Model Pembelajaran BIPA Bermuatan Kearifan Lokal Tari Dampeng melalui Media Audiovisual
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1836Keywords:
BIPA, Tari Dampeng, AudiovisualAbstract
Artikel ini bertujuan untuk memahami nilai filosofis dan makna dari tari dampeng sebagi identitas budaya suku Singkil melalui media audiovisual. Penelitian ini mengkaji keraifan lokal Indonesia melalui video Tari dampeng untuk pemelajar asing dengan menerapkan model pembelajaran BIPA di tingkat madya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu teknik rekam dan angket. Berdasarkan hasil diskusi setiap kelompok pemelajar BIPA dapat mengulang gerakan tarian dampeng yang dapat dilihat dari hasil rekam yang dilakukan oleh peneliti. Kemudian pemelajar juga mampu mengutarakan langkah-langkah penari dalam melakukan tarian serta mampu mendeskripsikan dan menyampaikan tujuan tari dampeng dan makna dari setiap gerakan tari dampeng. Sehingga disimpulkan bahwa model pembelajaran BIPA bermuatan kearifan lokal tari dampeng melalui media audiovisual sangat efektif digunakan dalam pembelajaran bahasa untuk mengasah keterampilan berbicara pemelajar asing. Tari ini pertama kali ditarikan tahun 1986. Singkil banyak didatangi berbagai etnis misalnya, pak-pak, karo, jawa, gayo, alas dan minangkabau
Downloads
References
Ardiyanti, W. N., & Septiana, H. (2023). Pemanfaatan video aktivitas di pasar tradisional sebagai media pembelajaran BIPA berbasis kearifan lokal untuk kelas keterampilan berbicara dan menulis level intermediate 1 di KBRI London. Jurnal Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing, 233.
Barlett, B., & Barlett, J. (2009). Practical recording techniques: The step-by-step approach to professional audio recording. In: Burlington, MA: Focal Press.
Fariqoh, R. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Membaca untuk Pembelajar BIPA Tingkat Dasar. Journal Edu, 6.
Khadavi. Sunarti. dkk. (2024). Analisis Bahan Ajar BIPA Bermuatan Budaya Lokal Sumatera Utara Melalui Pendekatan Kualitatif Deskriptif. Jurnal Intelek dan Cendekiawan Nusantara. 1(3).
Lune, H., & Berg, B. L. (2017). Qualitative research methods for the social sciences (Ninth edition, Global edition. ed.). Pearson.
Mahsun, M. (2005). Metode penelitian bahasa. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Martin, F., & Betrus, A. K. (2019). Digital media for learning. Digital Media for Learning. https://doi. org/10.1007/978-3-030-33120-7.
Owsinski, B. (2008). The Mastering Engineer's Handbook: The Audio Mastering Handbook. Cengage Learning.
Pubarani, E., Muliastuti, L., & Farah, S. (2021). PENGEMBANGAN MODEL MATERI AJAR BAHASA INDONESIA BAGI PENUTUR ASING (BIPA). BASA, 10.
Rahmina, I. (2002). Strategi Belajar Mengajar BIPA. Bandung: Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Salindri, P., & Idris, N. S. (2019). Pendekatan Komunikatif dalam Aktivitas Wisata Pemelajar Bipa Tingkat Dasar. Seminar Internasional Riksa Bahasa.
Sudaryanto, S. (2015). Metode dan aneka teknik analisis bahasa. Yogyakarta: Appti.
Sugiyono, D. (2018). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Yogyakarta: Alfabeta.
Suyitno, I. (2007). Norma Pedagogis dan Analisis Kebutuhan Belajar dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA). Diksi, 15(1), 111-119.
Suyitno, I. (2016). Deskripsi empiris dan model perangkat pembelajaran BIPA. Bandung: Refika Aditama.
Tschirner, E. (2011). Video clips, input processing and language learning. Media in foreign language teaching and learning, 5.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Evi Bunga Rosari Tumanggor, Elfriati Siregar, Epriadi Epriadi, Hasanul Amri, Dian Syahfitri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).