Peningkatkan Minat Baca Kelas II SD dengan Metode Cerita Bergambar
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1766Keywords:
Minat Baca, Cerita Bergambar, Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini menginvestigasi penggunaan metode cerita bergambar untuk meningkatkan minat baca siswa kelas II sekolah dasar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas metode ini dalam meningkatkan keterlibatan siswa dalam membaca. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi. Temuan menunjukkan bahwa penggunaan cerita bergambar secara signifikan mempengaruhi minat baca siswa, seperti terlihat dari partisipasi aktif mereka dalam kegiatan membaca dan pemahaman materi pelajaran. Implikasi dari penelitian ini menyarankan integrasi metode cerita bergambar dalam strategi pengajaran Bahasa Indonesia di tingkat sekolah dasar untuk meningkatkan keterampilan literasi siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode cerita bergambar apakah dapat meningkatkan minat baca siswa kelas II. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa siswa menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam antusiasme mereka terhadap membaca setelah diperkenalkannya cerita bergambar.
Downloads
References
Amalia Rahmi, A., & Febrina Dafit. (2022). Peran Guru dalam Meningkatkan Minat Membaca Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(2), 415–423. https://doi.org/10.23887/jippg.v5i2.51363
Apriliani, S. P., & Radia, E. H. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 994–1003. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.492
Badryah, P., & Ardiansyah, M. (2024). Penerapan Media Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas II SD Inpres Galung (Vol. 3, Issue 3). https://ojs.unm.ac.id/jppsd/index
Barokah, A. (n.d.). PENGGUNAAN MEDIA CERITA BERGAMBAR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA NYARING PADA SISWA KELAS II SD.
Dewi, D. T. (2022). Pengembangan Media Cerita Bergambar Tentang Penjajahan Belanda untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 581–590. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1966
Dewi Tegarina Hardanti, A., & Puji Rahmawati, F. (2022). Peningkatan Minat Membaca Menggunakan Media Cerita Bergambar pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas 1 SD Negeri Bringin. In Educatif : Journal of Education Research (Vol. 4, Issue 3). http://pub.mykreatif.com/index.php/educatif
Faridah, S., Ridho, D., Saputra, I., Ramadhani, D. M. I., Yani Banjarmasin, A., Pariwisata, A., Banjarmasin, N., Achmad, U., & Banjarmasin, Y. (2023). STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT MEMBACA SISWA SD NEGERI 2 TAMBANG ULANG. Jurnal Terapung : Ilmu-Ilmu Sosial, 5(2). https://doi.org/10.31602
GURU DALAM MEMANFAATKAN POJOK BACA DALAM MENUMBUHKAN MINAT BACA SISWA Sukriadi, U., Emilia Maulida, R., & Asrafiani Arafah, A. (n.d.). AL-QALAM.
Gusti Dewi, V. R., Jampel, I. N., & Parmiti, D. P. (2022). Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas III Melalui Buku Cerita Bergambar. Jurnal Edutech Undiksha, 10(2), 271–279. https://doi.org/10.23887/jeu.v10i2.46904
Hidaya, Z. Y. P., Laily, I. F., & Ummah, I. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Buku Cerita Bergambar Terhadap Minat Baca Siswa Kelas III Madrasah Ibtidaiyah. Journal of Integrated Elementary Education, 2(2), 144–156. https://doi.org/10.21580/jieed.v2i2.13058
Hoerudin, C. W. (2021). STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN LITERASI ANAK TERHADAP MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN METODE BERCERITA. In Jurnal Al-Amar (JAA) (Vol. 2, Issue 2).
