Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Kreativitas Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v6i1.2247Keywords:
Model Pembelajaran Inkuiri, Pembelajaran IPAS, Kreativitas AnakAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi pembelajaran yang kurang menggali pemikiran siswa, rendahnya tingkat kreativitas belajar peserta didik, proses pembelajaran yang masih dominan menggunakan metode ceramah, serta kurangnya pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terhadap kreativitas belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS Sekolah Dasar. Kebaruan penelitian ini terletak pada eksplorasi mendalam mengenai bagaimana model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan kreativitas belajar peserta didik secara signifikan melalui pendekatan partisipatif dan eksploratif. Metode penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen menggunakan metode Quasi Eksperimen Design. Sampel penelitian 55 peserta didik yang diambil menggunakan teknik probability sampling. Instrumen penelitian menggunakan modul pembelajaran dan angket berpikir kreatif. Analisis data dilakukan menggunakan Uji T. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh signifikan model pembelajaran inkuiri terhadap kreativitas belajar peserta didik. Penerapan model pembelajaran inkuiri mendorong siswa untuk aktif berpartisipasi dan mengeksplorasi pengetahuan mereka, sehingga mendukung pengembangan ide-ide kreatif. Hasil penelitian ini mengimplikasikan bahwa model pembelajaran inkuiri dapat menjadi alternatif yang efektif untuk diterapkan dalam pembelajaran IPAS, khususnya dalam meningkatkan kreativitas belajar siswa. Temuan ini memberikan rekomendasi kepada pembuat kebijakan pendidikan dan pihak sekolah untuk memprioritaskan penerapan model inkuiri sebagai upaya meningkatkan kualitas pembelajaran yang lebih bermakna.
Downloads
References
Antika, M. S., Andriani, L., & Revita, R. (2019). Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-square terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis ditinjau dari kemampuan awal matematika siswa SMP. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning, 2(2), 118–129.
Ardila, A. (2023). Penerapan model pembelajaran project-based learning untuk meningkatkan kreativitas belajar peserta didik dalam mewujudkan profil pelajar Pancasila pada kelas IV MIN 20 Aceh Besar. Skripsi. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35393/1/Aura%20Ardila,%20190209176,%20FTK,%20PGMI.pdf
Asrul, T., A. R., & Risakotta, H. (2020). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar IPA pada materi panca indra manusia bagi siswa sekolah dasar. Jurnal Papeda, 2(1), 378–387.
Bruner. (2015). Tujuan dan manfaat model pembelajaran inkuiri. Jurnal Pendidikan, 104.
Bruner. (2016). Kelebihan–kelebihan model pembelajaran inkuiri. Jurnal Pendidikan, 16.
Carlucy, Suadnyana, & Negara. (2018). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media konkret terhadap kompetensi pengetahuan IPA. Mimbar Ilmu Undiksha, 23(2), 162–169. https://doi.org/10.23887/mi.v23i2.16416
Delimatua. (2022). Model pembelajaran inkuiri terbimbing. Jurnal Pendidikan, 750.
Dharmayanti. (2018). Ciri-ciri model inkuiri. Jurnal Pendidikan, 2(13), 5–6.
Hamdayama, J. (2016). Metodologi pengajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Ismayani. (2018). Profil kreatif siswa pada mata pelajaran matematika SD kelas 4. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 67.
Juliana, S. (2018). Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VIII semester II SMPN 5 Siak Kecil Kecamatan Siak Kabupaten Bengkalis. Journal Edukatif, 2(2), 18–27.
Kurniasih, & Sani. (2015). Teknis model pembelajaran inkuiri. Jurnal Pendidikan, 113–114.
Kurniasih, & Sani. (2015). Pelaksanaan model inkuiri. Jurnal Pendidikan, 115–117.
Kurniasih. (2015). Kelebihan model inkuiri terbimbing. Jurnal Pendidikan, 114.
Minarsih. (2019). Pengertian kreativitas. Jurnal Pendidikan, 70.
Mita, N. (2018). Pembelajaran fisika dengan pendekatan saintifik menggunakan metode eksperimen dan metode proyek ditinjau dari kreativitas dan kemampuan pemecahan masalah pada peserta didik kelas XI SMA N 2 Surakarta tahun pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Konvergensi, 25(5).
Muliani, N. K. D., & Wibawa, I. M. C. (2019). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan video terhadap hasil belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1), 107–114. Ngalimun. (2017). Strategi pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Parama Ilmu.
Ni Luh. (2022). Kelebihan penggunaan model pembelajaran inkuiri di kelas terhadap peserta didik. Jurnal Pendidikan, 120.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Riri Marfilinda, Aprilia Nissa, Rahmia Tulljanah, Rona Rossa, Elva Zuleni, Wahyuni Mulia Helmi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).