Model Pembelajaran BIPA Bermuatan Kearifan Lokal Tari Dampeng melalui Media Audiovisual

Authors

  • Evi Bunga Rosari Tumanggor Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Univesitas Prima Indonesia, Indonesia
  • Elfriati Siregar Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Univesitas Prima Indonesia, Indonesia
  • Epriadi Epriadi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Univesitas Prima Indonesia, Indonesia
  • Hasanul Amri Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Univesitas Prima Indonesia, Indonesia
  • Dian Syahfitri Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Univesitas Prima Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1836

Keywords:

BIPA, Tari Dampeng, Audiovisual

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk memahami nilai filosofis dan makna dari tari dampeng sebagi identitas budaya suku Singkil melalui media audiovisual. Penelitian ini mengkaji keraifan lokal Indonesia melalui video Tari dampeng untuk pemelajar asing dengan menerapkan model pembelajaran BIPA di tingkat madya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu teknik rekam dan angket. Berdasarkan hasil diskusi setiap kelompok pemelajar BIPA dapat mengulang gerakan tarian dampeng yang dapat dilihat dari hasil rekam yang dilakukan oleh peneliti. Kemudian pemelajar juga mampu mengutarakan langkah-langkah penari dalam melakukan tarian serta mampu mendeskripsikan dan menyampaikan tujuan tari dampeng dan makna dari setiap gerakan tari dampeng. Sehingga disimpulkan bahwa model pembelajaran BIPA bermuatan kearifan lokal tari dampeng melalui media audiovisual sangat efektif digunakan dalam pembelajaran bahasa untuk mengasah keterampilan berbicara pemelajar asing. Tari ini pertama kali ditarikan tahun 1986. Singkil banyak didatangi berbagai etnis misalnya, pak-pak, karo, jawa, gayo, alas dan minangkabau

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardiyanti, W. N., & Septiana, H. (2023). Pemanfaatan video aktivitas di pasar tradisional sebagai media pembelajaran BIPA berbasis kearifan lokal untuk kelas keterampilan berbicara dan menulis level intermediate 1 di KBRI London. Jurnal Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing, 233.

Barlett, B., & Barlett, J. (2009). Practical recording techniques: The step-by-step approach to professional audio recording. In: Burlington, MA: Focal Press.

Fariqoh, R. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Membaca untuk Pembelajar BIPA Tingkat Dasar. Journal Edu, 6.

Khadavi. Sunarti. dkk. (2024). Analisis Bahan Ajar BIPA Bermuatan Budaya Lokal Sumatera Utara Melalui Pendekatan Kualitatif Deskriptif. Jurnal Intelek dan Cendekiawan Nusantara. 1(3).

Lune, H., & Berg, B. L. (2017). Qualitative research methods for the social sciences (Ninth edition, Global edition. ed.). Pearson.

Mahsun, M. (2005). Metode penelitian bahasa. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Martin, F., & Betrus, A. K. (2019). Digital media for learning. Digital Media for Learning. https://doi. org/10.1007/978-3-030-33120-7.

Owsinski, B. (2008). The Mastering Engineer's Handbook: The Audio Mastering Handbook. Cengage Learning.

Pubarani, E., Muliastuti, L., & Farah, S. (2021). PENGEMBANGAN MODEL MATERI AJAR BAHASA INDONESIA BAGI PENUTUR ASING (BIPA). BASA, 10.

Rahmina, I. (2002). Strategi Belajar Mengajar BIPA. Bandung: Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Salindri, P., & Idris, N. S. (2019). Pendekatan Komunikatif dalam Aktivitas Wisata Pemelajar Bipa Tingkat Dasar. Seminar Internasional Riksa Bahasa.

Sudaryanto, S. (2015). Metode dan aneka teknik analisis bahasa. Yogyakarta: Appti.

Sugiyono, D. (2018). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Yogyakarta: Alfabeta.

Suyitno, I. (2007). Norma Pedagogis dan Analisis Kebutuhan Belajar dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA). Diksi, 15(1), 111-119.

Suyitno, I. (2016). Deskripsi empiris dan model perangkat pembelajaran BIPA. Bandung: Refika Aditama.

Tschirner, E. (2011). Video clips, input processing and language learning. Media in foreign language teaching and learning, 5.

Downloads

Published

2024-11-26

How to Cite

Tumanggor, E. B. R., Siregar, E., Epriadi, E., Amri, H., & Syahfitri, D. (2024). Model Pembelajaran BIPA Bermuatan Kearifan Lokal Tari Dampeng melalui Media Audiovisual. Journal of Education Research, 5(4), 5747–5751. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1836

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check