Pengaruh Model Pembelajaran Read, Answer, Discuss, Explain, and Create (RADEC) terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa

Authors

  • Muhammad Ilham S Universitas Sulawesi Barat, Indonesia https://orcid.org/0000-0002-1186-4635
  • Haryanti Putri Rizal Universitas Sulawesi Barat, Indonesia
  • Resky Amaliah Universitas Sulawesi Barat, Indonesia
  • Fitra Sari Universitas Sulawesi Barat, Indonesia
  • Citra Wahyuni Universitas Sulawesi Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1777

Keywords:

Radec, Berpikir Kritis, Model Pembelajaran

Abstract

Keterampilan berpikir kritis mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar  di Universitas Sulawesi Barat yang masih rendah menjadi tantangan dalam pembelajaran Konsep Dasar IPA SD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Read, Answer, Discuss, Explain, and Create (RADEC) terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode quasi-eksperimen dengan desain penelitian control group design, melibatkan 76 mahasiswa dari dua kelas. Sebanyak 38 mahasiswa di kelas eksperimen dan 38 mahasiswa di kelas kontrol sebagai sampel penelitian. Data dikumpulkan melalui tes, dan dianalisis dengan Uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor keterampilan berpikir kritis pada kelas kontrol adalah 71,79, sedangkan kelas eksperimen mencapai 84,39. Uji independent sample t-test menghasilkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05, yang menunjukkan bahwa model pembelajaran RADEC berpengaruh signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aulia, N. (2022). Implementasi Model Pembelajaran RADEC Untuk Melatih Kreatifitas Siswa Pada Materi Pembelajaran Larutan Penyangga. Universitas Pendidikan Indonesia. http://repository.upi.edu/.

Azisah, A., Khaeruddin, K., Ristiana, E., & S, M. I. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Mahasiswa Kelas V Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3), 1439-1446. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1572.

Ennis, R. H. (1993). Critical thinking assessment. Theory Into Practice, 32(3), 179–186. https://doi.org/10.1080/00405849309543594.

Ilham, S., Muhammad, S., & Kune, R. (2020). The Effect Of Radec’s Learning Model Assisted By Zoom Application On Science Critical Thinking Ability During Covid-19 Pandemic Era. Indonesian Journal of Primary Education Pengaruh, 4(2), 174-83. https://doi.org/10.17509/ijpe.v4i2.29262

Musliha, N., Nuriyanti, R., Asy’ari, L., & Mutiara, L. (2024). The Influence of the RADEC Learning Model on Critical Reading Ability of PGSD Students. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 7(3). https://doi.org/10.20961/shes.v7i3.91958.

Pratama, Y. A., Sopandi, W., Hidayah, Y., & Trihatusti, M. (2020). Pengaruh model pembelajaran RADEC terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa sekolah dasar. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 6(2), 191–203. https://doi.org/10.22219/jinop.v6i2.12653.

Qoriah, S., Tamyis, T., & Hasan, M. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Hidayatul Mubtadiin Jati Agung Lampung Selatan. Journal on Education, 5(4), 11454-11461. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2086.

Rahayu, A. H., Sopandi, W. ., Anggraeni, P. ., Tursinawati, T., & Septinaningrum, S. (2021). Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa PGSD Melalui Model Read-Answer-Discuss-Explain-and Create (RADEC) Berorientasi Masalah . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 680–686. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1170

Rindiana, T., Arifin, M., & Wahyuningsih, Y. (2022). Model Pembelajaran Radec untuk Meningkatkan Higher Order Thingking Skill Dalam Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 6(1), 89-100. https://doi.org/https://doi.org/10.36379/autentik.v6i1.186.

Sopandi, W. (2017). The quality improvement of learning processes and achievements through the read-answer-discuss-explain-and create learning model implementation. In Proceeding 8th Pedagogy International Seminar (Vol. 8, pp. 132-139).

Sopandi, W., & Handayani, H. (2019). The Impact of Workshop on Implementation of Read-Answer-Discuss-Explain-And-Create (RADEC) Learning Model on Pedagogic Competency of Elementary School Teachers. In 1st International Conference on Innovation in Education (ICoIE 2018) (pp. 7-11). Atlantis Press.

Sucipta, I. W., Candiasa, I. M., & Sudirtha, I. G. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Bentuk Asesmen Formatif Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 13(2), 168-178. https://doi.org/10.23887/jpepi.v13i2.2660.

Tulljanah, R., & Amini, R. (2021). Model Pembelajaran RADEC sebagai Alternatif dalam Meningkatkan Higher Order Thinking Skill pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar: Systematic Review. Jurnal Basicedu, 5(6), 5508–5519. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1680.

Wijayanti, I. D., Badarudin, & Hawanti, S. (2020). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Model Problem Based Learning Berbasis Literasi Sains. Jurnal Cakrawala Pendas, 6(2), 102–107. https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v6i1.2080.

Yulianti, Y., Lestari, H., & Rahmawati, I. (2022). Penerapan model pembelajaran RADEC terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 47-56. http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v8i1.3350.

Downloads

Published

2024-11-04

How to Cite

Ilham S, M., Rizal, H. P., Amaliah, R., Sari, F., & Wahyuni, C. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Read, Answer, Discuss, Explain, and Create (RADEC) terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa . Journal of Education Research, 5(4), 5239–5249. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1777

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check