Persepsi Guru terhadap Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar Negeri 013 Kumantan

Authors

  • Sonia Anggianita Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia
  • Yusnira Yusnira Gizi, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia
  • Muhammad Syahrul Rizal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.18

Keywords:

Persepsi, Pembelajaran Daring, anak sekolah dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untk memaparkan informasi terkait persepsi guru mengenai pembelajaran daring. Yang berisikan dampak dan kendala dari pembelajaran daring baik kelas rendah maupun kelas tinggi. Informasi didapatkan dari hasil wawancara yang dilakukan dengan enam orang informan yakninya tiga orang wali kelas rendah dan tiga orang wali kelas tinggi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini mengatakan bahwa pembelajaran daring tidak cocok digunakan pada tingkat sekolah dasar. Karena pada dasarnya pembelajaran anak sekolah dasar masih berpusat kepada guru. Pembelajaran daring membuat tujuan pembelajaran tidak tersampaikan sepenuhnya kepada peserta didik. banyak Masih banyak guru yang kurang pemahaman dalam IPTEK apalagi guru lama, atau guru tradisional sehingga pembelajaran daring menjadi tidak menarik. Masih kurangnya sarana dan prasarana yang mendukung seperti android dan kuota. Adapun dampak dan kendala yang dialami atau dirasakan oleh peserta didik kelas rendah dan kelas tinggi lebih kurang sama. Hal yang membedakannya di kelas rendah masih ada beberapa peserta didik yang masih belum bisa membaca dan menulis, sedangkan dikelas tinggi semua peserta didik sudah bisa membaca dan menulis

Downloads

Download data is not yet available.

References

Retnoningsih. A. Suharso. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Semarang, Widya Karya

Bates, A. W. (1995). Technology, Open Learning and Distance Education. London: Routledge.

Bimo, Walgito. (2004). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset.

Depdikbud. (1982). Pedoman Umum Ejaan Yang Disempurnakan. Jakarta: Pusat Pembinaan Dan Pengembangan Bahasa – Depdikbud.

Dewi, W.A.F. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

Lofland, dkk. (1984). Analyzing Social Settings. California: Wadsworth Publishing Company.

Moh. Uzer Usman. (2000). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Moleong, Lexy. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2002). Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: Pt. Remaja Rosdakarya.

Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). Analisa Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 4(2), 30-36.

Permana, G. K, dkk. (2013). Persepsi Peserta didik Dan Guru Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis E-Learning Di Smk Negeri 4 Jakarta. State University of Jakarta

Restiyanti, Prasetijo. (2005). Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Andi.

Sari, D. P. (2020, May). Kreativitas Pendidikan Karakter di Keluarga pada Pandemi Covid-19. In Prosiding Seminar Nasional Hardiknas (Vol. 1, pp. 107-114).

Slameto. (2015). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Rnd. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2010). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Surya, Mohamad. (2003). Psikologi Konseling. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.

Thoha, M. (2003). Perilaku Organisasi Konsep Dasar Dan Aplikasinya. Pt. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Yunus, N. R., & Rezki, A. (2020). Kebijakan Pemberlakuan Lock Down Sebagai Antisipasi Penyebaran Corona Virus Covid-19. Salam: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i, 7(3), 227-238.

Yurianto, dkk. (2020). Pedoman Pencegahan Dan Pengendalian Coronavirus Disease (Covid-19) (M. I. Listiana Azizah, Adistikah Aqmarina (Ed).

Downloads

Published

2020-10-03

How to Cite

Anggianita, S., Yusnira, Y., & Rizal, M. S. (2020). Persepsi Guru terhadap Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar Negeri 013 Kumantan. Journal of Education Research, 1(2), 177–182. https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.18

Citation Check