Integrasi Nilai-Nilai Lingkungan Lokal dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia melalui Perancangan Kandang Eco-Friendly

Authors

  • Rani Jayanti Universitas Islam Majapahit, Indonesia
  • Diah Sarasanty Universitas Islam Majapahit, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.2154

Abstract

Perubahan paradigma pembelajaran Bahasa Indonesia di era modern menuntut pengintegrasian nilai-nilai lingkungan berbasis lokal untuk meningkatkan kesadaran lingkungan peserta didik. Artikel ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana konsep lingkungan berbasis lokal dapat diintegrasikan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia melalui studi kasus pada desain kandang kambing eco-friendly di Desa Jrambe. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi nilai-nilai lingkungan berbasis lokal, seperti pemanfaatan material lokal dan penerapan konsep ekonomi sirkular, dapat meningkatkan keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran. Selain itu, penerapan ini mendorong peserta didik untuk lebih memahami relevansi pembelajaran dengan kehidupan nyata. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan pembelajaran Bahasa Indonesia yang lebih kontekstual dan berbasis nilai lokal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Annisha, D. (2024). Integrasi Penggunaan Kearifan Lokal (Local Wisdom) dalam Proses Pembelajaran pada Konsep Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Basicedu, 8(3), 2108–2115. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i3.7706

Ekonomi Sirkular. (2022). Sistem yang Bisa Wujudkan Pembangunan Berkelanjutan. Diakses melalui https://katadata.co.id

Haryanto, D. (2023). Pengembangan sistem pembelajaran berbasis proyek di lingkungan lokal: Studi kasus di Desa Jrambe. Jurnal Pendidikan Lingkungan, 5(4), 100-110.

Integrasi Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Universitas Muhammadiyah Makassar. (2018). Idiomatik: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2), 1-10. https://ejournals.umma.ac.id/index.php/idiomatik/article/view/2116

Integrasi Nilai Budaya Lokal Pada Pembelajaran di Sekolah Dasar. (2024). Journal of Education Research, 5(3), 2993-2998. https://jer.or.id/index.php/jer/article/download/1330/710/6146

Integrasi Penggunaan Kearifan Lokal (Local Wisdom) dalam Proses Pembelajaran pada Konsep Kurikulum Merdeka Belajar. (2024). Jurnal Basicedu, 8(3), 2108–2115. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i3.7706

Perancangan Sekolah Alam Dengan Tema Arsitektur Ramah Lingkungan. (2018). Journal of Architecture and Urbanism Research, 2(1), 21-26. https://ojs.uma.ac.id/index.php/jaur/article/download/2045/1777/5366

Permana, S., & Aditya, R. (2022). Pengaruh pembelajaran berbasis proyek terhadap keterampilan analitis peserta didik dalam memahami isu-isu lingkungan. Jurnal Inovasi Pendidikan, 8(3), 77-89.

Rahma, S. N., & Hindun, H. (2023). Efektivitas Kurikulum Merdeka dalam Proses Pembelajaran di Tingkat Sekolah Menengah Pertama. Reduplikasi: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, 3(2), 1–14. http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/Reduplikasi

Rahmatih, A. N., Maulyda, M. A., & Syazali, M. (2020). Refleksi Nilai Kearifan Lokal (Local Wisdom) dalam Pembelajaran Sains Sekolah Dasar: Literature Review. Jurnal Pijar Mipa, 15(2), 151–156. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i2.1663

Susanti, D., Kurniawan, M., & Wirawan, G. (2023). Metode pembelajaran berbasis proyek dalam pendidikan Bahasa Indonesia untuk pemahaman isu lingkungan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 14(1), 45-58.

Webster, R., Lee, M., & Turnbull, M. (2016). Integrating environmental issues into language education: A framework for enhancing critical thinking and literacy. Journal of Environmental Education, 8(3), 34-47.

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Jayanti, R., & Sarasanty , D. (2024). Integrasi Nilai-Nilai Lingkungan Lokal dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia melalui Perancangan Kandang Eco-Friendly. Journal of Education Research, 5(4), 6813–6818. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.2154

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check

Most read articles by the same author(s)