Penerapan Direct Listening Thinking Approach dalam Pembelajaran Keterampilan Menyimak pada Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.2119Abstract
Adanya siswa Sekolah Dasar kelas tinggi belum bisa fokus dalam mendengarkan dan membaca karena penggunaan metode pembelajaran yang kurang menarik bagi siswa di ruang kelas.. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi penerapan Strategi Direct Listening Thinking Approach (DLTA) dalam pembelajaran keterampilan menyimak di tingkat sekolah dasar terhadap peningkatan hasil belajar siswa melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode penelitian yang digunakan bersifat kualitatif dengan pendekatan siklus, di mana setiap siklus melibatkan observasi dan wawancara untuk memperdalam pemahaman serta mengklarifikasi temuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar siswa. Pada siklus pertama, 72% siswa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), yang meningkat menjadi 78% pada siklus kedua. Rata-rata nilai hasil belajar siswa juga meningkat, dari 63 pada siklus I menjadi 74,7 pada siklus II. Selain itu, aktivitas siswa dalam pembelajaran meningkat dari 63% pada siklus I menjadi 70% pada siklus II, sementara aktivitas guru meningkat dari 64% pada siklus I menjadi 78% pada siklus II. Temuan ini menunjukkan bahwa penerapan strategi DLTA efektif dalam meningkatkan keterampilan menyimak siswa dan memperbaiki efektivitas pembelajaran Bahasa Indonesia.
Downloads
References
Wibowo, 2016)Wibowo, M. A. (2016). Penerapan Strategi Directed Listening Thinking Approach (DLTA) Dalam Pembelajaran Keterampilan Menyimak Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Guru “Cope,” 20(1), 50–59.
Khayyat, 2015)Khayyat. (2015). The Impact of Directed Listening Thinking Activity (DLTA) on Developing University Students’ Listening Competencies. International Journal of English and Education.,4(October 2015)
Tabieh et al., 2020)Tabieh, A. A. S., Al-Hileh, M. M., Abu Afifa, H. M. J., & Abuzagha, H.
Y. (2020). The effect of using digital storytelling on developing active listening and creative thinking skills.
European Journal of Educational Research, 10(1), 13–21. https://doi.org/10.12973/EU- JER.10.1.13 (Priansa, 2019)Priansa, D. J. (2019). Pengembangan strategi dan model pembelajaran (2nd ed.).
Sukma et al., 2017)Sukma, A., Bukhari, B., & Darnius, S. (2017). Hubungan Kemampuan Menyimak Dengan Kemampuan Berbicara Pada Siswa Kelas III SD Negeri 26 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(4).
Lepola et al., 2023)Lepola, J., Kajamies, A., Laakkonen, E., & Collins, M. F. (2023).
Opportunities to Talk Matter in Shared Reading: The Mediating Roles of Children’s Engagement and Verbal Participation in Narrative Listening Comprehension. Early Education and Development, 34(8), 1896–1918. https://doi.org/10.1080/10409289.2023.2188865
Septya et al., 2022)Septya, J. D., Widyaningsih, A., BB, I. N. K. B., & Harahap, S. H. (2022).
Pembelajaran Menyimak Berbasis Pendidikan Karakter. Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), 1(3), 365–368.
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2024 Adli Ashiddiqi Adfar, Bayu Priyanto, Endang Wati, Hernawati Hernawati, Regina Septiani, Rosikin Rosikin, Tofan Hasan Maulana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).