Kustandi, C., Farhan, M., Zianadezdha, A., Fitri, A. K., & L, N. A. (2021). PEMANFAATAN MEDIA VISUAL DALAM TERCAPAINYA TUJUAN PEMBELAJARAN. Akademika, 10(02), 291–299. https://doi.org/10.34005/akademika.v10i02.1402
Magdalena, I., Pratiwi, S., Pertiwi, A., Putri Damayanti, A., & Muhammadiyah Tangerang, U. (2021). PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 09 KAMAL PAGI. In PENSA : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial (Vol. 3, Issue 2). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa
Mayasari, A., Arifudin, O., & Sabili Bandung, S. (2022). PENERAPAN METODE BERCERITA DALAM MENINGKATKAN LITERASI ANAK TERHADAP MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA (Vol. 3, Issue 2).
Mirnawati, & Penelitian. (2020). Penggunaan Media Gambar dalam Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa ABSTRAK. 9(1). https://jurnaldidaktika.org/
Ningsih. (2018). APLIKASI TEORI BELAJAR KONSTRUKTIVISME DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ASING. In 43 Foundasia (Issue 1).
Nuha Belvar, A., Virza Aulia Lestari, R., Fauziyah Diba, F., Fitriyah, M. Z., Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, P., Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, F., & Syarif Hidayatullah Jakarta, U. (2024). Problematika Keterampilan Membaca pada Generasi Z. Jurnal Sosial Dan Humaniora, 1, 195–204. https://doi.org/10.62017/arima
Nur’aini, D., & Sudianto, M. (n.d.). Penggunaan Media Cerita Bergambar PENGGUNAAN MEDIA CERITA BERGAMBAR DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DENGAN TEMA KEGIATAN SEHARI-HARI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS II SDS ANGKASA SURABAYA.
Pangestu, R., & Fakultas, M. P. (n.d.). MENINGKATKAN MINAT MEMBACA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR BERSERI PADA SISWA KELAS II SD INCREASING READING INTEREST USING SERIAL PICTURES MEDIA TO 2 nd GRADE OF STUDENT.
Pendidikan_Inklusif_Membangun_Lingkungan_Pembelaja. (n.d.).
PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA CERITA BERGAMBAR DI SEKOLAH DASAR IMPROVING COMPREHENSION READING SKILL THROUGH PICTURE STORIES FOR ELEMENTARY STUDENTS. (n.d.).
Putrislia, N. A., & Airlanda, G. S. (2021). Pengembangan E-Book Cerita Bergambar Proses Terjadinya Hujan untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2036–2044. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1032
Sapitri, A., Ni, M., Fitri Amalia, N., Guru Madrasah Ibtidaiyah, P., Tarbiyah, F., Islam Zainul Hasan Genggong, U., Probolinggo, K., & Jawa Timur, P. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Gambar Berseri Pop Up Book Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa MI Mirqotul Hasaniyah Probolinggo. Jurnal Kewarganegaraan, 8(1).
Studi Pendidikan Dasar, P., & Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Jembrana, S. (2019). PENGEMBANGAN BUKU CERITA ANAK BERGAMBAR DENGAN INSERSI BUDAYA LOKAL BALI TERHADAP MINAT BACA DAN SIKAP SISWA KELAS V SD KURIKULUM 2013 I Md. Aditya Dharma. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(1).
Syifak, M. (n.d.). Penggunaan Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Nyaring PENGGUNAAN CERITA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA NYARING SISWA KELAS II SDN MARGOREJO III/405 SURABAYA. www.saujana.sg
Tristanti, Z. A., & Hikmat, A. (2021). Pengembangan Media Buku Cerita Bergambar terhadap Minat Membaca Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Basicedu, 5(6), 6017–6024. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1829
Yusni Arni, O. (2023). …………………………………………………………………………………………………………………………………….. http://bajangjournal.com/index.php/JOEL EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MELALUI MEDIA CERITA BERGAMBAR DAN DISKUSI TERHADAP PEMAHAMAN MATERI SISWA SEKOLAH DASAR. In Online) Journal of Educational and Language Research (Vol. 2, Issue 11). http://bajangjournal.com/index.php/JOEL
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Nur Wahyu Eka Budianto, Meilan Tri Wuryani, Ade Bagus Primadoni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).