Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dalam Peningkatan Pemahaman Teks dengan Metode Membaca Nyaring Terpadu Siswa SD

Authors

  • Sri Suci Margianah Pedagogi, Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia
  • Munadi Munadi Pedagogi, Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia
  • Paridjo Paridjo Pedagogi, Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.2123

Keywords:

LKPD, Pemahaman Teks, Metode, Membaca Nyaring

Abstract

Hasil raport pendidikan sekolah, menunjukan kondisi satuan pendidikan yang datanya diambil dari hasil asesmen dan survei-survei nasional yang melibatkan satuan pendidikan dan daerah. Hasil Literasi raport Pendidikan sekolah dasar kecamatan Margasari belum semuanya mengalami kenaikan, Masih ada beberapa sekolah yang Literasi nya masih rendah. Penelitian ini untuk mengetahui validitas pengembangan LKPD dengan menggunakan model ADDI dalam meningkatkan pemahaman teks siswa SD Kecamatan Margasari. Metode penelitian dalam peneltiian  menggunakan desain  penelitian pengembangan atau R&D (Reseach and Development) untuk memperoleh suatu metode, khususnya metode pembelajaran tertentu sekaligus menguji efektivitasnya. Hasil penelitian menunjukkan Untuk keseluruan hasil validasi ahli materi dengan persentase 88% termasuk dalam kategori sangat valid. Sedangkan untuk rata-rata jumlah skor 4. Hasil angket respon siswa pada uji coba yang melibatkan 41 responden, diperoleh skor rata-rata aspek LKPD dengan presentase sebesar 88% dan mencapai kriteria sangat tertarik. Kriteria ini karena tampilan, warna dan gambar pada LKPD menarik. Hasil angket respon guru pada uji coba yang melibatkan 6 responden, diperoleh skor rata-rata aspek LKPD dengan presentase sebesar 91,5% dan mencapai kriteria sangat tertarik. Kriteria ini karena tampilan, warna dan gambar pada LKPD menarik. Seluruh hasil validasi materi memiliki hasil sangat valid sedangkan guru dan siswa memiliki kategori sangat menarik sehingga LKPD dengan metode membaca nyaring ini mampu diterapkan dalam pembelajaran siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Satgas GLS Ditjen Dikdasmen, 2016a. “Strategi Literasi dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar (Modul Materi Penyegaran Instruktur Kurikulum 2013)”. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Antoro, B. (2017). Gerakan Literasi Sekolah dari Pucuk Hingga Akar (Sebuah Refleksi). Banjarmasin: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Islami, A., Nulhakim, L., & Suhandoko, A. D. J. (2024). Pengaruh Penggunaan Literacy Cloud terhadap Minat Baca dan Keterampilan Membaca Pemahaman. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1), 670–680. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i1.6352

Surani, Endang. (2018). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis representasi ganda untuk meningkatkan minat dan hasil belajar fisika peserta didik SMA. (Skripsi S1, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta). Dikutip dari http://eprints.uny.ac.id/57706

Annisa, A. R., Putra, A. P., & Dharmono. (2020). Kepraktisan media pembelajaran daya antibakteri ekstrak buah sawo berbasis macromedia flash. QUANTUM: Jurnal Inovasi Pendidikan sains, 11(1), 72-80. Dikutip dari https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/16613

Kartini, K. S., & Putra, I. N. T. A. (2020). Respon siswa terhadap pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis android. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 4(1), 12-19. doi:https://doi.org/10.23887/jpk.v4i1.24981

Downloads

Published

2024-12-25

How to Cite

Margianah, S. S., Munadi, M., & Paridjo, P. (2024). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dalam Peningkatan Pemahaman Teks dengan Metode Membaca Nyaring Terpadu Siswa SD . Journal of Education Research, 5(4), 6647–6655. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.2123

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check