Integration of Islamic Values in Basic Education from an Islamic Studies Perspective at UIN Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.2151Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi integrasi nilai-nilai Islam dalam pendidikan dasar di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, serta dampaknya terhadap pembentukan karakter dan moralitas siswa. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus, penelitian ini melibatkan wawancara mendalam dengan guru, siswa, dan pengelola sekolah, serta observasi langsung di kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun terdapat upaya untuk mengintegrasikan nilai-nilai Islam dalam kurikulum, masih ada tantangan yang harus dihadapi, terutama terkait pemahaman dan keterampilan guru dalam mengimplementasikan nilai-nilai tersebut. Penelitian ini menemukan bahwa Kurikulum Merdeka memberikan kebebasan bagi sekolah untuk merancang kurikulum yang sesuai dengan karakteristik peserta didik, namun pengelola sekolah perlu memberikan dukungan yang memadai agar integrasi ini dapat terlaksana dengan baik. Selain itu, siswa yang terpapar pada pembelajaran yang mengintegrasikan nilai-nilai Islam cenderung menunjukkan perilaku yang lebih baik dan pemahaman yang lebih mendalam tentang ajaran agama mereka. Penelitian ini juga menekankan pentingnya revisi materi pembelajaran agar lebih relevan dengan nilai-nilai keislaman serta evaluasi berkala terhadap implementasi integrasi nilai-nilai Islam dalam kurikulum. Keterlibatan orang tua dan masyarakat juga dianggap krusial dalam mendukung pendidikan karakter anak-anak. Dengan demikian, penelitian ini merekomendasikan agar para pendidik terus berupaya mengintegrasikan nilai-nilai Islam secara efektif dalam proses pembelajaran dan melibatkan kegiatan ekstrakurikuler yang mendukung pembentukan karakter siswa. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi pengembangan kurikulum pendidikan dasar yang lebih baik di masa depan.
Downloads
References
Abdurrahman et al. (2022). Integrasi Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Pembelajaran IPA Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Journal STIQ Amuntai, Vol. 1, No. 2.
Abdurrahman et al.(2012)Pengembangan Materi Pembelajaran IPA yang Mengintegrasikan Nilai-Nilai Islam. E-Journal IAIN Curup,Vol. 7.No. 3.
Ahmad et al.(2015)Implementasi Kurikulum Integratif Nilai-Nilai Islam bagi Peserta Didik MI PGM. Cirebon: Genderang Asa,Vol.1 .No.1.
Ahmad, Z., & Salim, M. (2021). The Role of Islamic Educational Technology in Enhancing Learning Outcomes in Primary Schools. Journal of Islamic Education, 13(2), 115-130.
Ali et al.(2013)Analisis Dampak Implementasi Kurikulum Integratif Nilai-Nilai Islam Terhadap Hasil Belajar Siswa SDN Adisucipto Yogyakarta. Journal UIN Sunan Kalijaga,Vol.8 No.2.
Erikson, Erik H. Childhood and Society, (London: Paladin Books, 1977)
Freud, Sigmun, Memperkenalkan Psiko analisa, op, cit, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2006), hlm. Xxx
Freud, Sigmund. Mourning and Melancholi. The Standart Edition of The Complete Psychologycal Works of Sigmund Freud, Volume XIV (1914- 1916) : On the History of the Psycho-Analytic Movement, Papers on Metapsychology and Other Works. (Diterjemahkan oleh James Strachey). (London : The Hogart Press and The Institute of Psycho- Analysis, 1917).
Freud, Sigmund. Pengantar Umum Psikoanalisis, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2006)
Goleman. Destructive Emotions: A Scientific Dialogue with the Dalai Lama, (Bantam Books, 2003)
Hidayatullah et al. (2018). Pengembangan Kurikulum Integratif Nilai-nilai Islam bagi Peserta Didik SDN Adisucipto Yogyakarta. Journal UIN Sunan Kalijaga, Vol. 9, No. 2.
Hidayatullah, R. (2021). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Konteks Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 45-59.
Jaka Siswanta, Pengembangan Karakter Kepribadian Anak Usia Dini (Studi Pada MI Terpadu Di Kabupaten Magelang Tahun 2015), Jurna Penelitian Keagamaan INFERENSI, Vol. 11, No. 1, 2017, DOI : http://dx.doi.org/10.18326/infsl3.v11i1.97-118
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Kurikulum 2013: Konsep dan Implementasi. Jakarta: Kemendikbud.
Mufid, Fathul. Filsafat Ilmu Islam. Kudus: Buku Daros STAIN Kudus Press, 2008.
Muhammad et al.(2014)Strategi Mengintegrasikan Nilai-Nilai Islam dalam Mata Pelajaran IPS. Journal STIQ Amuntai,Vol.1 .No.1.
Nugraha et al. (2017). Analisis Efektivitas Integrasi Nilai-nilai Islam dalam Kurikulum Merdeka Sekolah Dasar.E-Journal IAIN Curup, Vol. 8, No. 3.
Ramli et al. (2016).Integrasi Nilai-Nilai Agama dalam Konteks Globalisasi: Studi Kasus SDIT Al-Ansar Tanjung Pura Langkat. Didaktika, Vol.6 ,No.2,
Rasyid et al. (2019). Strategi Integrasi Nilai-nilai Islam dalam Kurikulum Merdeka: Studi Kasus di Sekolah Dasar Yogyakarta. Jurnal Pendidikan, Vol. 9, No. 3.
Rizki, A., & Nurhadi, S. (2022). Integrasi Nilai-Nilai Islam dalam Pendidikan Dasar: Studi Kasus di SDIT Indonesia. Islamic Studies Review, 10(3), 210-230.
Setiawati, A. (2023). Integrasi Nilai-Nilai Keislaman dalam Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar. Student Journal, Vol. 10, No. 25.
Setiawati, D. (2020). Pengaruh Integrasi Nilai-Nilai Keislaman dalam Kurikulum Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(4), 123-140.
Sitepu, P. (2023). Integrasi Nilai-Nilai Islam pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SDIT Al-Ansar Tanjung Pura Langkat. Didaktika, Vol. 12, No. 3.
Sitepu, R. (2019). Pengembangan Profesionalisme Guru dalam Mengintegrasikan Nilai Islam. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 11(2), 98-112.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Zulkarnaen et al. (2021). Implementasi Integrasi IPS dan Ilmu Agama Islam pada Pembelajaran di MI PGM Kota Cirebon. Genderang Asa, Vol. 2, No. 1.
Zulkarnaen et al.(2011)Studi Kasus Integrasi Nilai-Nilai Islam dalam Kurikulum Merdeka Sekolah Dasar Yogyakarta. Didaktika,Vol. 5.No.3.
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2024 Fuadul Mustofa, Khamim Zarkasih Putro , Rohinah Rohinah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).