Efektivitas Metode Demonstrasi terhadap Pengenalan Wudhu pada Anak di RA Fathun Qarib
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1813Keywords:
Metode Demonstrasi, Pengenalan Wudhu, Anak Usia DiniAbstract
Pengenalan wudhu penting diajarkan kepada anak sejak usia dini agar anak mampu melaksanakan langkah-langkah ibadah wudhu dengan benar sesuai dengan ketentuan hukum. Dibutuhkan metode yang dapat digunakan untuk mengenalkan wudhu pada anak yaitu metode demonstrasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas metode demonstrasi terhadap pengenalan wudhu di RA Fathun Qarib. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif desain Pre Eksperimental Design jenis one group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian berjumlah 25 orang. Teknik analisa data dalam penelitian ini menggunakan Uji normalitas dan uji-t dengan taraf signifikan 5%. Diperoleh nilai signifikansi pada pretest adalah 0,053 > 0,05 dan nilai signifikansi pada posttest 0, 367 > 0,05 kriteria pengambilan keputusan hipotesis berdasarkan significance (sig) data pretest dan posttest berdistribusi normal. Maka sign (2-tailed) 0.000 < 0,05, Maka Ho ditolak dan Ha diterima atau Metode demonstrasi efektif terhadap pengenalan wudhu pada anak di RA Fathun Qarib.
Downloads
References
Afiyah, A., Pratama, M. M., Nurhasanah, R., & Wahyuni, I. W. (2019). Evaluasi Pengenalan Tata Cara Berwudhu Dalam Pengembangan Pendidikan Agama Islam Melalui Media Gambar Pada Kelompok B Di Ra Asiah Kota Pekanbaru. Generasi Emas, 2(1), 71–83. https://doi.org/10.25299/ge.2019.vol2(1).3303
Amelia, L., Fitri, R., & Fajriah, H. (2023). The Influence of Implementing The Show And Tell Method on the Speaking Abilities of Children at PAUD Ceria Sabena Kids II Aceh Besar. 1(2), 1–9.
Arib, M. F., Rahayu, M. S., Sidorj, R. A., & Afgani, M. W. (2024). Experimental Research Dalam Penelitian Pendidikan. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 5497–5511. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/8468
Despalantri Elda. (2019). Efektivitas Metode Demonstrasi dalam meningkatkan Tata tertib berwudhu bagi anak dengan hambatan intelektual. Jurnal Kesehatan Mercusuar, 2(2), 44–50.
Hidayat, R. (2022). Penerapan Kegiatan Praktek Dalam Pengenalan Tata Cara Berwudhu Pada Anak Usia Dini. JUMPER: Journal of Educational Multidisciplinary Research, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.56921/jumper.v1i1.27
Hijriati, H., Fajriah, H., Mughniy, N., Amalia, D., & Saptiani, S. (2024). Pengembangan Lagu Islami Berbasis Multimedia Untuk Mengembangkan Nilai Agama Pada Anak Usia Dini. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 6(2), 26. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v6i2.2687
Kemendikbudristek. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen. In Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia.
Kementrian Agama Republik Indonesia. (2020). Ayo Berwudu.
Maryatun, S. (2022). Penggunaan Metode Demonstrasi Pada Materi Wudhu Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2(3), 97–104. http://202.162.210.184/index.php/guau/article/view/285
Muhoyidin, S. (2021). Penerapan Metode Demonstrasi dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa tentang Tata Cara Berwudhu. Jurnal Educatio, 7(1), 213–219. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.895
Nurhasanah, S., Jayadi, A., Sa’diyah, R., & Syafrimen. (2019). Strategi Pembelajaran. Edu Pustaka.
Nurlisa, Bachtiar, M. Y., & Ichan, I. R. (2015). Peningkatan Keterampilan Berwudhu Melalui Metode Demonstrasi Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Metrologia, 53(5), 1–116.
Revita, D., & Hartati, S. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Ibadah Wudhu Di Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu Dar El-Iman 2 Kota Padang. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 7(1), 26. https://doi.org/10.24036/108650
Rina, C., Endayani, & Agustina, M. (2020). Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Al - Azkiya : Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD, 5(2), 151. https://doi.org/10.32505/al-azkiya.v5i2.2155
Samsinar, Fatimah, S., & Adrianti, R. (2022). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Akademi Pustaka.
Selviana, V., & Wahyuni, F. A. (2023). Penerapan Metode Demonstrasi Secara Langsung dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 3(6), 433.
Sintia, I., Pasarella, M. D., & Nohe, D. A. (2022). Perbandingan Tingkat Konsistensi Uji Distribusi Normalitas Pada Kasus Tingkat Pengangguran di Jawa. Prosiding Seminar Nasional Matematika, Statistika, Dan Aplikasinya, 2(2), 322–333.
Siregar Aisyah, N., Harahap Royani, N., & Harahap Sari, H. (2023). Hubungan Antara Pretest dan Posttest dengan Hasil Belajar Siswa Kelas VII B Di MTS Alwashliyah Pantai Cirebon. Edunomika, 07(01), 2–3.
Syarofah, S., & Syukri, M. (2016). Peningkatan kemampuan berwudhu melalui metode demonstrasi pada anak usia 5-6 tahun di tk Khodijah 2 Beloyang. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran: Khatulistiwa, 5(2), 1–15. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/13862
Zainiyati, H. S. (2010). Model Dan Strategi Pembelajaran Aktif (Teori dan Praktek dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam). Putra Media Nusantara Surabaya & IAIN PRESS Sunan Ampel, 1–232. https://core.ac.uk
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2024 Mulya Riyyana, Heliati Fajriah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).