Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 1 Lewolema

Authors

  • Margiana Dewi Maria Madonna Maran Institut Keguruan dan Teknologi Larantuka, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1833

Keywords:

Problem Based Learning, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SMP Negeri 1 Lewolema dengan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode gabungan kuantitatif dan kualitatif dengan menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus tindakan. Berdasarkan hasil tindakan perbaikan pada siklus 1 dan 2 dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada aktivitas manusia dan pemenuhan kebutuhan dengan hasil penelitian yang diperoleh pada silkus 1 dimana hampir semua siswa mengalami peningkatan namun dari 20 siswa yang mencapai KKM sebanyak 15 siswa atau 75% siswa yang sudah tuntas dan 25% siswa yang belum tuntas dan pada siklus 2 dari 20 siswa mengalami peningkatan maksimal yakni sebanyak 100% sudah mencapai standar KKM yang ditetapkan di SMP Negeri 1 Lewolema.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Iskandar. (2008). Metodologi Pnelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta.

Mardhiyana, D. &. (2016). Mengembangkan kemampuan berpikir kreatif dan rasa ingin tahu melalui model pembelajaran berbasis masalah. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika.

Mareti, J. W. (2021). Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Elementaria Edukasia.

Ngalimun. (2014). Strategi dan Model Pembelajaran. Aswaja Pressindo.

Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Rajawali Pers.

Sandi Lukito, H. H. (2019). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS).

Sigit Priyanto, J. R. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII A SMP Muhammadiyah Muntilan. PROFESI KEPENDIDIKAN VOLUME.

Suginem. (2021). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Metaedukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2024-12-04

How to Cite

Maran, M. D. M. M. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 1 Lewolema . Journal of Education Research, 5(4), 5914–5923. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1833

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.