01), 193–214. https://doi.org/10.37602/ijssmr.2022.6112
Vidiastuti, D. P., & Darwin, M. (2023). Difusi dan Adopsi Inovasi SiBakul Markethub Free Ongkir DIY di Era Pandemi Covid-19 Diffusion and Adoption of SiBakul Markethub Innovation Free Shipping DIY in the Era of the Covid-19. 7, 49–60.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Fadiah Idzni Nadhila, Amin Yusuf

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).