Analisis Ketrampilan Membaca Teks Eksplanasi Siswa Kelas VI SDIT Ditinjau dari Logika Berpikir Taksonomi Bloom Revisi

Authors

  • Armawati Armawati PGMI Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia
  • Mhmd. Habibi PGMI Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.2142

Keywords:

Ketrampilan Membaca, Teks Eksplanasi, Taksonomi Bloom

Abstract

Membaca sangat penting untuk mendapatkan informasi dan memberi pembaca wawasan baru. Fokus penelitian ini untuk mengetahui apakah logika taksonomi bloom dapat membantu siswa SDIT Sekolah Al Izhar Pekanbaru dalam membaca teks eksplanasi. Penelitian ini bersifat kuantitatif dan menggunakan eksperimen semu. Siswa kelas VI SDIT Al Izhar Pekanbaru, yang terdiri dari 24 orang, dipilih sebagai kelompok kontrol sebelum dan sesudah ujian dan penting bagi mereka memahami teks eksplanasi. Digunakan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa memiliki kemampuan membaca teks eksplanasi dengan skor rata-rata 82,92 pada pretest (di bawah KKM 83) dan 93,75 pada posttest, yang masing-masing berada dalam kategori sangat baik. Menurut uji hipotesis dengan uji T sampel berpasangan, Ho ditolak dan Ha diterima. Ini menunjukkan bahwa nilai t hitung lebih besar dari t tabel, yaitu 5,642 lebih besar dari 1,17139. Ini menunjukkan bahwa keterampilan membaca teks eksplanasi siswa dipengaruhi secara signifikan oleh penggunaan taksonomi berpikir logis taksonomi Bloom.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Elisabeth L.R dan Budiharto, T. 2015 Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Menggunakan Model Pembelajaran scramble Wacana pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar, Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(6): 1–5

Kazakoff, E. R., Macaruso, P., & Hook, P. (2018). Efficacy of a blended learning approach to elementary school reading instruction for students who are English Learners. Educational Technology Research and Development, 66(2), 429–449. https://doi.org/10.1007/s11423-017-9565-7

Khaatimah, H., Pendidikan, T., & Mataram, F. I. P. I. (2017). Sebesar 6,884 Dan T. 2, 76–87.

Kurniaman, O., & Noviana, E. (2016). Metode Membaca Sas (Struktural Analitik Sintetik)Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaandi Kelas I Sdn 79 Pekanbaru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 149. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v5i2.3705

Molapisi, G. (2024). Teaching Strategies for Enhancing Reading Fluency and Comprehension Among Learners with Mild Hearing Impairment in Mainstream Classrooms. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 23(9), 453–471. https://doi.org/10.26803/ijlter.23.9.23

Muhafidin,2016. Pembelajaran Membaca Pemahaman Pada Siswa Kelas VI SD Negeri 1 Cidempet Kecamatan Arahan Kabupaten Indramayu. Profesi Pendidikan Dasar, 3 (1): 66–70

Mutmainnah, N., & Amanda, R. A. (2024). Merencanakan Kegiatan Pembelajaran ( Menyatakan Tujuan Pembelajaran ). 1(5), 363–375.

Sumargo, Yohanes. 2022. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Dalam Menyajikan Informasi Penting Teks Eksplanasi Dengan Menggunakan Kata Tanya dalam Bentuk Diagram di Kelas VII B SDN 1 Batuah Melalui Media Kartu Kalimat Meningkatkan Hasil Belajar Si. Cendekia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10 (1): 113– 22

Suprianto, Edy. 2020. Implementasi Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1 (02): 22-31

Zahara, D., & Afnita, A. (2020). Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Deskripsi dengan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Bonjol. Diksa : Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(2), 83–92. https://doi.org/10.33369/diksa.v6i2.11062

Downloads

Published

2024-12-27

How to Cite

Armawati, A., & Habibi, M. (2024). Analisis Ketrampilan Membaca Teks Eksplanasi Siswa Kelas VI SDIT Ditinjau dari Logika Berpikir Taksonomi Bloom Revisi. Journal of Education Research, 5(4), 6720–6726. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.2142

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check