Integrasi Nilai-Nilai Lingkungan Lokal dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia melalui Perancangan Kandang Eco-Friendly
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.2154Abstract
Perubahan paradigma pembelajaran Bahasa Indonesia di era modern menuntut pengintegrasian nilai-nilai lingkungan berbasis lokal untuk meningkatkan kesadaran lingkungan peserta didik. Artikel ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana konsep lingkungan berbasis lokal dapat diintegrasikan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia melalui studi kasus pada desain kandang kambing eco-friendly di Desa Jrambe. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi nilai-nilai lingkungan berbasis lokal, seperti pemanfaatan material lokal dan penerapan konsep ekonomi sirkular, dapat meningkatkan keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran. Selain itu, penerapan ini mendorong peserta didik untuk lebih memahami relevansi pembelajaran dengan kehidupan nyata. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan pembelajaran Bahasa Indonesia yang lebih kontekstual dan berbasis nilai lokal.
Downloads
References
Annisha, D. (2024). Integrasi Penggunaan Kearifan Lokal (Local Wisdom) dalam Proses Pembelajaran pada Konsep Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Basicedu, 8(3), 2108–2115. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i3.7706
Ekonomi Sirkular. (2022). Sistem yang Bisa Wujudkan Pembangunan Berkelanjutan. Diakses melalui https://katadata.co.id
Haryanto, D. (2023). Pengembangan sistem pembelajaran berbasis proyek di lingkungan lokal: Studi kasus di Desa Jrambe. Jurnal Pendidikan Lingkungan, 5(4), 100-110.
Integrasi Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Universitas Muhammadiyah Makassar. (2018). Idiomatik: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2), 1-10. https://ejournals.umma.ac.id/index.php/idiomatik/article/view/2116
Integrasi Nilai Budaya Lokal Pada Pembelajaran di Sekolah Dasar. (2024). Journal of Education Research, 5(3), 2993-2998. https://jer.or.id/index.php/jer/article/download/1330/710/6146
Integrasi Penggunaan Kearifan Lokal (Local Wisdom) dalam Proses Pembelajaran pada Konsep Kurikulum Merdeka Belajar. (2024). Jurnal Basicedu, 8(3), 2108–2115. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i3.7706
Perancangan Sekolah Alam Dengan Tema Arsitektur Ramah Lingkungan. (2018). Journal of Architecture and Urbanism Research, 2(1), 21-26. https://ojs.uma.ac.id/index.php/jaur/article/download/2045/1777/5366
Permana, S., & Aditya, R. (2022). Pengaruh pembelajaran berbasis proyek terhadap keterampilan analitis peserta didik dalam memahami isu-isu lingkungan. Jurnal Inovasi Pendidikan, 8(3), 77-89.
Rahma, S. N., & Hindun, H. (2023). Efektivitas Kurikulum Merdeka dalam Proses Pembelajaran di Tingkat Sekolah Menengah Pertama. Reduplikasi: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, 3(2), 1–14. http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/Reduplikasi
Rahmatih, A. N., Maulyda, M. A., & Syazali, M. (2020). Refleksi Nilai Kearifan Lokal (Local Wisdom) dalam Pembelajaran Sains Sekolah Dasar: Literature Review. Jurnal Pijar Mipa, 15(2), 151–156. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i2.1663
Susanti, D., Kurniawan, M., & Wirawan, G. (2023). Metode pembelajaran berbasis proyek dalam pendidikan Bahasa Indonesia untuk pemahaman isu lingkungan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 14(1), 45-58.
Webster, R., Lee, M., & Turnbull, M. (2016). Integrating environmental issues into language education: A framework for enhancing critical thinking and literacy. Journal of Environmental Education, 8(3), 34-47.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Rani Jayanti, Diah Sarasanty

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).