Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dalam Peningkatan Pemahaman Teks dengan Metode Membaca Nyaring Terpadu Siswa SD
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.2123Keywords:
LKPD, Pemahaman Teks, Metode, Membaca NyaringAbstract
Hasil raport pendidikan sekolah, menunjukan kondisi satuan pendidikan yang datanya diambil dari hasil asesmen dan survei-survei nasional yang melibatkan satuan pendidikan dan daerah. Hasil Literasi raport Pendidikan sekolah dasar kecamatan Margasari belum semuanya mengalami kenaikan, Masih ada beberapa sekolah yang Literasi nya masih rendah. Penelitian ini untuk mengetahui validitas pengembangan LKPD dengan menggunakan model ADDI dalam meningkatkan pemahaman teks siswa SD Kecamatan Margasari. Metode penelitian dalam peneltiian menggunakan desain penelitian pengembangan atau R&D (Reseach and Development) untuk memperoleh suatu metode, khususnya metode pembelajaran tertentu sekaligus menguji efektivitasnya. Hasil penelitian menunjukkan Untuk keseluruan hasil validasi ahli materi dengan persentase 88% termasuk dalam kategori sangat valid. Sedangkan untuk rata-rata jumlah skor 4. Hasil angket respon siswa pada uji coba yang melibatkan 41 responden, diperoleh skor rata-rata aspek LKPD dengan presentase sebesar 88% dan mencapai kriteria sangat tertarik. Kriteria ini karena tampilan, warna dan gambar pada LKPD menarik. Hasil angket respon guru pada uji coba yang melibatkan 6 responden, diperoleh skor rata-rata aspek LKPD dengan presentase sebesar 91,5% dan mencapai kriteria sangat tertarik. Kriteria ini karena tampilan, warna dan gambar pada LKPD menarik. Seluruh hasil validasi materi memiliki hasil sangat valid sedangkan guru dan siswa memiliki kategori sangat menarik sehingga LKPD dengan metode membaca nyaring ini mampu diterapkan dalam pembelajaran siswa.
Downloads
References
Satgas GLS Ditjen Dikdasmen, 2016a. “Strategi Literasi dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar (Modul Materi Penyegaran Instruktur Kurikulum 2013)”. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Antoro, B. (2017). Gerakan Literasi Sekolah dari Pucuk Hingga Akar (Sebuah Refleksi). Banjarmasin: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Islami, A., Nulhakim, L., & Suhandoko, A. D. J. (2024). Pengaruh Penggunaan Literacy Cloud terhadap Minat Baca dan Keterampilan Membaca Pemahaman. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1), 670–680. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i1.6352
Surani, Endang. (2018). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis representasi ganda untuk meningkatkan minat dan hasil belajar fisika peserta didik SMA. (Skripsi S1, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta). Dikutip dari http://eprints.uny.ac.id/57706
Annisa, A. R., Putra, A. P., & Dharmono. (2020). Kepraktisan media pembelajaran daya antibakteri ekstrak buah sawo berbasis macromedia flash. QUANTUM: Jurnal Inovasi Pendidikan sains, 11(1), 72-80. Dikutip dari https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/16613
Kartini, K. S., & Putra, I. N. T. A. (2020). Respon siswa terhadap pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis android. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 4(1), 12-19. doi:https://doi.org/10.23887/jpk.v4i1.24981
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Sri Suci Margianah, Munadi Munadi, Paridjo Paridjo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).