Penerapan Direct Listening Thinking Approach dalam Pembelajaran Keterampilan Menyimak pada Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Adli Ashiddiqi Adfar Administrasi Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
  • Bayu Priyanto Administrasi Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, Indonesia
  • Endang Wati Administrasi Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, Indonesia
  • Hernawati Hernawati Administrasi Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, Indonesia
  • Regina Septiani Administrasi Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, Indonesia
  • Rosikin Rosikin Administrasi Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, Indonesia
  • Tofan Hasan Maulana Administrasi Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.2119

Abstract

Adanya siswa Sekolah Dasar kelas tinggi belum bisa fokus dalam mendengarkan dan membaca karena penggunaan metode pembelajaran yang kurang menarik bagi siswa di ruang kelas.. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi penerapan Strategi Direct Listening Thinking Approach (DLTA) dalam pembelajaran keterampilan menyimak di tingkat sekolah dasar terhadap peningkatan hasil belajar siswa melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode penelitian yang digunakan bersifat kualitatif dengan pendekatan siklus, di mana setiap siklus melibatkan observasi dan wawancara untuk memperdalam pemahaman serta mengklarifikasi temuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar siswa. Pada siklus pertama, 72% siswa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), yang meningkat menjadi 78% pada siklus kedua. Rata-rata nilai hasil belajar siswa juga meningkat, dari 63 pada siklus I menjadi 74,7 pada siklus II. Selain itu, aktivitas siswa dalam pembelajaran meningkat dari 63% pada siklus I menjadi 70% pada siklus II, sementara aktivitas guru meningkat dari 64% pada siklus I menjadi 78% pada siklus II. Temuan ini menunjukkan bahwa penerapan strategi DLTA efektif dalam meningkatkan keterampilan menyimak siswa dan memperbaiki efektivitas pembelajaran Bahasa Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Wibowo, 2016)Wibowo, M. A. (2016). Penerapan Strategi Directed Listening Thinking Approach (DLTA) Dalam Pembelajaran Keterampilan Menyimak Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Guru “Cope,” 20(1), 50–59.

Khayyat, 2015)Khayyat. (2015). The Impact of Directed Listening Thinking Activity (DLTA) on Developing University Students’ Listening Competencies. International Journal of English and Education.,4(October 2015)

Tabieh et al., 2020)Tabieh, A. A. S., Al-Hileh, M. M., Abu Afifa, H. M. J., & Abuzagha, H.

Y. (2020). The effect of using digital storytelling on developing active listening and creative thinking skills.

European Journal of Educational Research, 10(1), 13–21. https://doi.org/10.12973/EU- JER.10.1.13 (Priansa, 2019)Priansa, D. J. (2019). Pengembangan strategi dan model pembelajaran (2nd ed.).

Sukma et al., 2017)Sukma, A., Bukhari, B., & Darnius, S. (2017). Hubungan Kemampuan Menyimak Dengan Kemampuan Berbicara Pada Siswa Kelas III SD Negeri 26 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(4).

Lepola et al., 2023)Lepola, J., Kajamies, A., Laakkonen, E., & Collins, M. F. (2023).

Opportunities to Talk Matter in Shared Reading: The Mediating Roles of Children’s Engagement and Verbal Participation in Narrative Listening Comprehension. Early Education and Development, 34(8), 1896–1918. https://doi.org/10.1080/10409289.2023.2188865

Septya et al., 2022)Septya, J. D., Widyaningsih, A., BB, I. N. K. B., & Harahap, S. H. (2022).

Pembelajaran Menyimak Berbasis Pendidikan Karakter. Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), 1(3), 365–368.

Downloads

Published

2024-12-25

How to Cite

Adfar, A. A., Priyanto, B., Wati, E., Hernawati, H., Septiani, R., Rosikin, R., & Maulana , T. H. (2024). Penerapan Direct Listening Thinking Approach dalam Pembelajaran Keterampilan Menyimak pada Siswa Sekolah Dasar. Journal of Education Research, 5(4), 6641–6646. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.2119

Issue

Section

Articles

Categories