Peran Guru dalam Literasi Sekolah Dasar Negeri Kalisari

Authors

  • Dwi Nur Hasanah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Kendal Batang
  • Dian Kusumawati Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Kendal Batang
  • Ade Bagus Primadoni Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Kendal Batang

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v6i2.2144

Keywords:

peran guru, literasi siswa, siswa SD

Abstract

Studi ini fokus pada literasi sebagai keterampilan penting yang mendukung pembelajaran dan meneliti peran guru dalam meningkatkan literasi siswa kelas lima di SD Negeri Kalisari. Observasi dan wawancara digunakan untuk melakukan penelitian deskriptif kualitatif. Hasilnya menunjukkan bahwa guru dapat meningkatkan literasi siswa secara signifikan dengan menggunakan metode kreatif seperti penerapan teknologi, pembiasaan membaca, dan proyek belajar. Selain itu, penciptaan lingkungan belajar yang menyenangkan oleh guru terbukti mendorong minat siswa dalam membaca dan keterampilan menulis mereka. Untuk mendukung literasi siswa, studi ini merekomendasikan pelatihan guru yang lebih baik dan kolaborasi dengan orang tua.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggaraini, D. D. (2015). Peningkatan Pengembangan Nilai Agama Dan Moral Melalui Metode Bercerita. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia DIni, 2(2), 140. https://journal.trunojoyo.ac.id/pgpaudtrunojoyo/article/view/2679

Aritonang, B. D., Citra, I. A., Putu, N., & Tirta, D. (2021). Peningkatan kemampuan literasi anak SD melalui metode bercerita. Seminar Bahasa, Sastra Dan Pengajarannya (PEDALITRA I) Penguatan Literasi Melalui Pengajaran Bahasa Dan Sastra, Pedalitra I, 297–309. https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/pedalitra/article/view/1543

Doludea, A., & Nuraeni, L. (2018). Meningkatkan Keterampilan Menyimak Pada Anak Usia Dini 5-6 Tahun Dengan Metode Bercerita Melalui Wayang Kertas Di Tk Makedonia. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 1(1), 1. https://doi.org/10.22460/ceria.v1i1.p1-5

Fahrianur, Monica, R., Wawan, K., Misnawati, Nurachmana, A., Veniaty, S., & Ramadhan, I. Y. (2023). Implementasi Literasi di Sekolah Dasar. Journal of Student Research (JSR), 1(1), 102–113.

Fitriani, Y., & Aryani, Z. (2024). Meningkatkan Kemampuan Literasi di Kelas Rendah pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Insan Cita Pendidikan, 2. https://iceni.org/index.php/iceni/article/view/60

Handiyani, M. H., & Yunus Abidin. (2023). Peran Guru dalam Membina Literasi Digital Peserta Didik pada Konsep Pembelajaran Abad 21. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 408–414. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5360

Jaa, J. A., Meningkatkan, U., Anak, L., & Mata, P. (2024). PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN METODE sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar tujuan pendidikan nasional . Berdasarkan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 pada. 5(1), 7–12.

Jariah, S., & Marjani. (2019). Peran Guru dalam Gerakan Literasi Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 846–856. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/2643

Khakima, L. N., Zahra, S. F. A., Marlina, L., & Abdullah, Z. (2021). Penerapan Literasi Numerasi dalam Pembelajaran Siswa MI/SD. Prosiding Seminar Nasional PGMI, 1(1), 775–791. http://proceeding.iainpekalongan.ac.id/index.php/semai-775-

Kirana, S., Wiwikananda, S., & Briansyah, A. (2024). Peran Guru Terhadap Keterampilan Membaca Melalui Gerakan Literasi Sekolah Peserta Didik Sekolah Dasar. JESE Journal of Elementary School Education, 1(1), 50–59.

Lestari, F. D., Ibrahim, M., Ghufron, S., & Mariati, P. (2021). Pengaruh Budaya Literasi terhadap Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5087–5099. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1436

Nur Tanfidiyah, & Ferdian Utama. (2019). Mengembangkan Kecerdasan Linguistik Anak Usia Dini Melalui Metode Cerita. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 4(3), 9–18. https://doi.org/10.14421/jga.2019.43-02

Nurbaeti, N., Mayasari, A., & Arifudin, O. (2022). Penerapan Metode Bercerita Dalam Meningkatkan Literasi Anak Terhadap Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Tahsinia, 3(2), 98–106. https://doi.org/10.57171/jt.v3i2.328

Rokmana Rokmana, Endah Noor Fitri, Dian Fixri Andini, Misnawati Misnawati, Alifiah Nurachmana, Ibnu Yustiya Ramadhan, & Syarah Veniaty. (2023). Peran Budaya Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Journal of Student Research, 1(1), 129–140. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i1.960

Setiawan, A. A., & Sudigdo, A. (2019). Penguatan Literasi Siswa Sekolah Dasar Melalui Kunjungan Perpustakaan. Prosiding Seminar Nasional PGSD, 2015, 24–30. https://core.ac.uk/download/pdf/230386992.pdf

Wiratsiwi, W. (2020). Penerapan Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(2), 230–238. https://doi.org/10.24176/re.v10i2.4663

Downloads

Published

2025-05-21

How to Cite

Hasanah, D. N., Kusumawati, D., & Primadoni, A. B. (2025). Peran Guru dalam Literasi Sekolah Dasar Negeri Kalisari. Journal of Education Research, 6(2), 441–446. https://doi.org/10.37985/jer.v6i2.2144

Issue

Section

Articles

Categories