Pengembangan Modul Berbasis SKKNI 304/2019 untuk Meningkatkan Hasil Belajar Instalasi PJU di SMKN 2 Pandeglang
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1773Keywords:
SKKNI, Hasil Belajar, RnD, Borg and GallAbstract
Media pembelajaran perlu dimanfaatkan untuk mengatasi keterbatasan proses pembelajaran. Penggunaan media dalam proses belajar mengajar akan menghasilkan output yang memuaskan. Sehubungan dengan itu penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa berbantuan media ajar dalam bentuk modul ajar berbasis SKKNI 304/2019. Metode penelitian dan pengembangan (Research and Development), model pengembangan ini adalah Borg and Gall (1983) menyusun 10 alur langkah. Hasil dari penelitian mengetahui bahwa modul ajar berbasis SKKNI 304/2019 yang dikembangkan dinyatakan “Layak” menurut ahli media 79,69%, menurut ahli materi 80,92% dan menurut respon pengguna 82,14%. Berdasarkan uji Wilcoxon, diperoleh nilai sig- sebesar 0,000. Angka ini menunjukkan bahwa siswa konsentrasi keahlian TITL mengalami peningkatan hasil belajar pada kompetensi Instalasi Penerangan Jalan Umum.
Downloads
References
Mahmudah, F, N., Cahyono, S, M., Susanto, A., Suhendar.,& Channa, A. (2021). Up-Skilling and Re Skilling Teachers’ on Vocational High School with Industry Need. in JOVES (Journal of Vocational Education Studies), vol. 4, no. 2, pp. 250.
Puspita, L. (2019). Pengembangan Modul Berbasis Keterampilan Proses Sains Sebagai Bahan Ajar Dalam Pembelajaran Biologi. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(1), 80.
Miarso, Y. (2009). Sowing educational technology. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Arsyad, A. (2006). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sanaky, H. A. (2009). Learning Media. Yogyakarta: Safiria Insania Press.
Suryosubroto. (1983). Sistem Pengajaran dengan Modul. Yogyakarta: Bina Aksara.
Nesri, F. D. P., & Kristanto, Y. D. (2020). Pengembangan Modul Ajar Berbantuan Teknologi Untuk Mengembangkan Kecakapan Abad 21 Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 480–492.
Maulida, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi, 5 (2), 131–132.
Wagino., Ambiyar., Wakhinuddin., Suhendar., & Nanda, I. (2022). Meta-Analysis : The Effectiveness of Project-Based Learning Model on Learning Outcomes, Journal of Mechanical Engineering Education, 7(1), 44-51.
Simamora, R. H. (2008). Buku Ajar Pendidikan dalam Keperawatan. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.
Kosash., Asmawati, L., & Suhendar. (2023). Pengembangan Penilaian Materi IPA SMP Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS), Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 10(2), 174-186.
Suhendar., dkk. (2023). The appraisal model of remedial and enrichment activities integrated with the independent curriculum in vocational field, Jurnal Pendidikan Vokasi. 13(2), 80-93.
Wira, S. N. (2021). Teknik Kepemanduan Wisatawan. Bali: NIlacakra.
Wibowo, A., & Rahmadi, D. (2020). Best Score Psikotes
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Suhendar AlGaruti, Alifia Rukmi Candra Dewi, Mohammad Fatkhurrokhman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).