Pengembangan Modul Berbasis SKKNI 304/2019 untuk Meningkatkan Hasil Belajar Instalasi PJU di SMKN 2 Pandeglang

Authors

  • Suhendar AlGaruti Universirtas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
  • Alifia Rukmi Candra Dewi Universirtas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
  • Mohammad Fatkhurrokhman Universirtas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1773

Keywords:

SKKNI, Hasil Belajar, RnD, Borg and Gall

Abstract

Media pembelajaran perlu dimanfaatkan untuk mengatasi keterbatasan proses pembelajaran. Penggunaan media dalam proses belajar mengajar akan menghasilkan output yang memuaskan. Sehubungan dengan itu penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa berbantuan media ajar dalam bentuk modul ajar berbasis SKKNI 304/2019. Metode penelitian dan pengembangan (Research and Development), model pengembangan ini adalah Borg and Gall (1983) menyusun 10 alur langkah. Hasil dari penelitian mengetahui bahwa modul ajar berbasis SKKNI 304/2019 yang dikembangkan dinyatakan “Layak” menurut ahli media 79,69%, menurut  ahli materi 80,92% dan menurut respon pengguna 82,14%. Berdasarkan uji Wilcoxon, diperoleh nilai sig- sebesar 0,000. Angka ini menunjukkan bahwa siswa konsentrasi keahlian TITL mengalami peningkatan hasil     belajar pada kompetensi Instalasi Penerangan Jalan Umum.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Mahmudah, F, N., Cahyono, S, M., Susanto, A., Suhendar.,& Channa, A. (2021). Up-Skilling and Re Skilling Teachers’ on Vocational High School with Industry Need. in JOVES (Journal of Vocational Education Studies), vol. 4, no. 2, pp. 250.

Puspita, L. (2019). Pengembangan Modul Berbasis Keterampilan Proses Sains Sebagai Bahan Ajar Dalam Pembelajaran Biologi. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(1), 80.

Miarso, Y. (2009). Sowing educational technology. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Arsyad, A. (2006). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sanaky, H. A. (2009). Learning Media. Yogyakarta: Safiria Insania Press.

Suryosubroto. (1983). Sistem Pengajaran dengan Modul. Yogyakarta: Bina Aksara.

Nesri, F. D. P., & Kristanto, Y. D. (2020). Pengembangan Modul Ajar Berbantuan Teknologi Untuk Mengembangkan Kecakapan Abad 21 Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 480–492.

Maulida, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi, 5 (2), 131–132.

Wagino., Ambiyar., Wakhinuddin., Suhendar., & Nanda, I. (2022). Meta-Analysis : The Effectiveness of Project-Based Learning Model on Learning Outcomes, Journal of Mechanical Engineering Education, 7(1), 44-51.

Simamora, R. H. (2008). Buku Ajar Pendidikan dalam Keperawatan. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Kosash., Asmawati, L., & Suhendar. (2023). Pengembangan Penilaian Materi IPA SMP Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS), Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 10(2), 174-186.

Suhendar., dkk. (2023). The appraisal model of remedial and enrichment activities integrated with the independent curriculum in vocational field, Jurnal Pendidikan Vokasi. 13(2), 80-93.

Wira, S. N. (2021). Teknik Kepemanduan Wisatawan. Bali: NIlacakra.

Wibowo, A., & Rahmadi, D. (2020). Best Score Psikotes

Downloads

Published

2024-11-04

How to Cite

AlGaruti, S., Dewi, A. R. C., & Fatkhurrokhman, M. (2024). Pengembangan Modul Berbasis SKKNI 304/2019 untuk Meningkatkan Hasil Belajar Instalasi PJU di SMKN 2 Pandeglang. Journal of Education Research, 5(4), 5207–5216. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1773

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check