Curriculum Development in Indonesia from a Historical Perspective
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i2.175Abstract
Kurikulum memiliki kedudukan yang srategis dan fundamental dalam menunjang kemajuan pendidikan suatu negara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan kurikulum yang telah diterapkan di Indonesia dalam perspektif sejarah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Pengumpulan data penelitian menggunakan teknik dokumentasi dan kepustakaan. Hasil pengumpulan data kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perjalanan sejarah kurikulum yang pernah berlaku di Indonesia dalam perspektif studi komparatif.Tinjauan ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi penggunaan kurikulum pada Lembaga Pendidikan.
Downloads
References
Abdullah, A. (2007). Kurikulum Pendidikan di Indonesia Sepanjang Sejarah. Pendidikan Dan Kebudayaan, 13, 343. file:///C:/Users/ACER/Downloads/354-Article Text-1134-1-10-20160929.pdf
Ahid, N. (2006). Konsep Dan Teori Kurikulum Dalam Dunia Pendidikan. Islamica, 1(1), 13.
Aisyah, J., & Laili, M. I. (2018). KURIKULUM CBSA dan KURIKULUM 1994/KBI. NTAJUNA: Jurnal Hasil Penelitian Studi Kepustakaan, Penilaian, Penerapan Teori Dan Kajian Analisis Di Bidang Pendidikan Bahasa Arab, 1(2), 41–47.
Al-asyhi, S. (2014). Perspektif Historis Transformasi Kurikulum di Indonesia. Islamic Studies Journal, 2(1), 140–147. Dicky Wirianto Perspekt if Historis Transformasi Kurikulum di Indonesia.pdf
Ayundasari, L. (2022). Implementasi Pendekatan Multidimensional Dalam Pembelajaran Sejarah Kurikulum Merdeka. Sejarah Dan Budaya: Jurnal Sejarah, Budaya Dan Pengajarannya, 16(1), 225–234. https://doi.org/10.17977/um020v13i22019p
Baedhowi, B. (2016). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Ktsp): Kebijakan Dan Harapan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 13(65), 171–181. https://doi.org/10.24832/jpnk.v13i65.323
Baro’ah, S. (2020). Kebijakan Merdeka Belajar Sebagai Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Tawadhu, 4(1), 1063–1073.
Effendi, I., Prawitasari, M., & Susanto, H. (2021). Implementasi Penilaian Pembelajaran Pada Kurikulum 2013. Prabayaksa : Journal of History Education, 1(1), 21–25. https://doi.org/https://doi.org/10.20527/prb.v1i1.3081
Fatimah, I. F. (2021). Strategi Inovasi Kurikulum. EduTeach : Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran, 2(1), 16–30. https://doi.org/10.37859/eduteach.v2i1.2412
Hadiansyah, R. R., Pradana, R. Y., & Mustiningsih. (2019). Dinamika Perubahan Kurikulum di Indonesia. Seminar Nasional - Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, 259–264.
Hidayat, R. (2011). Perspektif Sosiologi tentang Kurikulum. Urnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 17(2), 178–188. https://doi.org/https://doi.org/10.24832/jpnk.v17i2.16
Insani, F. D. (2019). Sejarah Perkembangan Kurikulum Di Indonesia Sejak Awal Kemerdekaan Hingga Saat Ini. As-Salam, VII(1), 43–64. https://doi.org/https://doi.org/10.51226/assalam.v8i1.132
Iramdan, I., & Manurung, L. (2019). Sejarah Kurikulum di Indonesia Iramdan1,. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 5(2), 57–58. https://doi.org/10.5281/zenodo.2678137
Khatimah, H., Kartika, I. M., & Santika, I. G. N. (2022). Pengaruh Implementasi Pendidikan Karakter Terhadap Sikap Sosial Pada Siswa. Widya Accarya, 13(2), 127–132. https://doi.org/10.46650/wa.13.2.1266.127-132
Kristiawan, M., Safitri, D., & Rena Lestari. (2017). Manajemen Pendidikan. In Deepublish (Issue December). Sada Kurnia Pustaka.
