Upaya Inovatif Guru Pendidikan Agama Islam Era Digital dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

Authors

  • Alfauzan Amin UINFAS Bengkulu, Indonesia
  • Sandra Hidayat UINFAS Bengkulu, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1828

Keywords:

Strategi Inovasi, Guru Pendidikan Agama Islam, Era Digital

Abstract

Era modern menunjukkan minimnya peran manusia dimana segala sesuatunya mengarah pada pemanfaatan mesin atau TIK dalam berbagai bidang. Era ini berdampak pada semua lini kehidupan, termasuk sektor pendidikan. Untuk itu pendidikan agama Islam perlu melakukan perbaikan dan inovasi strategi pembelajaran agar lebih baik , dan sesuai dengan perkembangan zaman. Penelitian adalah penelitian kepustakaan dengan cara menganalisis penelitian-penelitian yang berkaitan untuk menghasilkan sesuatu . kesimpulan mengenai strategi inovatif pendidikan Islam di era masyarakat 5.0. Melalui kajian ini terlihat bahwa salah satu hal yang perlu dilakukan dalam pendidikan Islam adalah mengubah paradigma berpikir tentang konsep pembelajaran Islam dan membuka diri terhadap hal-hal baru sebagai penunjang percepatan pemahaman agama siswa. objek pendidikan. Ini termasuk membiasakan proses pembelajaran menggunakan sistem e-learning dengan pendekatan yang menarik dan menyesuaikan dengan lingkungan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aeni, A. N., Djuanda, D., Maulana, M., Nursaadah, R., & Sopian, S. B. P. (2022). Pengembangan Aplikasi Games Edukatif Word Wall Sebagai Media Pembelajaran Untuk Memahami Materi Pendidikan Agama Islam Bagi Siswa SD. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(6), 1835.

Boiliu, E. R., & Telaumbanua, S. (2022). Inovasi Pembelajaran Digital dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa: Suatu Analisis Pendidikan Agama Kristen. REAL DIDACHE: Journal of Christian Education, 2(2), 90-100.

Boiliu, E. R., & Telaumbanua, S. (2022). Inovasi Pembelajaran Digital dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa: Suatu Analisis Pendidikan Agama Kristen. REAL DIDACHE: Journal of Christian Education, 2(2), 90-100.

Boiliu, E. R., & Telaumbanua, S. (2022). Inovasi Pembelajaran Digital dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa: Suatu Analisis Pendidikan Agama Kristen. REAL DIDACHE: Journal of Christian Education, 2(2), 90-100.

Fauziyah, N., Afendi, A. R., Saputra, M. R., & Kamaria, K. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Tiktok dalam Mata Pelajaran PAI sebagai Media Pembelajaran Inovatif Era Digital. Borneo Journal of Islamic Education, 3(1), 19-29.

Gunarsih, T. (2023). Inovasi dan Tantangan dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Era Digital. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 3(1), 147-161.

Hidayat, S. (2023). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Santri Kelas IX MTs Abdurrahman Al-Fatih Bengkulu. SEMESTA: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran, 1(3), 149-155.

Lestari, D. I., & Kurnia, H. (2023). Implementasi model pembelajaran inovatif untuk meningkatkan kompetensi profesional guru di era digital. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 4(3), 205-222.

Muthoharoh, M. (2020). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis E-Learning Di Era Digital 4.0. Attanwir: Jurnal Keislaman dan Pendidikan, 11(1), 57-66.

Rahmi, E. (2022). Inovasi media pembelajaran pendidikan agama islam melalui media audio visual di era digital. El-Rusyd, 7(1), 37-43.

Rizal, A. S. (2023). Inovasi pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa di era digital. Attanwir: Jurnal Keislaman Dan Pendidikan, 14(1), 11-28.

Sukana, S. (2024). Transformasi Pengawas Pendidikan Agama Islam (PAI) Di Era Digital: Tantangan Dan Peluang Tahun 2024. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 3955-3965.

Downloads

Published

2024-11-15

How to Cite

Amin, A., & Hidayat , S. (2024). Upaya Inovatif Guru Pendidikan Agama Islam Era Digital dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Journal of Education Research, 5(4), 5409–5417. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1828

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check

Most read articles by the same author(s)