Analisis Ketrampilan Membaca Teks Eksplanasi Siswa Kelas VI SDIT Ditinjau dari Logika Berpikir Taksonomi Bloom Revisi
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.2142Keywords:
Ketrampilan Membaca, Teks Eksplanasi, Taksonomi BloomAbstract
Membaca sangat penting untuk mendapatkan informasi dan memberi pembaca wawasan baru. Fokus penelitian ini untuk mengetahui apakah logika taksonomi bloom dapat membantu siswa SDIT Sekolah Al Izhar Pekanbaru dalam membaca teks eksplanasi. Penelitian ini bersifat kuantitatif dan menggunakan eksperimen semu. Siswa kelas VI SDIT Al Izhar Pekanbaru, yang terdiri dari 24 orang, dipilih sebagai kelompok kontrol sebelum dan sesudah ujian dan penting bagi mereka memahami teks eksplanasi. Digunakan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa memiliki kemampuan membaca teks eksplanasi dengan skor rata-rata 82,92 pada pretest (di bawah KKM 83) dan 93,75 pada posttest, yang masing-masing berada dalam kategori sangat baik. Menurut uji hipotesis dengan uji T sampel berpasangan, Ho ditolak dan Ha diterima. Ini menunjukkan bahwa nilai t hitung lebih besar dari t tabel, yaitu 5,642 lebih besar dari 1,17139. Ini menunjukkan bahwa keterampilan membaca teks eksplanasi siswa dipengaruhi secara signifikan oleh penggunaan taksonomi berpikir logis taksonomi Bloom.
Downloads
References
Elisabeth L.R dan Budiharto, T. 2015 Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Menggunakan Model Pembelajaran scramble Wacana pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar, Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(6): 1–5
Kazakoff, E. R., Macaruso, P., & Hook, P. (2018). Efficacy of a blended learning approach to elementary school reading instruction for students who are English Learners. Educational Technology Research and Development, 66(2), 429–449. https://doi.org/10.1007/s11423-017-9565-7
Khaatimah, H., Pendidikan, T., & Mataram, F. I. P. I. (2017). Sebesar 6,884 Dan T. 2, 76–87.
Kurniaman, O., & Noviana, E. (2016). Metode Membaca Sas (Struktural Analitik Sintetik)Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaandi Kelas I Sdn 79 Pekanbaru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 149. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v5i2.3705
Molapisi, G. (2024). Teaching Strategies for Enhancing Reading Fluency and Comprehension Among Learners with Mild Hearing Impairment in Mainstream Classrooms. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 23(9), 453–471. https://doi.org/10.26803/ijlter.23.9.23
Muhafidin,2016. Pembelajaran Membaca Pemahaman Pada Siswa Kelas VI SD Negeri 1 Cidempet Kecamatan Arahan Kabupaten Indramayu. Profesi Pendidikan Dasar, 3 (1): 66–70
Mutmainnah, N., & Amanda, R. A. (2024). Merencanakan Kegiatan Pembelajaran ( Menyatakan Tujuan Pembelajaran ). 1(5), 363–375.
Sumargo, Yohanes. 2022. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Dalam Menyajikan Informasi Penting Teks Eksplanasi Dengan Menggunakan Kata Tanya dalam Bentuk Diagram di Kelas VII B SDN 1 Batuah Melalui Media Kartu Kalimat Meningkatkan Hasil Belajar Si. Cendekia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10 (1): 113– 22
Suprianto, Edy. 2020. Implementasi Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1 (02): 22-31
Zahara, D., & Afnita, A. (2020). Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Deskripsi dengan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Bonjol. Diksa : Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(2), 83–92. https://doi.org/10.33369/diksa.v6i2.11062
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Armawati Armawati, Mhmd. Habibi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).