Machali, I. (1970). Dimensi Kecerdasan Majemuk Dalam Kurikulum 2013. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 19(1), 21–45. https://doi.org/10.24090/insania.v19i1.462
Mahrani, Siti Meutia Sari, S. D. (2022). Students’ Difficulties at Elementary School in Increasing Literacy Ability. Attractive : Innovative Education Journal, 4(1), 1–12.
Manalu, J. B., Sitohang, P., Heriwati, N., & Turnip, H. (2022). Prosiding Pendidikan Dasar Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Mahesa Centre Research, 1(1), 80–86. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.174
Marisa, M. (2021). Curriculum Innovation “ Independent Learning ” In The Era Of Society 5 . 0. Jurnal Sejarah, Pendidikan Dan Humaniora, 5(1), 66–78. https://doi.org/10.36526/js.v3i2 .e-ISSN
Martin, R., & Simanjorang, M. (2022). Pentingnya Peranan Kurikulum yang Sesuai dalam Pendidikan di Indonesia. PROSIDING PENDIDIKAN DASAR, 1, 125–134. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.180
Masyhud. (2014). Perubahan kurikulum di indonesia : studi kritis tentang upaya menemukan kurikulum pendidikan islam yang ideal. Raudhah, IV(1), 49–70.
Mawaddah, I. (2019). Trend Kurikulum Dalam Pendidikan Sekolah Di Indonesia. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 3(3), 293–296.
Nurhalim, M. (2018). Analisis Perkembangan Kurikulum di Indonesia (Sebuah Tinjauan Desain Dan Pendekatan). INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 16(3), 339–356. https://doi.org/10.24090/insania.v16i3.1597
Prasetyo, A. R., & Hamami, T. (2020). Prinsip-prinsip dalam Pengembangan Kurikulum. Palapa, 8(1), 42–55. https://doi.org/10.36088/palapa.v8i1.692
Raharjo. (2020). Analisis Perkembangan Kurikulum PPKn: Dari Rentjana Pelajaran 1947 sampai dengan Merdeka Belajar 2020. PKn Progresif: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Kewarganegaraan, 15(1), 63. https://doi.org/10.20961/pknp.v15i1.44901
Rahmawati, A. N. (2018). Identifikasi Masalah yang Dihadapi Guru dalam Penerapan Kurikulum 2013 Revisi di SD. Indonesian Journal of Primary Education, 2(1), 114. https://doi.org/10.17509/ijpe.v2i1.14227
Ramdhani, M. T. (2018). Manajemen Pengembangan Kurikulum 2013 Berbasis Komputer di SMPN 6 Palangka Raya. Jurnal Sains Komputer Dan Teknologi Informasi, 1(1), 11–19. https://doi.org/10.33084/jsakti.v1i1.453
Ritonga, M. (2018). Politics and Policy Dynamics of Changing the Education Curriculum in Indonesia until the Reformation Period. Bina Gogik, 5(2), 1–15.
Rosni, R. (2017). Landasan Sosial Budaya Dan Perkembangan Ilmu Pengetahuan Dalam Pengembangan Kurikulum. Inspiratif Pendidikan, 6(1), 128. https://doi.org/10.24252/ip.v6i1.4922
Sadewa, M. A. (2022). Meninjau Kurikulum Prototipe Melalui Pendekatan Integrasi-Interkoneksi Prof M Amin Abdullah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(1), 266–280. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/3560
Santika, I. G. N. (2018). Strategi Meningkatkan Kualitas SDM Masyarakat Desa Padangsambian Kaja Melalui Pendidikan Karakter Berbasiskan Kepedulian Lingkungan Untuk Membebaskannya Dari Bencana Banjir. Widya Accarya, 9(1).
