Upaya Inovatif Guru Pendidikan Agama Islam Era Digital dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1828Keywords:
Strategi Inovasi, Guru Pendidikan Agama Islam, Era DigitalAbstract
Era modern menunjukkan minimnya peran manusia dimana segala sesuatunya mengarah pada pemanfaatan mesin atau TIK dalam berbagai bidang. Era ini berdampak pada semua lini kehidupan, termasuk sektor pendidikan. Untuk itu pendidikan agama Islam perlu melakukan perbaikan dan inovasi strategi pembelajaran agar lebih baik , dan sesuai dengan perkembangan zaman. Penelitian adalah penelitian kepustakaan dengan cara menganalisis penelitian-penelitian yang berkaitan untuk menghasilkan sesuatu . kesimpulan mengenai strategi inovatif pendidikan Islam di era masyarakat 5.0. Melalui kajian ini terlihat bahwa salah satu hal yang perlu dilakukan dalam pendidikan Islam adalah mengubah paradigma berpikir tentang konsep pembelajaran Islam dan membuka diri terhadap hal-hal baru sebagai penunjang percepatan pemahaman agama siswa. objek pendidikan. Ini termasuk membiasakan proses pembelajaran menggunakan sistem e-learning dengan pendekatan yang menarik dan menyesuaikan dengan lingkungan.
Downloads
References
Aeni, A. N., Djuanda, D., Maulana, M., Nursaadah, R., & Sopian, S. B. P. (2022). Pengembangan Aplikasi Games Edukatif Word Wall Sebagai Media Pembelajaran Untuk Memahami Materi Pendidikan Agama Islam Bagi Siswa SD. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(6), 1835.
Boiliu, E. R., & Telaumbanua, S. (2022). Inovasi Pembelajaran Digital dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa: Suatu Analisis Pendidikan Agama Kristen. REAL DIDACHE: Journal of Christian Education, 2(2), 90-100.
Boiliu, E. R., & Telaumbanua, S. (2022). Inovasi Pembelajaran Digital dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa: Suatu Analisis Pendidikan Agama Kristen. REAL DIDACHE: Journal of Christian Education, 2(2), 90-100.
Boiliu, E. R., & Telaumbanua, S. (2022). Inovasi Pembelajaran Digital dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa: Suatu Analisis Pendidikan Agama Kristen. REAL DIDACHE: Journal of Christian Education, 2(2), 90-100.
Fauziyah, N., Afendi, A. R., Saputra, M. R., & Kamaria, K. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Tiktok dalam Mata Pelajaran PAI sebagai Media Pembelajaran Inovatif Era Digital. Borneo Journal of Islamic Education, 3(1), 19-29.
Gunarsih, T. (2023). Inovasi dan Tantangan dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Era Digital. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 3(1), 147-161.
Hidayat, S. (2023). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Santri Kelas IX MTs Abdurrahman Al-Fatih Bengkulu. SEMESTA: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran, 1(3), 149-155.
Lestari, D. I., & Kurnia, H. (2023). Implementasi model pembelajaran inovatif untuk meningkatkan kompetensi profesional guru di era digital. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 4(3), 205-222.
Muthoharoh, M. (2020). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis E-Learning Di Era Digital 4.0. Attanwir: Jurnal Keislaman dan Pendidikan, 11(1), 57-66.
Rahmi, E. (2022). Inovasi media pembelajaran pendidikan agama islam melalui media audio visual di era digital. El-Rusyd, 7(1), 37-43.
Rizal, A. S. (2023). Inovasi pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa di era digital. Attanwir: Jurnal Keislaman Dan Pendidikan, 14(1), 11-28.
Sukana, S. (2024). Transformasi Pengawas Pendidikan Agama Islam (PAI) Di Era Digital: Tantangan Dan Peluang Tahun 2024. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 3955-3965.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Alfauzan Amin, Sandra Hidayat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).