Santika, I. G. N. (2020). Menggali dan Menemukan Roh Pancasila Secara Kontekstual. Lakeisha.
Santika, I. G. N. (2021). Grand Desain Kebijakan Strategis Pemerintah Dalam Bidang Pendidikan Untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal Education and Development, 9(2), 369–377.
Santika, I. G. N. (2022). Pendidikan Kewarganegaraan: Problematika Hasil Perubahan UUD 1945 Secara Konseptual. In CV. Global Aksara P ers (Issue 1). Global Aksara Pers.
Santika, I. G. N., Kartika, I. M., Ayu, I. G., & Darwati, M. (2021). Reviewing The Handling Of Covid-19 In Indonesia In The Perspective Of The Pancasila Element Theory ( TEP ). Jurnal Etika Demokrasi (JED), 6(2), 40–51. https://doi.org/https://doi.org/10.26618/jed.v6i2.5272
Santika, I. G. N., Rindawan, I. K., & Sujana, I. G. (2018). Memperkuat Pancasila Melalui Pergub No. 79 Tahun 2018 Dalam Menanggulangi Pengikisan Budaya Di Era Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Inovasi Dalam Penelitian Sains, Teknologi Dan Humaniora-InoBali, 79, 981–990.
Santika, I. G. N., Suarni, N. K., & Lasmawan, I. W. (2022). Analisis Perubahan Kurikulum Ditinjau Dari Kurikulum Sebagai Suatu Ide. Jurnal Education and Development, 10(3), 694–700. https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/3690
Santika, I. G. N., & Sudiana, I. N. (2021). Insersi Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Bahasa Indonesia Ditinjau dari Perspektif Teoretis. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 11(4), 464–472. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpbs.v11i4.42052
Sari, E. C. (2022). Kurikulum Di Indonesia : Tinjauan Perkembangan Kurikulum Pendidikan. Inculco Journal of Christian Education, 2(2), 93–109.
Selamet, Spiana, & Qiqi, Y. Z. (2022). Al-Munadzomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. Jurnal Mahajemen Pendidikan Islam, 1(2), 97–111. https://doi.org/https://doi.org/10.51192/almunadzomah.v1i2.320
Suryawan, M. J., & Romadi. (2018). Komparasi Pelaksanaan Kurikulum 1994 dan Kurikulum 2006 pada Mata Pelajaran Sejarah : Studi Kasus di Sekolah Menengah Atas ( SMA ) di Magelang. Indonesian Journal of History Education, 6(1), 66–75.
Swarniti, N. W. (2019). The Translation Procedures of Bible Translation. RETORIKA: Jurnal Ilmu Bahasa, 5(2), 187–196. https://doi.org/10.22225/jr.5.2.1277.187-196
Swarniti, N. W. (2021a). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Quizizz Dalam Proses Pembelajaran Bahasa Inggris Bagi Mahasiswa. Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran, 133–144.
Swarniti, N. W. (2021b). The Analysis of Semantics Meaning Found In Comments of Instagram Account of Info Denpasar. Prosiding Seminar Nasional Linguistik Dan Sastra (SEMNALISA), 193–199.
Wahyuni, N. P. S. W., Widiastuti, N. L. G. K., & Santika, I. G. N. (2022). IMPLEMENTASI METODE EXAMPLES NON EXAMPLES DALAM PEMBELAJARAN DARING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 9(1), 50–61. https://doi.org/https://doi.org/10.38048/jipcb.v9i1.633
Wardhana, I. P. (2021). Review Kurikulum Pendidikan Cara Belajar Siswa Aktif (CBSA) Tahun 1984 dalam Pendidikan Indonesia. Keraton: Journal of History Education and Culture, 3(1), 17. https://doi.org/10.32585/keraton.v3i1.1611
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Dindin Abidin, Elly Retnaningrum, Jolanda Dessye Parinussa, Dewi Sri Kuning, Yance Manoppo, I Made Kartika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).